Friday, May 24, 2013

the espressologist

the espressologist
kristina springer
qanita, januari 2012


tau ngga sih kalau karakter kita itu bisa kebaca  lhoo dari jenis minuman, dalam hal ini kopi, yang kita pesan..

let's see.. kamu pencinta pumpkin spice latte? hmm.. karakter yang menyenangkan tapi sedikit judes. selalu mengikuti perkembangan trend terbaru dan punya semacam bakat yang unik. cenderung lebih suka sekedar bersenang-senang dan tidak terikat terlalu lama. lucu dan ceria. suka bersenang-senang tapi bukan yang berlebihan. bukan tipe yang bisa berkomitmen. dia tipe teman yang asyik untuk diajak bergaul dan nggak perhitungan.

nah, itu salah satu pencatatan karakter yang dilakukan jane turner, seorang barista di wired joe's yang melakukan pengamatan diam-diam di sela-sela tugasnya menyiapkan pesanan para pelanggan.

dari sekedar iseng2 menjodohkan pelanggan setia dan teman2 dekatnya, manajer weird joe's kemudian berniat mengangkat 'kemampuan' mak comblang jane ini menjadi ajang promosi mingguan mereka yang diadakan setiap jumat malam mulai pukul enam sampai sepuluh selama bulan desember.


program ini segera menjadi buah bibir tidak hanya di kalangan pelanggan namun juga berhasil menarik minat salah satu tayangan talkshow ternama, gabby girlz, untuk melakukan syuting di tempat kerja jane karena merasa aksi jane sebagai espressologist pas dengan tema romantisme cinta di musim liburan dalam segmen edisi liburan.

tapi ketika jane ditodong untuk melakukan perjodohan langsung di tempat, dengan sasaran target yang hendak diliput oleh kru tim gabby girlz tak lain dan tak bukan adalah melissa, seniornya semasa sma dulu yang mempunyai hobi membuat hidupnya merana. di bawah tekanan, jane justru menjodohkan melissa dengan will, cowok tampan gebetannya selama ini yang selalu sukses menyihirnya dengan senyuman manis yang membuat jane lupa menagih minuman yang dipesan will, padahal niatan awalnya jane mau menjodohkan dirinya dengan will selepas acara, walau menurut karakter berdasar kopi favorit, mereka berdua bukanlah pasangan serasi.

di tengah kegundahan dan kesedihan karena mempersatukan musuh bebuyutan dengan cowok incaran, jane dibuat terhanyut  oleh ciuman cam. masalahnya, cam itu udah sukses bikin em, sahabat karib jane, mabuk kepayang!

yaiks.. jadii gimana donks akhir kisah jane dalam novel setebal 271 halaman ini?

itu sih lebih baik kalian cari tahu sendiri, hahahahaha..

anywayy.. sukaa dhe ama cerita yang satu ini, walau ceritanya sebagian besar udah bisa ditebak, tetap aja ga mengurangi keasyikan membaca lembar demi lembar keseharian jane.

hal lainnya yang menjadikan buku ini menarik adalah penjelasan mengenai karakter seseorang berdasar jenis kopi favoritnya. asyik khan kalau kebetulan suka ama kopi yang disebutkan dalam buku ini malah bisa langsung dicocokin bener apa kaga penggambarannya, hahahaha..

oh iya, setelah cerita berakhir, di bagian belakang itu ada resep2 minuman yang bisa dicoba sekaligus penjelasan mengenai berbagai jenis kopi.

4 bintang disematkan untuk cerita yang satu ini..

jumat 24/5 (9:40 pm)

2 comments:

  1. aaakkk... kaya'nya lucu... :D

    ReplyDelete
  2. Buku ini menyenangkan untuk dibaca, Viaa ;)

    ReplyDelete

~.thank you for coming.~