Friday, March 21, 2014

friday's recommendation 9 : serial pasukan mau tahu


pasukan mau tahu
enid blyton


jumat 21/3 (10:56 am)

giveaway ituu bisa jadi salah satu penyemangat dalam bikin postingan yaa, ahahahaha XD

and do you know, do you know kalau di hari jumat yang cerah ceria inii.. Ren mengadakan giveaway dalam fridayh's recommendation-nya. cek postingannya di sini.

naahh.. untuk jumat inii.. gua mau merekomendasikaann..

serial pasukan mau tahu - enid blyton

siapakah pasukan mau tahu itu? mereka terdiri dari lima remaja tanggung yang seringkali terlibat dalam sebuah misteri yang berhasil mereka pecahkan mendahului pak goon, polisi desa tempat mereka tinggal.

jujur, pertama kali berkenalan dengan agatha christie  dan seri pembunuhannya, gua jadi rada was2 untuk kembali  baca serial pasukan mau tahu karena what if.. after agatha, maka pasukan mau tahu berasa ngga asyik lagi buat dibaca. tapi ituu.. kekuatiran yang ga terbukti karena kepiawaian enid blyton dalam meramu pemecahan misteri-nya pasukan mau tahu membuat serial ini tetap oyee untuk dinikmati, walau beda rasa dengan serialnya agatha christie.

yukk.. yang belum pernah baca serial ini, coba raih satu dan mulailah membaca dari awal hingga selesai and tell me what you think ;)

mau ikutan friday's recommendation juga? simak dulu yang inii..



Pengen ikutan meme Friday's Recommendation? Ini rulesnya :

1. Tulis buku yang ingin kamu rekomendasikan. Kategori buku yang akan direkomendasikan bisa memilih dari kategori di bawah ini :
a. Buku yang ingin diterjemahkan di Indonesia 
b. Buku yang sudah terbit di Indonesia, dan ingin kamu rekomendasikan ke pembaca.
Jangan lupa menulis alasan kamu merekomendasikan buku itu ya
2. Jika kamu sudah pernah me-review buku yang ingin kamu rekomendasikan itu, taut balikkan ke link reviewmu ya
3. Pasang button Friday's Recommendation, jangan lupa di taut balikkan ke blog Ren's Little Corner
4. Masukkan link Friday's Recommendation ke linky yang telah disediakan.
5. Jangan lupa untuk blogwalking ke blog - blog lain :)
6. Waktu meme adalah bi-weekly.Jadi, meme berikutnya akan dipost di hari Jum'at, dua minggu setelah meme yang terakhir :).

jumat 21/3 (11:29 am)

Friday, March 14, 2014

theodore boone : kid lawyer

theodore boone : kid lawyer
pengacara cilik
john grisham
gramedia, cetakan kedua : oktober 2011
272 halaman


jumat 14/3 (9:10 pm)

perkenalan perdana gua dengan john grisham melalui tokoh pengacara ciliknya, theodore boone, bisa dibilang terjadi secara ngga sengaja. awalnya tertarik baca karyanya john grisham karena banyak yang bilang bagus and sepertinya karyanya dia juga banyak yang udah diangkat ke layar lebar. dan beberapa kali nemu juga di obralan, tapi karena harganya yang masih mahal, terlebih yang judulnya termasuk 'beken', jadi gua selalu urung membelinya :p

ehh.. terus nemu theodore boone di obralan.. tapi yang buku ketiga.. pas beli sih gua ngga mikir macam2, karena niatnya emang buat dijual lagi jadi gua comot aja terus pas upload di in2books, ehh ternyata ada yang minat, syukurlah jadi ngurangin stok, haha.. lucunya ngga lama setelahnya gua nemuin buku kedua, yang di-booked oleh orang yang sama.. dan selang sehari setelahnyaa.. gua menemukan buku pertama! nah naahh.. seakan alam berkonspirasi supaya gua membaca nih buku, hahaha.. jadilah gua baca dhe.

dan perkenalan perdana gua dengan theodore boone pun dimulai.

bocah lelaki berusia tiga belas tahun yang duduk di kelas delapan ini mempunyai orangtua yang keduanya sama2 pengacara, ibunya adalah pengacara perceraian sementara sang ayah pengacara real estate, karenanya theodore memiliki ketertarikan terhadap hukum dan suka sekali mendatangi gedung pengadilan. sudah banyak hakim maupun pengacara yang dikenalnya, baik secara langsung maupun reputasinya karena theo senang keluar masuk mengikuti sidang. bahkan di sekolah, beberapa temannya terkadang meminta nasihat hukum padanya, tentu saja theo tidak menarik bayaran karena ia belum membuka praktek, tapi orangtua temannya yang berterima kasih atas bantuan theo yang berkat sarannya maka mereka tidak kehilangan rumah, tetap memberikan uang sebagai ucapan terima kasih.

dan kini ada sidang pidana yang akan digelar dengan terdakwa bernama pete duffy, yang dituduh sebagai pelaku pembunuhan terhadap myra duffy, istri keduanya yang ditemukan meninggal. berdasar hasil forensik, myra meninggal karena dicekik. walaupun pihak jaksa penuntut tidak mempunyai bukti langsung yang memberatkan pete duffy, tapi diduga kuat faktor uang menjadi penyebab utama kenapa pete sampai tega menghabisi nyawa istrinya.

dua tahun sebelumnya, pasangan suami istri duffy memperbaharui polis asuransi mereka, dan bila salah satu pihak meninggal maka pasangannya akan mendapatkan uang asuransi senilai satu juta dolar! uhuuyy.. jumlah uang yang menggiurkan, tidak mengherankan kalau pete ingin uang sebanyak itu, terlebih beberapa bisnisnya sedang terbelit masalah keuangan yang nilainya mencapai ratusan ribu dolar. ditambah, hubungannya dengan sang istri sedang tidak harmonis. maka amat mudah menudingkan jari dan menganggap pete bersalah. tapi tiap sidang dimulai dengan asas praduga tidak bersalah, adalah tugas seorang jaksa penuntut untuk memaparkan fakta2 yang memberatkan terdakwa sementara di sisi bersebrangan, tentunya pihak pembela akan mati2an mematahkan tudingan jaksa dan membela kliennya agar para juri bisa berpihak pada mereka dan memutuskan bahwa kliennya tidak bersalah.

dan memang dari sidang demi sidang yang berlangsung selama berhari2, makin tipis peluang untuk memenjarakan pete duffy karena sejak awal memang jaksa tidak mempunyai bukti2 kuat, dan lagi tidak ada saksi yang melihat langsung kejadian yang bisa memberatkan tuduhan terhadap pete. 

sampai suatu hari..

salah seorang teman sekolah theo, julio, yang dikenalnya di tempat penampungan, mendatanginya dan bercerita tentang sepupunya yang merupakan saksi penting dalam kasus pembunuhan tersebut, karena sepupunya itu melihat seorang pria masuk ke dalam rumah dan pergi tergesa2 sepuluh menit kemudian. ada beberapa kejanggalan yang menarik perhatian bobby, sepupu julio. hanya saja karena ia seorang imigran gelap dan ia memerlukan uang yang didapatnya dari hasil kerja untuk dikirimkan ke keluarganya di el savador, bobby bersikeras tidak mau maju ke pengadilan dan bersaksi karena takut ia akan terancam dideportasi. theo sempat sekali bertemu dengan bobby dan ia percaya bahwa bobby tidak mengada2 tentang apa yang dikatakannya itu. tapi julio memaksanya untuk tidak mengatakan hal tersebut pada siapapun.

theo pun pusing. sebagai anak yang baru berusia tiga belas tahun, theo merasa tidak sanggup menanggung beban ini seorang diri, ia pun akhirnya berbicara pada pamannya yang dulunya pengacara pajak. tapi status bobby sebagai imigran gelap membuat mereka tidak bisa berbuat banyak walau julio kemudian kembali mendatangi theo dengan sebuah bungkusan yang merupakan bukti penting yang akan membawa pete tidak bisa melenggang bebas setelah membunuh istrinya.

tapi bagaimana caranya? bisakah theo memberitahu hakim yang menangani kasus pembunuhan ini tanpa mengungkap identitas bobby? maukah sang hakim percaya padanya? bisakah kesaksian bobby menyeret pete ke dalam penjara?

naahh.. menurut kalian bagaimana? kalau gua sih udah tau endingnya, hahahaha.. kalau kalian penasaran ya baca sendiri yaa :))

membaca cerita ini cukup mengasyikkan sihh.. walau belum sampai membuat gua terpikat dengan john grisham tapi gua ngga keberatan untuk membaca buku2 lainnya dari dia, walau mungkin ngga dalam waktu dekat juga sih :))

3 bintang untuk "theodore boone : kid lawyer".

jumat 14/3 (9:36 pm)

grisham button

bookmarks

picture is taken from here


jumat 14/3 (8:51 pm)

kemaren ini lagi ngomongin soal bookmark ma lina, gua jadi inget kalau gua suka bikin bookmarks buat complimentary bagi para pelanggan in2cards ma in2books. berhubung gua ngga bisa menciptakan karakter sendiri, biasanya sih gambar yang gua buat itu nyontek dari hasil searching via google XD milih mana yang kira2 imut, dan yang lebih penting, bisa gua bikin :p

gambar terakhir yang gua bikin itu contohnya seperti yang di atas.. bookworm.. khan pas tuh buat pelanggan in2books yang pada hobi baca :)) gambar awalnya seperti ini jadinya..


ngga mirips yaa? hahaha.. maklumm.. gua cuma suka gambar, walau ngga terlalu bisa :p nahh.. berhubung ribets bikin buku yang mana gua ngga bisa bikin garis lurus and mau pakai penggaris juga males.. akhirnya gambar di atas pun dimodifikasi jadi seperti ini..


and sekalian aja dhe, buat pelanggan in2cards juga sekalian gua bikinin si ulat, upss.. maksudnya si cacing :))(ehh.. worm itu cacing khan yaa?) biar ngga ribets githu musti gonta ganti gambar :p alhasil udah ada sekitar 20-30 bookmarks yang siap melayang ke para pelanggan ^o^

dipikir2, gua sendiri kalau baca buku itu lebih sering menggunakan struk belanja atau selebaran brosur sih buat nandain halaman terakhir yang gua baca, haha.. lebih praktis :D

ada ga di sini yang ngoleksi bookmark? bookmark-nya itu kalian pakai sesuai tujuan penggunaannya, atau endingnya hanya disimpan buat jadi pajangan aja? 

jumat 14/3 (9:00 pm)

Thursday, March 13, 2014

scene on three 18 : recipes for a perfect marriage

review bisa dilihat di sini


minggu 9/3 (10:12 am)

schedule postingan memang selalu menjadi opsi terbaik untuk postingan2 yang hanya boleh diposting pada tanggal2 atau hari2 tertentu saja, ahahahaha :))

udah siap untuk berbagi scene on three di tanggal 13 maret? berikut scene pilihan gua..

halaman 394

terkadang lucu juga yaa.. pada saat memutuskan untuk melakukan sesuatu, mungkin kita ngga terlalu mengerti alasan di balik mengapa kita memutuskan untuk melakukan hal itu.. butuh waktu untuk akhirnya menyadari bahwa memang ada 'sesuatu' yang dulu mungkin enggan untuk kita akui ataupun mungkin memang kita ngga menyadarinya ada. 

seperti tressa yang mengira ia memilih dan hanya karena dan cukup berani untuk mengawininya, padahal mungkin saja sejak semula hati kecil tressa bisa mengenali keteguhan hati dan yang mencintainya dengan segenap hati dan hatinya tahu bahwa dan pasti akan memperjuangkan cintanya dan tidak dengan mudah melepaskannya ketika dalam pernikahan mereka menemui benturan.

yukk.. bagikan juga scene on three pilihan kalian di tanggal 13 inii :))

Cara berbagi lewat Scene on Three :
Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya ke dalam suatu post.
Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31). 

minggu 9/3 (10:19 am)

Wednesday, March 12, 2014

agatha christie : menuju titik nol

towards zero
menuju titik nol
agatha christie
gramedia, cetakan keenam : januari 2013
299 halaman


rabu 12/3 (2:36 pm)

membaca buku2nya agatha christie itu seringkali bikin mixed feeling.. antara pengen bisa bener menebak siapa pembunuhnya sama rada ngeri juga kalau bisa nebak dengan benar terus siapa yang udah merencanakan pembunuhan sampai segitu 'rapi'-nya, hahahaha XD

dipikir2 emang jadi semacam kaya nonton criminal minds yaa.. you try to get into the mind of the criminals.. untuk mengetahui bagaimana caranya berpikir sehingga bisa mengantisipasi langkah selanjutnya dari penjahat itu lalu menangkapnya sebelum korban berikutnya kembali berjatuhan.

anywayy.. bisa dibilang sejauh membaca novel agatha christie yang baru segelintir doank, masih bisa diitung pakai jari di kedua tangan, bisa dibilang gua nyaris selalu salah menebak pembunuhnya, hahaha.. seperti juga dalam novel yang diterjemahkan menjadi "menuju titik nol" ini, gua kecelee sama sinopsisnyaa.. awalnya gua pikir mr. treves itu salah satu detektif rekaannya si agatha, ternyata kok menjelang pertengahan cerita si mr. treves ini malah meninggal, lhaa.. piyee!

sempet sih berpikir ala sinetroonn.. jangan2 kematiannya itu dipalsukan, dalam artian sebenernya sih mr. treves masih hidup somewhere githu, and dia sengaja menghembuskan kabar tentang kematiannya supaya sang pembunuh lengah dan dia jadi bebas menyelidiki kejanggalan2 and aura ketegangan yang melingkupi gull's point.

ternyataa.. terbuktii.. gua emang kebanyakan nonton sinetron dan terlalu sedikit membaca agatha, huahahahaha XD ngga ada tuh orang yang udah meninggal kemudian bangkit lagi dari kuburnya dalam cerita agatha :p and walaupun banyak tokoh2 bermunculan sejak awal yang sepertinya ga saling berkaitan satu sama lain tapi makin ke belakang baru keliatan dhe benang merahnya gimana.. duhh, jempol dhe buat agatha yang bisa2nya mengusutkan benang lalu menguraikannya hingga jadi jalinan cerita yang rapi!

makin banyak membaca karya2nya agatha, i couldn't help but wondering.. gimana sih proses kreatifnya dia dalam menuliskan novel2 pembunuhan yang melambungkan namanya sebagai ratu misteri di jagat kepenulisan dunia? what was inside her head? dari mana aja sumber inspirasinya?

dan yaa.. 'review' ini memang ngga membantu pembaca untuk lebih mengetahui seperti apa sih jalan cerita dari novel yang disinggung sejak awal penulisan, hahahaha.. tapi kalau kalian kebetulan menemukan buku ini di diskonan, ngga ada salahnya untuk buruan disamber dhe, eitss.. jangan lupa bayar dulu di kasir sebelum digondol pulang yaa XD lalu baru dhe mulai membaca lembar demi lembarnya dengan tenang dan temukan kenikmatan dalam rangkaian cerita yang disusun oleh agatha.

and you know what.. dunno whyy.. ini adalah novel pertamanya agatha yang bikin gua menutupnya dengan senyuman, hahahaha.. rada aneh sih menutup buku misteri pembunuhan dengan senyuman :p tapi endingnya itu somehow sweeettt..

penasaran gaa? penasaraaaan donkss!! :p

rabu 12/3 (2:48 pm)

kumpulan dongeng anderson

kumpulan dongeng andersen
hans christian andersen
ilustrasi : paul durand
gramedia, 2012
138 halaman


rabu 12/3 (8:39 am)

did i grow up in fairytales? ngga inget juga sih tapi rasa2nya sih ngga. dan juga, ortu gua bukan tipe yang membacakan dongeng pengantar tidur untuk anak2nya. sampai sekarang kalau ditanya siapa yang menurunkan hobi membaca, gua juga ngga tau, karena kedua ortu biasa2 aja sih ama yang namanya baca. kalau baca sekalipun, paling yang standar2 aja macam koran atau majalah, makanya gua ngga punya warisan berupa buku hasil lungsuran orangtua :p

but anywayy.. berbicara mengenai dongeng, sedikit banyak pasti pernah lah mendengar yang namanya hans christian andersen, atau yang kadang suka disingkat menjadi h.c. andersen, keren ya namanya! gua suka memimpikan punya 3 nama, 2 nama yang milik gua sendiri sementara 1 nama lainnya yang nama keluarga. sayang cuma punya 2 dan nama depan gua itu indonesia bangets pula, haha.. jadi mau ditambah2in sendiri juga bingung mau dikasih nama apa karena gua suka nama2 yang berbau barat, tapi ya kok digabungin ama nama gua jadinya kurang 'nyambung' :D

ehh.. ngelantur XD


ada tujuh cerita dalam buku dongeng ini yang bisa dinikmati. dan rasa2nya ngga afdol donks aww kalau yang namanya buku dongeng itu ngga disertai dengan gambar ilustrasi cantik yang memanjakan mata mereka yang membacanya! and thanks to paul durand dengan ilustrasinya yang cakeps yang membuat acara membaca buku ini menjadi menyenangkan, sekaligus ajang mengingat memori masa kecil dulu karena nyaris semua cerita dalam buku dongeng ini pernah gua baca sebelumnya.


1. gadis gembala dan penyapu cerobong

pertama baca cerita pembuka di dongeng ini, gua sih merasa belum pernah membaca sebelumnya. bercerita mengenai dua patung porselen yang saling jatuh cinta, sang penyapu cerobong dan sang gadis gembala. selain mereka, ada patung porselen lain yang ukurannya jauh lebih besar, patung seorang laki2 cina yang mengklaim dirinya sebagai kakek gadis gembala, walau ia tidak bisa membuktikannya. sang kakek menentang cucunya berhubungan dengan penyapu cerobong dan berniat menjodohkannya dengan ukiran laki2 aneh berkaki kambing. cucunya jelas protes keras, mana mau ia menukar penyapu cerobong yang cakeps dengan kakek2 tua bertampang jahat! akhirnya penyapu cerobong dan gadis gembala memutuskan untuk melarikan diri agar cinta mereka tidak terpisahkan. berbagai rintangan mereka hadapi bersama, tapi ketika berhasil melalui semuanya itu, gadis gembala masih saja kepikiran soal kakeknya dan mengajak penyapu cerobong untuk kembali lagi ke tempat di mana mereka berasal. lhaaa, cu?! piye tohh.. emangnya situ mauu dikawinkan dengan laki2 tua berkaki kambing itu?! padahal udah meraih kebebasan lho! naahh.. bagaimana nasib sepasang kekasih ini? apakah sang kakek akhirnya memberikan restunya dan membatalkan acara perjodohan? atau? hohoho.. baca sendiri donks aww :))


2. gadis kecil dan korek api

nah kalau cerita yang satu ini pasti pernah baca dhe, karena termasuk salah satu yang sering bangets dicertiakan ulang, bahkan dibuat satu buku dongeng terpisah hanya menceritakan kisah ini. rada ngenes sih sebenernya nih cerita ya, tentang seorang gadis kecil yang menjajakan korek api. karena kedinginan dan barang dagangannya ngga laku, akhirnya ia menyalakan korek api itu satu per satu dan dalam setiap nyala cahaya dari korek api itu, ia melihat bayangan yang indah2. dalam nyala koreknya yang ketiga, gadis kecil itu 'bertemu' dengan neneknya yang sudah terlebih dulu meninggal, takut bila nyala koreknya habis maka sang nenek akan menghilang, dengan terburu2 ia mulai menyalakan satu demi satu dari koreknya yang masih tersisa agar bisa bersama dengan neneknya lebih lama lagi. tapi apa jadinya dengan gadis itu ketika korek api terakhirnya juga telah dinyalakan dan kobaran api itu pun akhirnya padam?


3. putri sejati

pertama kali membaca cerita yang satu ini puluhan tahun silam, gua terkesan, bagaimana tidaakk.. bayangkan ada githu orang yang bisa merasakan sebutir kapri yang udah ditumpuk ama dua puluh kasur dan dilapisi 20 seprai!! luar biasaaa! betapa pekanya tubuh nih orang.. tapi sekarang setelah membaca ulang cerita yang satu ini kok jadi berasa nih cerita lebay amat ya, hahahahaha..


4. itik kecil buruk rupa

"itik kecil buruk rupa" juga merupakan salah satu dongeng andersen yang paling terkenal. bahkan pada masa hidupnya dulu, lady diana pernah dijuluki sebagai itik kecil yang telah berubah menjadi angsa.. padahal ya menurut gua dari sebelum menikah ama charles juga lady diana itu udah cakeps kok.. kesannya itu polos dan lugu.. anywayy.. biasanya membaca versi singkatnya aja, di buku yang satu ini ternyata cukup panjang perjalanan yang harus ditempuh si anak itik sebelum berubah menjadi angsa yang cantik. sedih juga membayangkan perasaan terbuangnya ketika induknya yang awalnya membelanya tapi akhirnya karena ngga tahan tekanan dari ejekan2 itik2 di sekitar, si induk pun 'membuang' anaknya yang buruk rupa itu. but heyy.. once a swan, always a swan.. sebenernya dipikir2 sih ini bukan cerita tentang transformasi juga ya.. karena toh si anak itik itu sejak semula ya memang seekor angsa, hanya saja dia lahir di kalangan itik. kalau sejak dilahirkan ia merasa sebagai seekor itik, toh itu ngga mengubah kenyataan bahwa jati dirinya yang sesungguhnya ya seekor angsa.. ahahahaha.. blebeps dhe aww, jadi pusing muter2 XD mari kita biarkan si itik buruk rupa itu menikmati keanggunan masa dewasanya sebagai seekor angsa yang dikagumi.


5. prajurit kecil berkaki satu

ngga ngerti kenapa cerita yang satu ini kok populer dipakai sebagai pertunjukan balet ya? apa karena ceritanya yang dramatis? membaca kisah yang satu ini sebenernya bagus juga sih mengingatkan bahwa when things are meant to be, it's meant to be.. bingung khan, hahaha.. yoii, gua juga bingung, hahaha.. intinya sih.. ada hal2 tertentu yang mana selama ia memang masih menjadi 'milik' kita maka ia akan ada bersama kita terus dan andai kita sempat kehilangannya sekalipun, one way or another.. ia akan kembali pada kita :)


6. putri bajang

kalau denger kata 'putri bajang' (bajang itu artinya apaan sih?), mungkin orang ngga tahu ini cerita tentang apaan siihh.. tapi coba kalau gua bilang "putri bajang itu sama dengan thumbelina", naahh.. mungkin akan banyak terdengar koor bernada, "oooooooohhh" dengan ooooo yang panjang dan tarikan napas yang dalam, ahahahaha :p anywayy.. ngga perlu lah menceritakan tentang si putri jempol ini ya karena rasa2nya banyak juga yang udah pada tahu khan? :D


7. pakaian baru kaisar

apa jadinya ketika dua penipu ulung membuatkan kaisar baju baru yang sejak awal sudah diwanti2 bahwa orang bodoh atau yang tidak sesuai dengan jabatannya tidak akan bisa melihat pakaian barunya kaisar ini. huaa.. kata2 ini jelas membuat mereka yang disuruh melihat proses pembuatan pakaian tersebut jadi berpikir keras karena sebetulnya mereka memang tidak bisa melihat pakaian baru kaisar itu. tidaklah mengherankan karena kedua penipu ini memang tidak membuat apapun, mereka hanya berpura2 menenun sutera paling halus dan benang emas murni. satu per satu orang suruhan kaisar menggambarkan betapa bagusnya baju baru sang kaisar, hanya karena mereka tidak ingin dianggap bodoh atau dicopot dari jabatan karena dianggap tidak sesuai. kaisar pun senang dan tidak sabar menanti pakaian barunya itu selesai. ia sudah membayangkan akan semeriah apa sambutan yang diberikan oleh rakyatnya akan pakaiannya yang luar biasa indah. akhirnya hari yang dinantikan pun tiba. kedua penipu itu pura2 memakaikan sang kaisar pakaian barunya. raja pun diarak keliling negeri. para rakyat yang telah berkumpul menyambutnya sudah mendengar selentingan mengenai mereka yang tidak dapat melihat keindahan pakaian tersebut adalah orang2 bodoh, karenanya mereka bersorak mengelu2kan sang kaisar yang tampak sumringah, merasa dirinya keren abis dalam balutan pakaian terindah yang pernah ada. sampai celetukan seorang anak kecil, "tapi kaisar telanjang!", membuyarkan semuanya. 


dari tujuh cerita yang ada dalam buku dongeng ini, coba tebak cerita fave gua yang mana? yupp.. it's the last one, pakaian baru kaisar. mungkin saja ketika membaca cerita itu, kita merasa gemes ama kebodohan sang kaisar dan turut menertawakan membayangkan kaisar yang 'agung' itu malah berkeliling dengan bertelanjang tanpa ditutupi sehelai benang pun! astagaa.. kebayang ngga sih seperti apa tuh mukanya si kaisar ketika mendengar celetukan anak itu yang membukakan ngga hanya matanya tapi juga memberikan 'keberanian' pada orang2 di sekitarnya untuk mengatakan yang sebenarnya. kepiting rebus juga kalah kali merahnya sama wajahnya si kaisar, haha..

tapii.. setelah tawa itu berlalu.. mau ngga mau gua jadi mikiiirr.. jangan2 ya selama ini tuh kita juga udah berperilaku seperti si kaisar dan orang2 di sekelilingnya yang dengan sedemikian mudahnya dibohongi dan mau2nya hidup dalam kepompong 'ilusi', hmm..

all in all.. i love dongengnya andersen ini.. salah satu postcrosser yang mengirimkan kartu pos ke gua pernah bilang gini, "i guess we need more fairytales now that we're older", mungkin ada benarnya juga.. karena dongeng2 semacam ini bisa membuat kita 'berkaca' dan menyadari apa yang selama ini berada dalam jalur yang menyimpang :))

pengen sih ngasih 5 bintang, tapi 4 bintang aja rasanya udah cukup mewakili isi buku dongeng ini :D

rabu 12/3 (9:53 am)

wishful wednesday 18 : all about jennings

picture is taken from here


rabu 12/3 (8:16 am)

hari rabu yang diguyur ujan sejak pagi gini, enakan kita berandai2 memiliki buku yang diidam2kan, haha.. tapi beneran dhe, bingung.. buku apa yang gua inginkan ya? yang bukan sekedar pengen memiliki hanya untuk masuk ke dalam timbunan tapi yang begitu di tangan nih buku bikin gua ngga sabar untuk segera membacanya!

setelah menggali2.. sepertinyaa.. i know what i want to wish for this rainy wednesdayy.. sama seperti wishful wednesday gua yang ke-7, gua masih menginginkan serial jennings :))

note : all the pictures below are taken via google, using keyword : anthony buckeridge









gambar2 di atas hanyalah sebagian kecil dari buku serial jennings ini.. gua yakin bangets duluu pernah baca serial inii.. sayangnyaa.. sekarang udah ngga terlalu inget lagi isinya, huahahahaha.. makanyaa.. berharap suatu hari nanti, buku2 ini akan sampai juga ke tangan gua :D amiinn.. psstt, gramediaa.. coba cetak ulang serial jennings donks!

and gara2 nyari2 gambar cover bukunya jennings, gua jadi melihat the man behind jennings, none other than.. anthony buckeridge!!

wahh.. opaa!! kira2 pas umur berapa ya opa menciptakan tokoh jennings dan teman2nyaa?

jadi, demikianlah my wish untuk rabu ini.. bagaimana dengan wish kalian? :D

wishful wednesday

  1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

rabu 12/3 (8:34 am)

Sunday, March 9, 2014

lucky no. 14 : jan - mar

lucky no14
picture is taken from here


rabu 5/3 (10:40 pm)

nahh.. sekarang saatnya meng-update reading challenge lainnya yang gua ikuti di tahun 2014 ini :D seperti udah diduga sebelumnya, i somewhat 'failed' dalam mematuhi daftar bacaan yang udah gua tetapkan sebelumnya, hahahaha :p

jadi gua lebih memilih untuk menyusuri buku2 yang gua review lalu melihat daftar kategori lucky no.14, kira2 ada yang bisa masuk atau ngga XD

1. visit the country : tara road

13 . not my cup of tea : recipes for a perfect marriage

minggu 9/3 (10:04 am)

daftar di atas akan selalu di-update seiring dengan udah baca dan review buku2 yang sesuai kategori yang dimaksudkan :D

minggu 9/3 (10:05 am)

recipes for a perfect marriage

recipes for a perfect marriage
resep perkawinan sempurna
kate kerrigan
gramedia, maret 2010
402 halaman


minggu 9/3 (9:23 am)

pernikahan yang sempurna itu yang seperti apa sih? apakah pernikahan di mana suami dan istri selalu seiya dan sekata tanpa pernah berbeda pendapat sekalipun? ataukah pernikahan yang tidak pernah diwarnai oleh pertengkaran? apakah pernikahan yang di dalamnya itu diisi dengan cinta dan gairah seksual yang meletup2 dan tidak pernah padam?

melalui perjalanan kisah pernikahan sang nenek dan cucu perempuannya dalam membina rumah tangga bersama lelaki yang tidak mereka cintai, kita diajak untuk 'mengintip' sebuah pernikahan dan mungkin saja cara mereka berpikir ataupun berpendapat, sedikit banyak menyentil bagian dari diri kita sendiri.

mari berkenalan dengan bernadine yang telah membina rumah tangga selama lima puluh tahun dengan james sebelum keduanya terpisahkan oleh maut yang menjemput james terlebih dahulu. james bukanlah pria yang dicintai bernadine. andai bisa memilih sendiri siapa yang diinginkannya untuk menjadi pasangan hidup, tanpa ragu bernadine akan menyebutkan nama michael, pujaan hatinya, lelaki yang dicintainya sejak masa mudanya dengan gairah yang meletup2 dan kenangan akan cinta sejatinya itu tidak pernah pudar meskipun secara fisik keduanya terpisah jarak ribuan kilometer dan lautan terbentang di antara mereka. walaupun bernadine telah mengucapkan janji setia dan mengikatkan diri dalam kehidupan pernikahan dengan james, tapi hatinya tetap milik michael, pria yang tidak berhasil dinikahinya karena orangtua bernadine tidak mempunyai cukup uang untuk membayar mahar pernikahan putri mereka.

rupanya buah memang jatuh tidak jauh dari pohonnya, karena selang puluhan tahun kemudian, sejarah kembali terulang ketika cucu perempuan bernadine, tressa, menikah juga dengan pria yang tidak dicintainya, dan. 

berhasilkah keduanya menjalani hidup kehidupan bersama mereka dalam pernikahan yang tidak dilandasi oleh cinta? dalam buku setebal 408 halaman ini, kita diajak mengamati jatuh bangun bernadine dalam hidup bersama james sebagai pasangan suami istri. bernadine tahu bahwa james tahu ia tidak mencintai suaminya. 'skandal' percintaannya dengan michael telah menjadi buah bibir di lingkungan tempat mereka tinggal namun demikian tidak menyurutkan niatan james untuk menikahi bernadine. walaupun cinta belum hadir di awal pernikahannya, bernadine bertekad untuk menjadi istri yang bisa dibanggakan di mata masyarakat. dan perlu waktu puluhan tahun baginya untuk menyadari bahwa ia mencintai james, suaminya, pria yang telah dipilihnya untuk menjadi pasangan hidupnya dan selalu setia mendampinginya dalam segala suka maupun duka.

tressa, sang cucu perempuan juga senasib dengan neneknya. ia memilih menikah dengan dan karena satu, tressa udah kepepet umur! usianya sudah mendekati kepala empat, karenanya menikah merupakan pilihan yang harus diambil, walau pasangannya bukanlah pria yang dicintainya dengan sepenuh hati. seringkali tressa merasa antara dirinya dan suaminya itu bagaikan bumi dan langit, mereka terlalu berbeda. dan tidak bisa masuk ke dalam lingkar pertemanannya seperti juga tressa merasa canggung ketika diseret masuk ke dalam lingkar keluarga dan yang senang sekali berkumpul dalam periode mingguan. ditambah lagi, pria2 masa lalu tressa masuk kembali dan menawarkan godaan yang membuat pertahanan tressa melemah dan nyaris saja ia terseret jatuh ke dalam perselingkuhan. wajar bila dan marah ketika tressa mengakui ia nyaris selingkuh dengan ronan, tapi apakah cinta dan pada istrinya itu cukup kuat untuk membuat mereka tetap bersama?

yah, as always.. silahkan membaca sendiri, hahaha.. buku ini cukup menarik karena tiap chapter itu bergantian menceritakan mengenai bernadine dan tressa tapi ngga bikin bingung. i can somehow picture myself in both of bernadine and tressa, haha.. mungkin itu juga yang menjadikan buku ini menarik buat gua karena i can relate to them and their stories.

mau ngga mau jadi teringat akan apa yang pernah dibahas di oprah sekian tahun silam. jaman sekarang ini kita udah terlalu sering dicekoki oleh romantisme ala hollywood sampai tahap udah bisa bikin overdosis, yang mana romantisme 'semu' yang ditawarkan dalam film2 maupun novel2 romantis itu seringkali mengaburkan realita dan membuat khayalan kita itu diangkat ke tingkat awan2 tertinggi jadi ketika 'menilai' hubungan 'nyata', tanpa sadar kita jadi membandingkan antara si pasangan 'beneran' dengan pacar 'khayalan' yang terbentuk dari hasil sekian tahun mengkonsumsi romans2 secara aktif, yang mana jelas si 'beneran' ini jadi seakan2 'kebanting', huahahahaha..

beruntunglah bagi mereka yang bisa menyadari betapa berharganya apa yang udah ada dalam genggaman tangan mereka dan berusaha sebaik mungkin menjaga apa yang ada, dan tidak gampang tergoda untuk menukarnya dengan apa yang ada di luar sana.

karena seperti yang gerry katakan ke tressa, "elo sekarang ini udah bukan dalam kondisi di mana elo bebas memilih lagi. elo udah menetapkan pilihan ketika elo memutuskan untuk menikahi dan." atau, kurang lebih begitulah yang dibilang gerry, haha :))

so, i recommend this book buat yang suka romans, maupun yang tidak.. buat yang udah menikah, ataupun yang belum.. karena we can always learn something from what we read, sedikitnya kita jadi lebih mengenal sisi diri kita yang mungkin selama ini terasa asing :D

minggu 9/3 (9:50 am)


lucky no14
13. not my cup of tea

Friday, March 7, 2014

friday recommendation 8 : the recipes for a perfect marriage

picture is taken from here


jumat 7/3 (9:57 pm)

biasanya gua suka motoin sendiri cover buku yang kemudian gua bikin review ataupun postingannya, tapi berhubung lupa nyimpen file-nya di mana, mending google aja dhe, lebih gampang XD

anywayy.. kadang suka lupa ama "friday's recommendation" ini, mungkin karena waktu tayangnya yang hanya 2 kali sebulan, jadi pas ada ide mau rekomendasiin apa, ehh.. bukan jumat yang 'pas', hahaha.. giliran di jumat yang 'pas', malah nge-blank yang mau direkomendasikan, hahaha.. jadilah udah lama juga sejak terakhir merekomendasikan buku. naahh.. ngga ada salahnya di jumat ini kembali ke kebiasaan lama :D

anywayy.. apaan itu "friday's recommendation"? mari disimak dulu yang berikut ini..

Pengen ikutan meme Friday's Recommendation? Ini rulesnya :
1. Tulis buku yang ingin kamu rekomendasikan. Kategori buku yang akan direkomendasikan bisa memilih dari kategori di bawah ini :
a. Buku yang ingin diterjemahkan di Indonesia 
b. Buku yang sudah terbit di Indonesia, dan ingin kamu rekomendasikan ke pembaca.
Jangan lupa menulis alasan kamu merekomendasikan buku itu ya
2. Jika kamu sudah pernah me-review buku yang ingin kamu rekomendasikan itu, taut balikkan ke link reviewmu ya
3. Pasang button Friday's Recommendation, jangan lupa di taut balikkan ke blog Ren's Little Corner
4. Masukkan link Friday's Recommendation ke linky yang telah disediakan.
5. Jangan lupa untuk blogwalking ke blog - blog lain :)
6. Waktu meme adalah bi-weekly. Diposting setiap hari Jum'at minggu ke-2 dan ke-4 tiap bulan

rekomendasi gua untuk jumat ini adalaahh..


i guess in a way gua berusaha untuk mencari keseimbangan dalam kebiasaan membaca gua, yang artinyaa.. harus mulai membaca buku2 lain di luar buku2nya enid blyton XD and diskonan gramedia itu helps a lot karena rasanya sayang aja beli buku mahal2 ternyata isinya ga bagus atau ngga sesuai selera. kalau beli di obralan khan, biar ngga bagus juga bisa menghibur diri sambil bilang, "untung gua beli harga murah!", hahahahaha :p

anywayy.. kenapa gua merekomendasikan buku ini? emang sih gua belum (pernah) menikah tapi in a way membaca lembar demi lembar apa yang ditulis dalam buku ini, gua serasa bisa 'mengerti' apa yang dirasakan tokoh2nya itu, mungkin karena gua bisa 'menemukan' diri gua dalam mereka :))

masih belum selesai bacanya, but sejauh ini.. gua merasa ini adalah buku yang bagus.. yang bisa 'membukakan' mata orang tentang apa sih yang sebenernya 'penting' dalam pernikahan itu.. so mudah2an dengan membaca dan 'memperbaiki' apa yang 'salah', pernikahan yang langgeng itu bukan sekedar harapan belaka tapi bisa menjadi kenyataan..

gua akan menutup postingan ini dengan secuplik lirik lagunya westlife..

i wanna grow old with you
i wanna die lying in your arms
i wanna grow old with you
i wanna be looking in your eyes
i wanna be there for you
sharing everything you do
i wanna grow old with you

jumat 7/3 (10:15 pm)

Thursday, March 6, 2014

update new author rc : jan & feb

picture is taken from here


kamis 6/3 (8:54 am)

dipikir2, gua emang ga terlalu banyak baca karya penulis yang tergolong 'baru' buat gua ya, hahahaha.. kalau ke tempat obralan juga biasanya yang pertama kali otomatis dicari ituu.. buku2nya enid XD kemaren pas bikin postingan update 2014 tbrr pile, dari 15 buku yang gua baca sepanjang 2 bulan, 9 di antaranya adalah bukunya enid, huahahahahahaha :))

anywayy.. di dua bulan pertama di tahun 2014 ini, buku yang masuk kategori "new author reading challenge" hanyalah :

1. tara road - maeve binchy (januari) :D 

semoga bulan2 selanjutnya di 2014 ini, ada lebih banyak buku yang bisa masuk ke reading challenge yang satu ini, karena ngga ada salahnya juga mengenal karya penulis 'baru', siapa tau cucookk.. khan bisa lanjut baca2 karya mereka yang lainnya ^o^

kamis 6/3 (8:58 am)

Wednesday, March 5, 2014

2014 tbrr pile : jan - mar

picture is taken from here

rabu 5/3 (9:50 pm)

harus diakui bahwa gua ngga cukup telaten 'melaporkan' tentang perkembangan reading challenge yang gua ikuti, haha.. gua pikir nanti aja di akhir tahun baru dhe 'laporan' buku2 apa aja yang udah dibaca. and somewhat dunno why.. gua merasa 'tercekik' kalau tiap nulis review di blog lalu harus setor link-nya ke blog yang mengadakan challenge, huahahahaha..

*ini memang mental block yang harus diatasi :p*

jadi, mumpung 'baru' bulan maret.. lebih baik gua mulai mendata dhe, sebelum makin numpuk and gua jadi makin malas and malah jadi tambah megap2 susah narik masuk udara lewat hidung :))

dan berikut daftar bacaan gua selama januari dan februari 2014 :

*januari*
19 jan : agatha christie : misteri sittaford ** (misteri2)
24 jan : tara road

total buku selama januari : 8

~.*.~

*februari*
22 feb : just patty ** (classic1)

total buku selama februari : 7

total buku yang dibaca selama januari dan februari = 15 buku, yaahh.. lumayan juga, hahaha.. mengingat mood baca yang naik turun ala roller-coaster, ditambah speed baca yang kadang lebih lelet dari siput XD

sampai jumpa di update berikutnya *semoga ga lupa and semoga ga males :p*

rabu 5/3 (10:21 pm)

~.*.~

*maret*
9 mar : recipes for a perfect marriage
12 mar : kumpulan dongeng andersen
12 mar : agatha christie : menuju titik nol
14 mar : theodore boone : kid lawyer

total buku selama maret : 9 buku

jadi selama jan-mar, buku yang gua baca adalah sebanyak 24 buku, olee.. lumayaann XD

kamis 10/4 (2:19 pm)


Monday, March 3, 2014

scene on three 17 : negeri para bedebah



minggu 2/3 (7:54 pm)

udah lama juga sejak terakhir ikutan "scene on three", suka kelupaan sih pas tanggal yang ada 3-nya, hahaha.. jadi emang yang paling 'pas' itu adalah meng-schedule postingan ini XD

"scene on three" ketujuh belas ini mengambil dari buku tere liye yang baru kelar gua baca, "negeri pada bedebah". berikut adegan pilihan gua..

negeri para bedebah halaman 218

negeri para bedebah halaman 219

kenapa gua memilih adegan di atas? entahlah.. somewhat penggambaran di atas itu berasa apa yaa.. mengharukan :') sebenarnya masih banyak orang baik di sekitar kita.. yang ngga memandang 'perbedaan' dalam hal ras maupun agama. hanya saja, sekarang ini, di antara orang2 baik tersebut banyak 'disusupi' pihak2 yang memang sengaja ingin melebarkan dan menekankan jurang perbedaan serta memperkeruh suasana.

naahh.. itu "scene on three" pilihan gua, apa "scene on three" kalian? buat yang ngga mudeng, silahkan simak yang berikut ini..


Cara berbagi lewat Scene on Three :
Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya ke dalam suatu post.
Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31). 


minggu 2/3 (8:10 pm)

Sunday, March 2, 2014

negeri para bedebah

negeri para bedebah
tere liye
gramedia, juli 2012
433 halaman


minggu 2/3 (7:31 pm)

udah lumayan lama juga mendengar soal tere liye dari teman gua yang bisa dibilang amat menggandrungi karya2nya. tapi ga tau kenapa, gua ngga terlalu tertarik membacanya, walau pas baca2 postingan fb-nya yang sering di-share temen gua, somewhat gua merasa suka dengan gayanya 'bercerita' atau membahas sesuatu. fb tere liye itu salah satu fb penulis yang isinya 'bermanfaat' bagi yang membacanya.

anywayy.. sempet tergoda bangets membeli salah satu bukunya untuk 'menjajal' apakah tulisan fiksinya tere liye itu sesuai dengan 'selera' gua, mumpung ada reward bca yang jumlahnya lumayan jadi kalau digunakan itu bisa dapat diskon sekitar 30%an dari harga buku normal, tapi gua pun akhirnya menggunakan reward-nya untuk membeli buku lain, hahaha..

sampai di suatu sabtu, alam sedang 'merestui' perjumpaan gua dengan fiksi tere liye di obralan, uhuyy.. sebenernya sih udah 2-3 kali nemu bukunya yang angpao merah di obralan tapi ngga gua beli, udah punya juga yang "ayahku (bukan) pembohong", tapi gua lebih tertarik untuk menjualnya kembali ketimbang membacanya XD dan gua pun bertemu dengan 'negeri para bedebah' yang sempet gua intip2 di gramed dan gua lumayan suka ama lembar2 awal cerita buku ini.

lalu gua memutuskan untuk mulai membacanya.. dan sekali membaca.. gua ngga bisa berhenti sampai tau2 udah lembaran akhir, ahahahaha..

ini lumayan rekor buat gua karena topik yang diangkat dalam "negeri para bedebah" ini jelas bukan topik favorit gua tapi nyatanya cara tere liye merangkai cerita itu membuat gua 'terpaku' untuk melahap lembar demi lembar dan menyelesaikannya dalam sehari.

ceritanya sendiri sedikit banyak mengingatkan akan kasus bank (beneran) yang lumayan santer beberapa waktu lalu dan sampai sekarang masih belum jelas penyelesaiannya. berhubung gua ngga terlalu mengikuti berita2 di luar berita infotainment *upss, ahahahaha XD* jadi gua ngga tahu seberapa persen mirips-nya cerita dalam "negeri para bedebah" dengan kasus yang beneran ada di negeri tercinta kita ini :D

membaca "negeri para bedebah" mau ngga mau mengingatkan gua akan perasaan yang sama yang gua rasakan selesai membaca "da vinci code"-nya dan brown. 

yaitu bahwa ceritanya seruuu.. tapi tapii.. abis itu ya udah, hahahahaha.. soalnya tipe cerita uber2an seperti ini emang bukan favorit gua sih. 

*walau dipikir2 lima sekawan, pasukan mau tahu dan seri petualangannya enid juga mirips2 yaa :)) *

yang bikin sebel itu karena ending bukunya lumayan 'menggantung', walau ngga terlalu mengherankan mengingat memang ada buku lanjutan dari 'negeri para bedebah' ini khan? nahh.. mungkin itu yang membedakannya dengan serial enid blyton di mana tiap buku itu menawarkan petualangan dengan ending yang jelas dan manis yang merupakan penutup yang 'pas' untuk 'ketegangan' yang dialami pembaca selama mengikuti apa yang terjadi pada tokoh ceritanya. 

all in all.. gua memberikan 4 bintang untuk "negeri para bedebah", dan pastinya bikin pengen baca buku tere liye lainnya. ada usulan mana yang bagus? kalau bisa sih untuk sementara waktu gua menghindari romans, haha :p

minggu 2/3 (7:48 pm)

petualangan di lembah maut

the valley of adventure
petualangan di lembah maut
enid blyton
gramedia, cetakan ketiga : januari 2012
341 halaman


minggu 2/3 (6:52 pm)

jaman gua pertama membaca enid blyton belasan bahkan mungkin dua puluhan tahun silam, seri petualangan adalah salah satu favorit gua. entah magnet apa yang membuat gua tertarik membaca petualangan yang dialami kakak beradik jack dan lucy-ann serta philip dan dinah, oh dan jangan lupakan kiki, burung kakatua peliharaan jack.

dibanding serial lima sekawan, seri2 petualangan ini memang terasa lebih 'padat', mulai dari jumlah halaman yang jauh lebih banyak dibanding lima sekawan yang biasanya ada di kisaran 200an halaman atau kurang, ditambah lagi font yang digunakan dalam buku seri petualangan juga lebih kecil dibanding yang dipakai dalam serial lima sekawan. naahh, dengan perbedaan semacam itu, bisa kalian bayangkan petualangan macam apa yang disajikan oleh enid melalui empat remaja dan seekor kakatua ini khan?

keempat remaja ini amat senang dan antusias sekali ketika menceritakan tentang pengalaman terbang mereka bersama bill. ibunda philip dan dinah, bu mannering, yang juga sudah dianggap sebagai ibu sendiri oleh kakak beradik yatim piatu jack dan lucy-ann yang memanggilnya bibi allie, mendengarkan sambil tersenyum ketika keempat anak ini berebutan menceritakan keasyikan terbang dalam pesawat yang dibawakan sendiri oleh bill! terbang siang aja udah sedemikian mengasyikkan, nah, bill lalu mengajak mereka untuk terbang malam dan menginap di tempatnya agar bu mannering mempunyai beberapa hari terbebas dari anak2 dan bisa menikmati waktunya untuk melakukan hal2 yang disukainya tanpa perlu mencemaskan soal anak2.

bu mannering setuju karena menurutnya bill dapat dipercaya, dan ia yakin sekali andai kali ini anak2 terjerumus ke dalam petualangan sekalipun, dengan adanya bill maka keselamatan mereka akan lebih terjamin. 

penuh semangat mereka membereskan koper dengan berbagai keperluan untuk menginap beberapa hari di tempat bill. sore harinya ada mobil yang menjemput mereka dan membawa ke lapangan udara untuk bertemu bill. karena sedang terlibat pembicaraan serius dengan rekan2nya, bill menyuruh anak2 masuk terlebih dahulu ke dalam pesawat, nanti ia akan menyusul.

tanpa banyak tanya anak2 menuju ke tempat koper mereka berada dan menentengnya masuk ke dalam pesawat yang ada di dekatnya. di dalam pesawat gelap sekali, anak2 tidak tahu cara menyalakan lampu, karenanya mereka meraba2 menuju bagian belakang pesawat untuk meletakkan barang bawaan mereka. tunggu punya tunggu, mereka lalu mendengar bunyi rentetan tembakan dan merasakan pesawat itu melaju lalu membumbung tinggi terbang di angkasa.

apa yang terjadi?! tidak ada yang berani bersuara karena mereka merasa mungkin bill butuh konsentrasi setelah baku tembak tadi. tapi alangkah kagetnya ketika jack dan philip yang mengintip kemudian menyadari bahwa rupanya mereka salah naik pesawat! bukan bill yang mengendalikan pesawat tersebut dan rupa dua orang yang ada di depan sana sama sekali jauh dari kata ramah! aduh aduhh.. bagaimana ini? masa sih mereka kembali masuk ke dalam petualangan?

berhubung tidak ada yang bisa mereka lakukan, keempatnya memutuskan untuk tidur sambil menyembunyikan diri dalam tumpukan selimut. jack tidak lupa berpesan agar kiki diam dan tidak bersuara karena ia tidak tahu apa yang akan dilakukan kedua orang bertampang jahat tersebut apabila mereka tahu ada penumpang gelap dalam pesawatnya!

jam demi jam berlalu, keempatnya tertidur tanpa tahu ke mana pesawat itu membawa mereka. akhirnya pesawat mendarat dan kedua penumpang di bagian depan langsung keluar tanpa merasa perlu mengecek bagian lain dari pesawat.

setelah merasa keadaan aman, keempat anak yang sudah terbangun memutuskan untuk keluar dari dalam pesawat dan mencari tempat persembunyian. untung saja mereka membawa bekal cukup banyak hingga untuk sementara waktu, urusan perut tidak perlu dikuatirkan. tapi, di manakah sebenarnya mereka berada? dan bagaimana cara menyelamatkan diri dari tempat yang tampaknya tidak berpenghuni ini?

beragam pikiran jelek yang melintas itu mereka singkirkan. tidak ada gunanya memikirkan hal2 buruk saat ini, yang lebih penting adalah mencari tempat bernaung yang tidak diketahui oleh kedua penjahat itu. keteledoran mereka tidur di tempat terbuka yang membuat rumput yang ditiduri menjadi kempes, nyaris membuat keberadaan mereka ketahuan. untung saja sebelum penjahat bernama pepi dan juan itu sempat menyusuri sekitar tempat mereka menemukan rumput yang tampak rebah secara tidak wajar, anak2 berhasil menemukan tempat persembunyian baru yang tampak ideal dan nyaman. sebuah gua di dekat air terjun yang mempunyai tirai dari daun pakis yang menjuntai hingga tidak terlihat dari luar. 

persoalan makanan pun berhasil mereka pecahkan karena philip dan jack mengambil banyak sekali kaleng makanan dari pondok tempat kedua penjahat tinggal. dengan hati2 mereka mengambil kaleng yang terletak di bagian belakang agar para penjahat tidak curiga persediaan makanan mereka berkurang banyak.

suatu hari kala sedang mengintai, rupanya ada tawanan yang dibawa pepi dan juan ke pondok. sayangnya tawanan itu tidak bisa berbahasa inggris hingga philip dan jack tidak bisa menangkap apa yang sedang dibicarakan. tapi keduanya kemudian membuntuti para penjahat dan tawanan malang yang menuju tempat yang berujung pada timbunan batu2 besar. 

melihat kondisi tawanan yang lemah karena tidak diberi makan dan minum, para anak merasa kasihan dan bertekad menyelamatkannya dari tangan kedua penjahat. dan mereka berhasil membawanya kabur dari pondok dan menyembunyikannya sementara waktu di kandang sapi karena kondisinya yang terlalu lemah tidak memungkinkannya untuk meneruskan perjalanan menuju gua tempat anak2 tinggal. tawanan bernama otto itu kemudian menggambarkan sebuah peta untuk jack, dan peta itu akan membawa mereka menuju lokasi di mana harta karun yang sebenarnya berada.

aaahh.. rupanya itu tujuan kedua penjahat itu terbang ke wilayah yang tidak berpenghuni ini! jack membukakan beberapa kaleng makanan untuk disantap otto sebelum meninggalkannya untuk bergabung dengan philip dan kedua anak perempuan. malang, ketika mereka kembali keesokan harinya, otto tidak ditemukan di manapun, huaa.. apakah pepi dan juan berhasil menemukannya?

tidak ada jalan lain, anak2 memutuskan untuk mencari sendiri di mana letak harta karun berada berdasar peta yang dibuat otto. mereka berhasil menemukan lokasi harta karun tersebut, dan yang membuat heran ternyata ada penjaga hartanya pula!

sayang beribu sayang, para penjahat berhasil memaksa otto membuka mulut untuk memberitahu posisi harta yang sesungguhnya. pepi dan juan kembali bersama dua orang teman lainnya dan mereka bekerja keras menguras seluruh harta untuk dibawa kabur dan dijual dengan harga tinggi. tidak ada yang perlu dikuatirkan soal penjaga harta karena keduanya sudah tua, dan lagi keempat anak tersebut? haah! mana bisa mereka melawan empat pria bersenjata!

tapi orang tua tersebut mempunyai jalan rahasia yang tidak diketahui oleh para penjahat. sesudah menyusun rencana, philip berpencar dengan tiga anak lainnya, karena bagaimanapun harus ada di antara mereka yang berusaha keluar dari lembah tersebut untuk mencari pertolongan! dengan berat hati ketiganya meninggalkan philip di gua harta berisi patung2 dengan perhiasan batu mulia sambil berdoa dalam hati semoga ia selamat dan bisa menghubungi bill.

bagaimana cara philip keluar dari lembah tersebut? berhasilkah ia menghubungi pihak berwajib untuk meminta pertolongan? lalu bagaimana nasib jack dan kedua anak perempuan? apakah petualangan ini akan berakhir bahagia?

pastinya donks aww, hahaha.. cuman untuk merasakan ketegangannya ya ngga ada jalan lain selain kalian harus membacanya sendiri :D

minggu 2/3 (7:29 pm)

sapta siaga : rahasia rumah kosong

three cheers, secret seven
sapta siaga : rahasia rumah kosong
enid blyton
gramedia, cetakan ketujuh : mei 2012
140 halaman


minggu 2/3 (6:29 pm)

"three cheers, secret seven" hanya memberikan gambaran yang tidak jelas mengenai isi dari buku enid blyton ini bukan? tapi ketika judulnya diterjemahkan menjadi "sapta siaga : rahasia rumah kosong", maka ngga perlu menjadi jenius untuk mengetahui bahwa cerita kali ini berhubungan dengan rumah kosong, haha..

masih ingat susie, adiknya jack? anak perempuan yang bandel ini mendapat kesempatan istimewa untuk bergabung bersama dengan sapta siaga. tapi, bukan dalam rapat membahas kasus mengenai keganjilan ataupun misteri yang harus dipecahkan, melainkan untuk menerbangkan pesawat mainan miliknya, hadiah dari sang paman yang murah hati, langsung diterbangkan dari amerika!

dan sapta siaga pun mengagumi pesawat milik susie karena memang bentuknya bagus sekali. mereka memutuskan menerbangkannya di lapangan dekat rumah jack setelah selesai menyantap makanan kecil yang dibawa para anggota sapta siaga. dan pesawat susie pun dapat terbang dengan mulus dan anggun. sayangnyaa.. pesawat itu tidak pernah kembali setelah melewati pagar rumah bartlett, tetangga jack.

rumah bartlett telah sekian lama kosong. yang sesekali suka terlihat hanyalah pak grim, sang tukang kebun yang bertugas mengurus taman rumah tersebut selama pemiliknya pergi. setelah minta dengan baik2 tapi tidak berhasil mendapatkan kembali pesawat terbang susie, akhirnya para anak lelaki memutuskan untuk menerobos masuk ke rumah tersebut saat pak grim telah pergi.

sambil mengendap2 dan mata melakukan pencarian di mana kira2 pesawat susie mendarat, akhirnya peter dan jack menemukan pesawat itu tergeletak di balkon atas sebuah kamar. kebetulan sekali ada pohon besar yang bisa dipanjat hingga mereka bisa melompat ke balkon untuk mengambil pesawat tersebut. peter sempat mengintip melalui tirai yang sedikit tersibak dan merasa heran melihat nyala api gas di dalam kamar tersebut!

lhoo.. bukankah pemilik rumah sedang pergi ke luar negeri? khan berbahaya kalau sampai ia ternyata lupa mematikan gas sebelum pergi, salah2 bisa terjadi kebakaran! ini tidak bisa dibiarkan, mereka harus melaporkan hal aneh tersebut. tapi sebelumnya, untuk memastikan bahwa peter tidak salah lihat, mereka pun kembali mendatangi rumah tersebut.

kali ini kedua anak lelaki tersebut kepergok oleh pak grim, si tukang kebun yang hobi marah2, dan satu lelaki lainnya yang adalah petugas bank yang diserahi kunci oleh pemilik rumah selama ia pergi. nah, kebetulan bangets nih, mereka bisa langsung mengecek ke kamar yang peter maksud untuk melihat apakah benar api gas-nya memang menyala!

mereka berempat masuk ke dalam kamar tersebut, dan peter pun tercengang. tidak ada yang aneh dengan ruangan tersebut, perapiannya tidak dalam keadaan menyala! mr. frampton, petugas bank tersebut marah karena merasa peter dan jack telah mempermainkannya, ia sama sekali tidak menggubris ketika peter hendak berbicara lebih lanjut. 

peter marah. karena ia yakin sekali apa yang dilihatnya tidak salah. di samping itu, ketika mereka masuk ke dalam kamar itu, ia sempat menemukan kejanggalan lainnya, sayang sekali mr. frampton tidak mau mendengarkannya! baiklah, kalau orang dewasa menganggap anak kecil seperti dirinya hanya mengada2, lihat saja nanti, ia dan anggota sapta siaga lainnya pasti akan berhasil memecahkan kasus ini!

peter yakin sekali ada orang yang tinggal dalam kamar tersebut, karena selain nyala api gas  yang dilihatnya kala itu, tadi dalam 'inspeksi' mendadak, ia melihat tanaman di pot yang tanahnya masih basah yang artinya ada orang yang menyirami tanaman tersebut. lalu, ada juga jam kuno yang perlu diputar seminggu sekali masih tetap berjalan padahal telah berbulan2 rumah tersebut dalam keadaan kosong. petunjuk terakhir, samar2 peter bisa mencium bau tembakau di dalam ruangan tersebut. naahh! sudah jelas khan ada yang tinggal di sana!

yang menjadi pertanyaan sekarang adalah.. siapa? bagaimana caranya masuk? dan apa yang dilakukan orang tersebut dalam kamar itu?

sudah menjadi tugas sapta siaga untuk menyelidiki hal ini sampai tuntas, karena kalau dibiarkan menggantung, ibarat bisul yang belum pecah, terasa sakit dan menjengkelkan, huahahahahaha :p

minggu 2/3 (6:49 pm)