Wednesday, March 12, 2014

kumpulan dongeng anderson

kumpulan dongeng andersen
hans christian andersen
ilustrasi : paul durand
gramedia, 2012
138 halaman


rabu 12/3 (8:39 am)

did i grow up in fairytales? ngga inget juga sih tapi rasa2nya sih ngga. dan juga, ortu gua bukan tipe yang membacakan dongeng pengantar tidur untuk anak2nya. sampai sekarang kalau ditanya siapa yang menurunkan hobi membaca, gua juga ngga tau, karena kedua ortu biasa2 aja sih ama yang namanya baca. kalau baca sekalipun, paling yang standar2 aja macam koran atau majalah, makanya gua ngga punya warisan berupa buku hasil lungsuran orangtua :p

but anywayy.. berbicara mengenai dongeng, sedikit banyak pasti pernah lah mendengar yang namanya hans christian andersen, atau yang kadang suka disingkat menjadi h.c. andersen, keren ya namanya! gua suka memimpikan punya 3 nama, 2 nama yang milik gua sendiri sementara 1 nama lainnya yang nama keluarga. sayang cuma punya 2 dan nama depan gua itu indonesia bangets pula, haha.. jadi mau ditambah2in sendiri juga bingung mau dikasih nama apa karena gua suka nama2 yang berbau barat, tapi ya kok digabungin ama nama gua jadinya kurang 'nyambung' :D

ehh.. ngelantur XD


ada tujuh cerita dalam buku dongeng ini yang bisa dinikmati. dan rasa2nya ngga afdol donks aww kalau yang namanya buku dongeng itu ngga disertai dengan gambar ilustrasi cantik yang memanjakan mata mereka yang membacanya! and thanks to paul durand dengan ilustrasinya yang cakeps yang membuat acara membaca buku ini menjadi menyenangkan, sekaligus ajang mengingat memori masa kecil dulu karena nyaris semua cerita dalam buku dongeng ini pernah gua baca sebelumnya.


1. gadis gembala dan penyapu cerobong

pertama baca cerita pembuka di dongeng ini, gua sih merasa belum pernah membaca sebelumnya. bercerita mengenai dua patung porselen yang saling jatuh cinta, sang penyapu cerobong dan sang gadis gembala. selain mereka, ada patung porselen lain yang ukurannya jauh lebih besar, patung seorang laki2 cina yang mengklaim dirinya sebagai kakek gadis gembala, walau ia tidak bisa membuktikannya. sang kakek menentang cucunya berhubungan dengan penyapu cerobong dan berniat menjodohkannya dengan ukiran laki2 aneh berkaki kambing. cucunya jelas protes keras, mana mau ia menukar penyapu cerobong yang cakeps dengan kakek2 tua bertampang jahat! akhirnya penyapu cerobong dan gadis gembala memutuskan untuk melarikan diri agar cinta mereka tidak terpisahkan. berbagai rintangan mereka hadapi bersama, tapi ketika berhasil melalui semuanya itu, gadis gembala masih saja kepikiran soal kakeknya dan mengajak penyapu cerobong untuk kembali lagi ke tempat di mana mereka berasal. lhaaa, cu?! piye tohh.. emangnya situ mauu dikawinkan dengan laki2 tua berkaki kambing itu?! padahal udah meraih kebebasan lho! naahh.. bagaimana nasib sepasang kekasih ini? apakah sang kakek akhirnya memberikan restunya dan membatalkan acara perjodohan? atau? hohoho.. baca sendiri donks aww :))


2. gadis kecil dan korek api

nah kalau cerita yang satu ini pasti pernah baca dhe, karena termasuk salah satu yang sering bangets dicertiakan ulang, bahkan dibuat satu buku dongeng terpisah hanya menceritakan kisah ini. rada ngenes sih sebenernya nih cerita ya, tentang seorang gadis kecil yang menjajakan korek api. karena kedinginan dan barang dagangannya ngga laku, akhirnya ia menyalakan korek api itu satu per satu dan dalam setiap nyala cahaya dari korek api itu, ia melihat bayangan yang indah2. dalam nyala koreknya yang ketiga, gadis kecil itu 'bertemu' dengan neneknya yang sudah terlebih dulu meninggal, takut bila nyala koreknya habis maka sang nenek akan menghilang, dengan terburu2 ia mulai menyalakan satu demi satu dari koreknya yang masih tersisa agar bisa bersama dengan neneknya lebih lama lagi. tapi apa jadinya dengan gadis itu ketika korek api terakhirnya juga telah dinyalakan dan kobaran api itu pun akhirnya padam?


3. putri sejati

pertama kali membaca cerita yang satu ini puluhan tahun silam, gua terkesan, bagaimana tidaakk.. bayangkan ada githu orang yang bisa merasakan sebutir kapri yang udah ditumpuk ama dua puluh kasur dan dilapisi 20 seprai!! luar biasaaa! betapa pekanya tubuh nih orang.. tapi sekarang setelah membaca ulang cerita yang satu ini kok jadi berasa nih cerita lebay amat ya, hahahahaha..


4. itik kecil buruk rupa

"itik kecil buruk rupa" juga merupakan salah satu dongeng andersen yang paling terkenal. bahkan pada masa hidupnya dulu, lady diana pernah dijuluki sebagai itik kecil yang telah berubah menjadi angsa.. padahal ya menurut gua dari sebelum menikah ama charles juga lady diana itu udah cakeps kok.. kesannya itu polos dan lugu.. anywayy.. biasanya membaca versi singkatnya aja, di buku yang satu ini ternyata cukup panjang perjalanan yang harus ditempuh si anak itik sebelum berubah menjadi angsa yang cantik. sedih juga membayangkan perasaan terbuangnya ketika induknya yang awalnya membelanya tapi akhirnya karena ngga tahan tekanan dari ejekan2 itik2 di sekitar, si induk pun 'membuang' anaknya yang buruk rupa itu. but heyy.. once a swan, always a swan.. sebenernya dipikir2 sih ini bukan cerita tentang transformasi juga ya.. karena toh si anak itik itu sejak semula ya memang seekor angsa, hanya saja dia lahir di kalangan itik. kalau sejak dilahirkan ia merasa sebagai seekor itik, toh itu ngga mengubah kenyataan bahwa jati dirinya yang sesungguhnya ya seekor angsa.. ahahahaha.. blebeps dhe aww, jadi pusing muter2 XD mari kita biarkan si itik buruk rupa itu menikmati keanggunan masa dewasanya sebagai seekor angsa yang dikagumi.


5. prajurit kecil berkaki satu

ngga ngerti kenapa cerita yang satu ini kok populer dipakai sebagai pertunjukan balet ya? apa karena ceritanya yang dramatis? membaca kisah yang satu ini sebenernya bagus juga sih mengingatkan bahwa when things are meant to be, it's meant to be.. bingung khan, hahaha.. yoii, gua juga bingung, hahaha.. intinya sih.. ada hal2 tertentu yang mana selama ia memang masih menjadi 'milik' kita maka ia akan ada bersama kita terus dan andai kita sempat kehilangannya sekalipun, one way or another.. ia akan kembali pada kita :)


6. putri bajang

kalau denger kata 'putri bajang' (bajang itu artinya apaan sih?), mungkin orang ngga tahu ini cerita tentang apaan siihh.. tapi coba kalau gua bilang "putri bajang itu sama dengan thumbelina", naahh.. mungkin akan banyak terdengar koor bernada, "oooooooohhh" dengan ooooo yang panjang dan tarikan napas yang dalam, ahahahaha :p anywayy.. ngga perlu lah menceritakan tentang si putri jempol ini ya karena rasa2nya banyak juga yang udah pada tahu khan? :D


7. pakaian baru kaisar

apa jadinya ketika dua penipu ulung membuatkan kaisar baju baru yang sejak awal sudah diwanti2 bahwa orang bodoh atau yang tidak sesuai dengan jabatannya tidak akan bisa melihat pakaian barunya kaisar ini. huaa.. kata2 ini jelas membuat mereka yang disuruh melihat proses pembuatan pakaian tersebut jadi berpikir keras karena sebetulnya mereka memang tidak bisa melihat pakaian baru kaisar itu. tidaklah mengherankan karena kedua penipu ini memang tidak membuat apapun, mereka hanya berpura2 menenun sutera paling halus dan benang emas murni. satu per satu orang suruhan kaisar menggambarkan betapa bagusnya baju baru sang kaisar, hanya karena mereka tidak ingin dianggap bodoh atau dicopot dari jabatan karena dianggap tidak sesuai. kaisar pun senang dan tidak sabar menanti pakaian barunya itu selesai. ia sudah membayangkan akan semeriah apa sambutan yang diberikan oleh rakyatnya akan pakaiannya yang luar biasa indah. akhirnya hari yang dinantikan pun tiba. kedua penipu itu pura2 memakaikan sang kaisar pakaian barunya. raja pun diarak keliling negeri. para rakyat yang telah berkumpul menyambutnya sudah mendengar selentingan mengenai mereka yang tidak dapat melihat keindahan pakaian tersebut adalah orang2 bodoh, karenanya mereka bersorak mengelu2kan sang kaisar yang tampak sumringah, merasa dirinya keren abis dalam balutan pakaian terindah yang pernah ada. sampai celetukan seorang anak kecil, "tapi kaisar telanjang!", membuyarkan semuanya. 


dari tujuh cerita yang ada dalam buku dongeng ini, coba tebak cerita fave gua yang mana? yupp.. it's the last one, pakaian baru kaisar. mungkin saja ketika membaca cerita itu, kita merasa gemes ama kebodohan sang kaisar dan turut menertawakan membayangkan kaisar yang 'agung' itu malah berkeliling dengan bertelanjang tanpa ditutupi sehelai benang pun! astagaa.. kebayang ngga sih seperti apa tuh mukanya si kaisar ketika mendengar celetukan anak itu yang membukakan ngga hanya matanya tapi juga memberikan 'keberanian' pada orang2 di sekitarnya untuk mengatakan yang sebenarnya. kepiting rebus juga kalah kali merahnya sama wajahnya si kaisar, haha..

tapii.. setelah tawa itu berlalu.. mau ngga mau gua jadi mikiiirr.. jangan2 ya selama ini tuh kita juga udah berperilaku seperti si kaisar dan orang2 di sekelilingnya yang dengan sedemikian mudahnya dibohongi dan mau2nya hidup dalam kepompong 'ilusi', hmm..

all in all.. i love dongengnya andersen ini.. salah satu postcrosser yang mengirimkan kartu pos ke gua pernah bilang gini, "i guess we need more fairytales now that we're older", mungkin ada benarnya juga.. karena dongeng2 semacam ini bisa membuat kita 'berkaca' dan menyadari apa yang selama ini berada dalam jalur yang menyimpang :))

pengen sih ngasih 5 bintang, tapi 4 bintang aja rasanya udah cukup mewakili isi buku dongeng ini :D

rabu 12/3 (9:53 am)

1 comment:

  1. Dulu pas kecil sering banget baca dongeng. Makin gede malah ga pernah. Jadi lupa semua >_< Tapi ingat sama cerita yang terakhir, kak. Itu kaisarnya kok bisa banget ya ditipu gitu wkwkwk

    ReplyDelete

~.thank you for coming.~