Wednesday, January 8, 2014

agatha christie : cards on the table

cards on the table
kartu2 di meja
agatha christie
gramedia, cetakan kelima : maret 2012
327 halaman


rabu 8/1 (7:18 pm)

sejauh ini, gua masih menemukan keasyikan membaca buku2nya agatha christie.. keasyikan yang sama gua temukan dalam membaca "cards on the table", menarik bagaimana hercule poirot bisa 'menyimpulkan' tentang karakter dan perilaku seseorang dari cara mereka bermain bridge, hingga akhirnya sampailah ia pada kesimpulan tentang siapakah di antara para tersangka yang adalah pembunuh dari mr. shaitana yang terkenal nyentrik dan punya hobi menyelenggarakan pesta2 luar biasa, sekaligus kolektor barang2 ga lazim, dan 'koleksi' teranyarnya adalah para pembunuh yang tidak pernah tertangkap yang dipertemukannya dengan hercule poirot dan beberapa petugas kepolisian dari scotland yard dalam acara jamuan makan malam yang diakhiri dengan acara main bridge dan berujung pada kematian sang tuan rumah.

rupanya, salah satu dari para tamunya itu ada yang merasa bahwa mr. shaitana menjebaknya dalam undangan makan malam itu dan berniat menyerahkannya ke pihak berwajib akan kejahatan yang pernah dilakukannya tapi selama ini tidak pernah terungkap hingga ia lolos dari hukuman.

hmm.. siapa kira2 pelakunya ya?

dan kematian mr. shaitana itu hanya merupakan awal, karena seiring penyelidikan poirot, ada korban lain yang juga ditemukan meninggal, huaa.. rupanya sang pembunuh benar2 panik!

dan sekali lagi, sebagai pembaca, gua diajak menelusuri masa lalu dari tiap tersangka. seperti biasa, dari lembar demi lembar yang gua baca, biasanya sih 'tertuduh' gua itu selalu berubah2, ahahahaha :))

memang harus mengacungkan jempol buat kepiawaian agatha dalam menggiring pembacanya untuk menarik kesimpulan tertentu lalu memaparkan hasil yang sama sekali berbeda dari petunjuk2 yang ditebarkannya sepanjang cerita :D

can't wait to read another of her stories.. mudah2an sale gramed masih akan terus berlanjut dan gua pun bisa menemukan buku2 agatha lainnya di obralan ^o^

4 bintang untuk "cards on the table" ;)

rabu 8/1 (7:28 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~