Thursday, September 12, 2013

hurrah for the circus

hurrah for the circus
enid blyton
(book 2 of circus galliano's series)
egmont uk limited, 2012
158 halaman


kamis 12/9 (9:27 am)

kalau diliat2 yaa.. postingan2 di blog ini kebanyakan tentang buku2nya enid blyton ya, hahaha.. coba gua masukin kategori pengarang, pasti dhe nama 'enid blyton' yang paling sering muncul :p bukannya sengaja juga sihh.. cuman yaah, mau gimana lagii.. supply buku perpus-nya itu enid blyton semua, hahaha.. and sepertinya buku2 enid blyton itu hampir selalu sukses memecah 'kebuntuan' dalam malasnya membaca :))

sebenernya masih ada 3 buku yang udah gua baca tapi belum gua review, yaitu "the magicians of caprona", yang mana nih buku sebenernya buku pertama di blog ini yang gua kasih rating 5, tapii.. berhubung gua tipe 'reviewer' moodyy.. kelamaan menunda2 kok jadi udah nguap yaa sensasi mau membicarakan buku itu, hahahaha.. parahnyaa.. gua juga udah ngga terlalu inget detail ceritanya *hiks*

2 buku lainnya adalah buku 1 dan 2 dari trilogi bartimaeus.. ini sih lebih karena malas plus.. gua bingung gimana cara menceritakan kembali isi bukunya, haha :D let's see aja dhee.. mudah2an bisa gua ketik dhe, khan lumayan tuh menambah daftar new author reading challenge, ahahahaha :p

sekarang marii kita balik ke "hurray for the circus", btw.. edisi yang gua baca ini adalah bagian dari 3 in 1 bookss.. covernya yang ini nihh..


di akhir buku pertama diceritakan kalau ortunya lotta itu pindah ke luar negeri untuk sementara waktu (gua lupa alasannya kenapa yaa) and lotta 'dititipkan' ke keluarga jimmy yang menerima dengan tangan terbuka kehadiran gadis berambut ikal ini di tengah keluarga kecil mereka. lotta membantu merawat kuda2 sirkus yang datang menggantikan tempat orangtuanya. betapa rindunya ia untuk beraksi kembali di tengah panggung namun rupanya lal dan laddo sudah berpesan pada mr. galliano untuk tidak membiarkan lotta beraksi sendirian karena mereka kuatir anak mereka akan melakukan aksi2 berbahaya tanpa pengawasan.

kali ini sirkus dimeriahkan kehadiran harimau2 yang walaupun melakukan aksi memukau, tetap saja menurut pendapat mr. wally yang memelihara simpanse, harimau itu seharusnya tidak menjadi bagian dari sirkus karena melakukan aksi2 seperti melompat dan beratraksi di panggung sesuai keinginan master mereka itu hanya melukai harga dirinya. harimau bukanlah hewan yang senang melakukan pertunjukan. walaupun jimmy setuju dengan pendapat mr. wally, tetap saja ia senang dengan kehadiran harimau2 itu dan bertekad untuk berteman dengan makhluk yang masih satu keluarga besar dengan kucing.

jimmy 'menyuap' fric dengan es krim dan penganan manis lainnya agar diperbolehkan masuk ke dalam kandang harimau. secara tidak sengaja, lotta suatu malam mengikuti jimmy yang mengendap diam2 keluar dari karavan mereka dan menemui sahabat2 barunya itu. lotta merasa ngeri melihat jimmy di antara harimau2 itu, walaupun jimmy hebat dengan hewan, tetap saja harimau itu tidak bisa dipercaya, bagaimana jika mereka menghujamkan cakar tajamnya ke dada jimmy, oh tidaakk.. jimmy pasti tidak akan selamat!

lotta memutar otak, ia harus melakukan sesuatu sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. lotta jelas tidak bisa melapor ke mrs. brown, ibunda jimmy karena jimmy pasti akan marah padanya. ahaa, lotta pun mengkonfrontasi fric dan mengancamnya apabila ia tetap membiarkan jimmy masuk ke kandang harimau maka ia akan mengadukannya ke mr. galliano. tadinya lotta ingin menambahkan jika fric memberitahu jimmy bahwa lotta yang melarangnya maka ia akan mengadukan fric ke roma, pamannya yang adalah pawang utama para harimau, tapi belum sempat lotta melakukannya, mereka terlibat pertengkaran yang segera dilerai oleh stanley the clown.

fric jelas tidak terima akan ancaman lotta yang berarti supply es krim-nya akan terhenti. melihat datangnya kesempatan untuk membalas 'dendam', fric menyambar jemima yang sedang melingkarkan diri di badan lotta. jemima yang tidak senang dengan fric, mencakarnya lalu kabur dengan ketakutan, tapi apesnya malah masuk ke kandang harimau!! huaa.. harimau2 itu yang sama sekali tidak suka kebisingan jelas merasa terganggu hingga menghantamkan cakarnya ke jemima hingga terkapar pingsan.

yaikss.. apa yang akan terjadi dengan jemima?! roma sang pawang dipanggil untuk menenangkan harimau2nya namun ia tidak berani mendekati harimau yang sedang marah karena itu sama saja dengan mengantarkan nyawa! tidak, tidakk.. roma memilih untuk hanya diam sambil menonton penuh kengerian pada sosok jemima yang tergeletak tidak berdaya sementara harimau2 berjalan mengelilinginya.

tapii.. jangan kuatir, eng ing eenngg.. here comes jimmy to the rescue, haha :)) jimmy membujuk para harimau itu agar menjauh dari jemima sehingga lotta bisa mengeluarkan jemima dengan jaring. semua pemain sirkus yang menonton pun bisa menarik napas lega ketika jemima berhasil dikeluarkan!

pertunjukan sirkus berakhir dan mereka berpisah jalan dengan harimau karena roma dan rombongannya akan bergabung dengan sirkus lain sementara mr. galliano menantikan kedatangan beruang untuk memeriahkan rombongan sirkusnya. tapi heyy.. masih inget khan kalau fric itu tipe pendendam?! jelas ia tidak akan membiarkan jimmy lolos begitu saja, tidak setelah ia dimarahi habis2an oleh pamannya!! fric menyelinap ke karavan jimmy yang saat itu sedang kosong dan tebak apa yang dilakukannya?! ia menculik lucky!! dimasukkannya anjing itu ke dalam karung lalu pergilah ia bersama pamannya dan harimau2 menuju pemberhentian mereka selanjutnya dalam rombongan sirkus yang baru.

dengan bantuan liliput, jimmy berhasil menelusuri keberadaan roma tapi fric tidak ada di tempat karena sedang berbelanja di kota. ketika kembali, fric didapati menyimpan banyak uang di sakunya, huaa.. rupanya lucky telah dijual!! dengan tangan hampa, jimmy pun kembali dengan liliput. rasa sedihnya karena kehilangan anjing kesayangannya membuatnya bersikap kasar pada lotta, menurutnya semuanya itu salah lotta karena mengancam fric yang kemudian mendendam kepadanya hingga memutuskan untuk menculik dan menjual lucky!

lotta sedih karena selama ini jimmy selalu baik dan tidak pernah kasar padanya. dengan mengajak lulu, anjing spaniel yang tinggal di keluarga brown, lotta memulai pencarian lucky tanpa memberitahu siapapun. dulu sekali orangtuanya pernah menyinggung nama charlie yang terkenal menerima hewan2 sirkus culikan lalu mengubah warna mereka untuk kemudian menjualnya ke sirkus lainnya. lotta berhasil menemukan lucky, dan tidak hanya itu, ia juga berhasil membawa kabur lucky dari sirkus barunya dan mengembalikannya ke jimmy.

ahh.. senangnya ketika banyak hal berakhir bahagia :)) dan jimmy pun bukan anak yang tidak tahu terima kasih, dengan uang tabungannya yang cukup banyak, jimmy menghadiahi lotta hal yang paling diinginkannya dan mengajaknya berbagi panggung pertunjukan.

menjelang akhir buku, ada kabar baik sekaligus kabar sedihh.. kabar baiknyaa, ortu lotta akhirnya memberi kabar dan kembali ke sirkus galliano. kabar sedihnyaa.. lal, ibunda lotta, jatuh sakit dan karena laddo, sang ayah biasanya tampil duet dalam melakukan pertunjukan, rupanya ia datang menemui mr. galliano itu hanya untuk membawa lotta pergi menemaninya ke sirkus baru tempat rekan duet sementaranya mengadakan pertunjukan.

hikss.. apa itu artinya jimmy dan lotta harus berpisah di buku kedua? tentu tidaakk.. karena jimmy punya ide cemerlang. apaan tuhh? baca aja yaa, hahahahha :D

membaca buku kedua ini masih terasa menyenangkan.. sedikit banyak jadi lebih tau juga tentang dunia hewan.. tau ngga sih kalau beruang itu adalah 'badut' di dunia hewan?! mereka suka beratraksi dan tidak ada yang lebih baik daripada memiliki hewan yang memang senang belajar dan tampil di panggung :))

kira2 buku ketiga akan bercerita tentang apa yaa? well.. gua sih untuk sementara waktu mau take a break dulu dan menyelinginya dengan membaca buku lainnya dulu dhe biar ngga mabok enid blyton, hahahaha..

4 bintang untuk 'hurray for the circus' inii ^o^

kamis 12/9 (10:05 am)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~