Wednesday, January 1, 2014

lima sekawan : ke bukit billycock

five go to billycock farm
ke bukit billycock
enid blyton
gramedia, cetakan keduabelas : oktober 2011
185 halaman


rabu 1/1 (5:14 pm)

salah satu kelemahan dari menunda2 bikin review adalahh.. suka lupa ama ceritanya bo, ahahahaha :p jadi mari seinget gua aja yaa, karena sayang juga buang waktu untuk baca ulang hanya demi penulisan review, khan mending buat baca buku2 lainnya :))

lima sekawan kali ini berlibur ke rumah pertanian billycock milik orangtua toby, teman satu sekolahnya julian dan dick. walaupun keluarga toby terbuka terhadap kehadiran empat anak ini, tapi julian dan saudara/i-nya lebih memilih untuk berkemah, selain merasa lebih bebas, rasanya menyenangkan tidur di tempat terbuka di mana kala cuaca cerah, mereka bisa tidur langsung di bawah langit tanpa perlu masuk ke dalam tenda.

toby memperkenalkan teman2nya dengan jeff, sepupu kebanggaannya yang adalah seorang pilot. rupanya di dekat rumah pertanian billycock, ada lapangan terbang tempat uji coba pesawat2 tempur model baru, dan di dalam area lapangan terbang tersebut terdapat telaga yang bagus sekali, tempat toby mengajak lima sekawan ke sana sambil mengabaikan papan pengumuman yang melarang mereka yang tidak berkepentingan untuk masuk ke dalam area tersebut. 

kedatangan mereka pun diketahui petugas jaga yang menegur mereka dan membuat mereka berjanji tidak akan melakukannya lagi. sore harinya, jeff datang berkunjung ke rumah toby dan anak2 lainnya menyukai sosoknya yang ramah, tidak heran toby selalu membangga2kannya. bahkan timmy pun suka sekali sama jeff, dan kali ini george tidak keberatan karena ia sendiri juga menyukai jeff.

suatu malam kala cuaca sedang buruk, julian merasa mendengar bunyi pesawat terbang, ketika mengecek keadaan sekitar, dalam kegelapan ia bertemu dengan dua sosok pria yang disangkanya adalah para peneliti kupu2 di peternakan kupu2 yang pernah mereka kunjungi bersama toby. baru keesokan harinya pas mendengar radio, mereka mengetahui bahwa ada pesawat eksperimen rahasia yang hilang! dan yang mengejutkan, pesawat itu diterbangkan oleh jeff dan rekannya!

apakah itu pesawat yang didengar julian malam sebelumnya? lalu bagaimana dengan kedua pria mencurigakan yang ditemuinya itu, apakah mereka ada hubungannya dengan menghilangnya pesawat itu? lalu, bila bukan jeff yang melakukannya, mengapa ia dan rekannya tidak muncul serta melapor kembali ke markas? haiyyaa.. tampaknya lima sekawan perlu beraksi untuk memecahkan misteri ini, karena mereka merasa kasihan melihat toby yang tampak terpukul mendengar kabar buruk mengenai sepupu kesayangannya itu! 

berhasilkah mereka menemukan jeff dan mengetahui cerita yang sebenarnya di balik menghilangnya pesawat itu? tentu saja kalian harus membaca sendiri buku "lima sekawan : ke bukit billycock" ini :))

as always.. membaca cerita2nya enid from time to time itu selalu terasa menyenangkan.. and semakin banyak kisah lima sekawan yang gua baca, gua jadi semakin merasa mengenal dan 'terikat' sama kelimanya dan menunggu2 kira2 kisah apalagi yang akan mereka alami dalam liburan mereka :D karena walaupun akhirannya udah ketahuan pasti berujung dengan kebahagiaan, tetap aja menarik untuk mengikuti kisah yang ada sedari awal, tengah hingga menuju happy ending-nya itu :D

empat bintang untuk buku yang satu ini.

rabu 1/1 (5:29 pm)

2 comments:

~.thank you for coming.~