Wednesday, September 4, 2013

lima sekawan : jo anak gelandangan


five fall into adventure
lima sekawan : jo anak gelandangan
enid blyton
gramedia, cetakan kesebelas : agustus 2006



rabu 4/9 (7:02 pm)

aahh.. gua kelupaan nyatet nih buku totalnya ada berapa halaman, hahaha.. makluumm.. udah lama ngga nge-review buku and masih labil alias suka2 hati aja ngasih infonya jadi belum ada ketetapan baku tentang apa2 aja yang perlu diberitahukan dalam me-review, hahaha :))

anywayy.. sebenernya pas kemaren ini keponakan gua pulang dengan (lagi2) membawa buku tentang lima sekawan-nya enid blyton ini, gua udah rada2 malas buat ngebacanya.. bukannya gimana yaa.. walau termasuk telaaaaat bangets baru di tahun 2013 ini gua pertama membaca seri lima sekawan, but somehow.. gua ngga terlalu merasa 'attached' ma serial ini yang bikin gua pengen melahap abis nih serial dari seri pertama hingga seri terakhir.. malahan yaa, setelah baca sekitar 4-5 buku seri lima sekawan ini, malah bisa dibilang gua mengalami semacam kebosanan, huahahahahaha.. maafkan diriku, tante enid.. soalnya gimana yaa, bosen aja githu di tiap buku pasti adaa aja disinggung2 soal george yang sebenernya bernama asli georgina tapi lebih memilih dipanggil george yang adalah nama lelaki, dan ngga hanya itu namun perangai dan penampilannya juga sering membuatnya salah dikira sebagai anak laki2, dan bukannya anak perempuan! gua sampai sekarang masih ngga ngerti kenapa si george itu sepertinya sampai segitu 'anti'-nya mengakui jenis kelaminnya yang memang terlahir sebagai anak perempuan :p

tapii.. daripada keponakan gua ngambeks and buntut2nya malah menyetop suplai enid gua dari perpus sekolahnyaaa.. jadi gua pun rada menahan diri dan mulai membaca nih buku, which was surprisinglyy.. ternyata gua cukup menikmatinya, haha :))

dalam serial hmm.. gua lupa dhe ini seri keberapa yaa, kayanya sih buku ke-9 dhe, but not sure.. yaah, pokoknya di seri inii.. george bertemu dengan anak 'lelaki' lain seperti dirinya saat ia dan ketiga sepupunya serta tim, anjing kesayangannya itu sedang bersantai di pantai. kenapa lelaki-nya itu dikasih tanda petik? karenaa.. tuh anak sebenernya yaa anak perempuan juga kaya si georgina, upss.. maksudnya george :p mari kita berkenalan dengan jo, hanya jo, karena dia ngga pernah tau nama panjangnya. dulu kala nyokapnya masih hidup, jo hidup di sirkus, gua lupa nyokapnya sebagai apa tapi bokapnya jo yang bernama simmy itu dulunya adalah pemain akrobat tapi karena kecelakaan maka mau ga mau dia harus mengakhiri profesinya itu dan menjalani hidup sebagai gelandangan bersama anak tunggalnya itu. 

simmy adalah ayah yang kasar dan ga segan2 melayangkan tangan ke jo. berdua dengan teman gelandangannya, simmy sering melakukan pekerjaan2 kotor demi mendapatkan uang, kadang ia juga menyuruh jo sebagai kaki tangan. dengan badannya yang kecil dan turunan kemampuan akrobatik dari ayahnya, jo bisa menyusup masuk ke rumah orang melalui celah jendela yang sempit sekalipun. itu juga yang dilakukannya di pondok kirrin di mana ia menyelinap melalui jendela yang tidak bisa ditutup di ruang penyimpanan makanan untuk kemudian membukakan pintu untuk ayah dan teman ayahnya itu lalu mereka bertiga mengobrak-abrik ruang kerja paman quentin demi mendapatkan hasil penelitiannya yang berharga selama ia melakukan seminar di amerika. sayang, karena tidak mengerti apa yang sebenarnya mereka cari, yang diambil oleh ayah jo bukanlah buku yang diinginkan oleh orang yang menyuruhnya. mau tak mau, mereka melaksanakan hal lain demi mendapatkan apa yang diminta sang bos.

suatu malam, george yang membawa timmy jalan2 keluar sebelum tidur, tidak pernah kembali lagi. awalnya julian, dick dan anne tidak menyadari bahwa george dan timmy menghilang, mereka mengira sepupu mereka itu pergi keluar pagi2 sekali, seperti yang terkadang dilakukannya kala yang lain masih terlelap di alam mimpi. tanpa curiga ketiga remaja ini menyikat habis sarapan mereka kemudian berlari2 ke pantai dan lagi2 mengira bahwa perahu di kejauhan yang mereka lihat itu adalah george dan timmy. barulah ketika sampai pulang ke rumah mereka tetap tidak menemukan sosok george, rasa kuatir mulai menyelusup.. terlebih ketika kemudian jo mengantarkan surat dari penculik yang menginstruksikan agar mereka menyerahkan buku paman quentin untuk ditukar dengan george.

rencana disusun. dick bertukar tempat dengan loper koran lalu mengintai orang suruhan yang mengambil buku di tempat yang ditentukan. coba tebak, siapa diaa?! yupp.. ga lain dia adalah jo! ya amplopp.. jo, joo.. emang sih elo sebel ama si george tapi ya ngga perlu sampai pakai acara culik2an githu donks aww!

tapi ya yang menculik tentu saja si simmy dan temannya (otree.. gua lupaa namanyaa :p). jo kemudian membeberkan bahwa george dan tim disekap di karavan mereka yang diparkir di hutan gagak yang tersembunyi. jo berniat mengantarkan mereka ke tujuan tapi di tengah jalan malah diciduk oleh teman ayahnya. terpaksa ketiga kakak beradik ini mencari jalan sendiri berdasar keterangan yang didapat dari jo. akhirnyaa.. mereka berhasil juga menemukan karavan simmy tapi george sudah tidak ada di dalamnya! satu2nya petunjuk yang mereka dapatkan hanyalah tulisan 'red tower'. sayangnya ketika berusaha keluar dari hutan, mereka malah tersesat. untung jo berhasil melarikan diri dan menyusul mereka lalu menuntun mereka pulang ke pondok kirrin untuk mengisi perut sebelum menuju ke red tower yang ternyata bukan nama tempat melainkan nama orang, well.. nama sebenernya sih tower tapi rambutnya itu merah menyala jadi dijuluki red tower. dengan menggunakan perahu george, jo menunjukkan arah menuju puri kediaman red.

sesampainya di sana, julian dan dick tertangkap sementara jo sempat menyembunyikan diri untuk kemudian menolong membebaskan mereka dan bertukar peran dengan george. berkat kecerdikan jo pula, tak hanya ia berhasil mengurung red serta ayah dan temannya itu, tapi juga membawa mereka kembali ke pondok kirrin dengan selamat, hurraayy.. petulangan pun berakhir dengan bahagiaa.. yukk, marii.. kita lanjutkan minum kopi sambil bernapas lega, hahaha :))

walaupun nih buku membuat gua 'terpikat' ama lima sekawan tapi tetap ajaa.. kayanya untuk sementara waktuu.. gua harus 'puasa' dulu baca buku2 lima sekawan lainnya :D

keponakaaann.. pleaseee.. cariin buku enid yang lainnya aja yaa, ahahahahaha :p

rabu 4/9 (8:02 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~