Sunday, March 2, 2014

sapta siaga : mencari jejak

secret seven on the trail
sapta siaga : mencari jejak
enid blyton
gramedia, cetakan ketujuh : mei 2012
152 halaman


minggu 2/3 (5:15 pm)

mari kita absen terlebih dahulu siapa sajakah anggota sapta siaga. dimulai dari peter sang ketua sapta siaga yang punya adik bernama janet yang satu sekolah dengan dua anggota perempuan sapta siaga lainnya bernama pam dan barbara. tiga anggota lainnya adalah colin, jack dan george. di samping mereka bertujuh, ada anggota tidak resmi kedelapan, yaitu skippy, anjing kepunyaan peter dan janet.

jack punya adik perempuan bernama susie yang sejak lama ingin sekali bergabung dengan sapta siaga dan turut serta dalam keasyikan memecahkan berbagai misteri yang ada. tapi peter menolak usulan tersebut, karenanya susie yang bandel dan banyak akal ini suatu hari memutuskan membentuk klub sendiri yang diberi nama panca petualang.

yang membuat sapta siaga sebal, panca petualang ternyata mengetahui rahasia tentang pertemuan para penjahat di lumbung tigger! astagaa.. bagaimana mungkin anak perempuan yang baru mendirikan klub saingan ini malah terlebih dulu mengendus hal mencurigakan yang pastinya mengasyikkan sekaligus mendebarkan untuk ditelusuri lebih lanjut. apa kira2 yang direncanakan oleh para penjahat tersebut? sapta siaga tentu saja tidak boleh ketinggalan, gengsi donks aww kalau sampai mereka dikalahkan oleh panca petualangan! mau ditaruh di mana muka mereka, padahal selama ini sapta siaga selalu berjaya membantu pihak kepolisian memecahkan berbagai keanehan dan kejanggalan yang terjadi di wilayah mereka. 

tidak.. tidak! ini sama sekali tidak boleh terjadi! sapta siaga harus mendahului mengintip serta memasang telinga baik2 agar dapat menangkap jelas apa yang sedang direncanakan para penjahat tersebut di lumbung tigger.

yang tidak disadari oleh peter dan kawan2, susie ingin mempermainkan sapta siaga.dan memancing mereka untuk datang ke lumbung tigger padahal tidak ada apa2 di sana, haahh! biar tau rasa sapta siaga! siapa suruh mereka tidak mau menerima dirinya masuk menjadi anggota, dan siapa suruh kakak lelakinya itu menguping pembicaraan dirinya dengan teman2nya dari panca petualang! 

tapi mujur bagi sapta siaga, keisengan susie ternyata berbuntut panjang. memang ada penjahat yang bersembunyi di lumbung tigger dan sedang merencanakan sebuah perampokan, astagaa.. apa kata susie nanti saat dia tahu bahwa kebohongannya justru membawa sapta siaga masuk ke dalam sebuah misteri!

petunjuk yang berhasil mereka dapatkan adalah simpangan, enam lewat dua, tujuh lewat sepuluh, kabut, kegelapan, dalling, hammond. serta nama zeb, larry, dan bonzo bandel, haduhh.. bagaimana cara mengaitkan semuanya itu?

nah, terlibat dalam misteri apakah sapta siaga kali ini, dan bagaimana cara sapta siaga memecahkannya? baca aja petualangan mereka di buku tipis ini, lumayan menyenangkan kok :))

salah satu hal yang gua kagum dari enid blyton itu adalah idenya yang adaaa adaaa aja! di samping ide, enid itu pandai mengeksekusi ide, uhuyy.. karena ide yang cemerlang sekalipun, kalau eksekusinya berantakan maka ceritanya kurang bisa dinikmati.

satu prinsip yang harus sering diingatkan ke diri sendiri ketika membaca cerita adalahh.. jangan terlalu menganalisa segala sesuatu, haha, karena itu akan mengurangi kenikmatan membaca. 

kadang ya kalau baca sapta siaga (dan cerita2 lainnya juga sih :p), berasa terlalu banyak 'kebetulan', terlalu 'gampang' mengalahkan penjahatnya.. but then again perlu diingat target utama dari buku yang dibaca itu untuk anak usia berapa tahun.. dan coba tempatkan diri pada posisi anak usia yang ditargetkan, dari sudut pandang mereka mungkin terasa 'wah' bangets dhe apa yang dialami sapta siaga itu, iya ga sih?

but anywayy.. rasanya akan butuh waktu lamaa sekali buat gua sebelum kembali mengulang membaca serial ini :D but heyy.. no worries, masih banyak kok buku enid lainnya yang bisa dibaca ulang :))

minggu 2/3 (5:34 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~