Friday, November 1, 2013

pasukan mau tahu : misteri kamar tersembunyi

 the mystery of the secret room
pasukan mau tahu : misteri kamar tersembunyi
enid blyton
gramedia, cetakan keenam : mei 2012
288 halaman


jumat 1/11 (12:02 pm)

serial pasukan mau tahu adalah salah satu serial enid blyton yang gua sukai sejak jaman kecil dulu.. entahlah, rasanya menyenangkan mengikuti fatty dan kawan2 menjadi detektif dadakan lalu memecahkan misteri.

dalam buku ke-3 seri pasukan mau tahu ini, kelima anggota lima sekawan ini sedang merayakan liburan natal. fatty yang berulang tahun hanya selang beberapa hari dengan hari natal, telah berpesan kepada keluarga besarnya bahwa khusus untuk hadiah ulangtahun yang biasanya digabungkan dengan hadiah natal karena tanggalnya berdekatan (atau malah sama ya, hmm.. perlu dibaca dengan lebih teliti lain kali kalau inget, haha :p) agar mereka tidak perlu mengirimkan hadiah berupa barang, melainkan berupa uang tunai saja karena fatty berniat membeli perlengkapan menyamar, seperti rambut palsu, kumis palsu, dan lain sebagainya. 

menurut fatty yang selama sekolah banyak membaca buku2 detektif, keahlian menyamar itu diperlukan untuk menjadi detektif yang baik karena dalam penyamaran itu mungkin saja ia akan lebih bisa mengorek keterangan dari berbagai pihak terkait.

pip, daisy, larry dan beth bergairah mendengarnya, terlebih fatty juga mengajarkan trik menulis pesan rahasia dan membuka pintu yang terkunci! huaa.. ini kemampuan dasar yang menguntungkan apabila mereka mengalami kesulitan, bukan berarti mereka mengharapkannya, hanya saja pasukan mau tahu seringkali terlibat misteri, jadi tidak ada salahnya berjaga2.

hasil perburuan fatty ke london untuk membeli perlengkapan menyamar membuat teman2nya terkecoh ketika seorang anak perancis tiba2 saja muncul dan membuat mereka berempat jengkel. keempatnya terkejut ketika fatty membuka penyamaran, astagaa.. penampilannya sungguh berbeda dengan gigi mencuat, alis mata yang ditebalkan, pipi yang diberi alas bedak kemerahan, ditambah rambut palsu serta topi pet. fatty juga yang jaga bermain drama, mampu mengubah suaranya dan berpura2 pincang yang membuat keempat temannya itu yakin si anak perancis ini memang teman satu sekolah fatty.

keisengan lalu muncul, heyy.. mengapa tidak mengirim pesan untuk mr. goon, polisi desa 'kesayangan' mereka, tentu saja pesannya ditulis menggunakan perasan air jeruk agar tulisannya tidak timbul dan harus terlebih dulu disetrika agar tulisannya timbul. haahh, pasti pak goon akan kebingungan menerima pesan berupa kertas kosong githu! maka fatty pun menuliskan pesan berisi kata2 kasar yang mencemooh pak goon dan pesan itu dititipkan pada si anak perancis yang akan menyerahkannya langsung ke pak goon, si ayo pergi.

sialnya, pak goon rupanya juga suka membaca cerita2 detektif dan ia berhasil membaca pesan rahasia pasukan mau tahu. ini kesempatan bagus untuk melaporkan kelakuan anak2 nakal itu ke orangtua mereka dan juga pada inspektur jenks, tentunya mereka akan mendapatkan hukuman karena berani menghina petugas kepolisian. 

pasukan mau tahu sempat ketar ketir juga, karena orangtua mereka lumayan tegas kalau menyangkut hal2 seperti itu. fatty tidak hilang akal, segera ia menulis pesan baru dan si anak perancis kembali beraksi untuk menukar pesan rahasia itu sehingga ketika pak goon menghadap orangtua pip dan bets, isi suratnya hanya berupa sanjung puji terhadap kinerja pak goon.  pasukan mau tahu pun aman dari omelan, fiuuhh..

keisengan berikutnya adalah membuat pak goon berpikir bahwa pasukan mau tahu memang sedang menyelidiki suatu misteri. setelah dua kali kalah cepat dalam memecahkan misteri, tentunya pak goon ngga ingin kecolongan lagi donkss.. kali ini pip yang menyamar dan harus lari2 hingga keluar desa untuk menghindari kejaran pak goon. pip memanjat pohon di sebuah rumah kosong bernama milton house dan berharap agar pak goon tidak sampai menengadah karena dapat dipastikan ia akan ketahuan. untung saja pak goon tidak melakukannya dan dengan jengkel ia pulang dengan tangan hampa.

selama berada di atas pohon, ada hal aneh yang menarik perhatian pip. milton house sudah lama tidak dihuni, namun anehnya sebuah kamar di lantai dua itu penuh dengan perabotan. siapa ya yang tinggal di sana? jangan2 memang ada misteri yang menyelimuti rumah itu, wahh, asyik sekali jika benar demikian karena pasukan mau tahu akan bisa kembali beraksi. pip melaporkan apa yang dialaminya hari itu pada teman2nya. 

mereka kemudian datang ke milton house untuk melihat kamar yang dimaksudkan pip. hmm, memang benar ada yang aneh. bagaimana mungkin rumah kosong yang tidak pernah lagi dihuni ini kok ada satu kamar yang sepertinya sengaja dipersiapkan untuk ditinggali? mereka pun menyelidiki ke agen perumahan dan berhasil mendapatkan pembeli sebelumnya. 

keberuntungan menaungi pasukan mau tahu, karena dari miss crump, mereka mengetahui bahwa rumah itu sudah dibeli lagi dengan orang lain yang bercerita bahwa itu rumah masa kecilnya dulu, karenanya demi menghidupkan kembali nostalgia masa2 indah dalam hidupnya, ia membeli rumah itu dari miss crump dengan harga mahal. larry sempat mengintip alamat dan nomor telpon john henry smith, yang ketika dihubungi nomor telponnya, setelah berbincang2 sejenak, telpon itu langsung ditutup tanpa jawaban memuaskan.

fatty dan kawan2 yakin sekali orang yang mereka telpon itu tentunya akan bergegas datang ke milton house untuk mengecek rumahnya itu. fatty menawarkan diri untuk menginap di pondokan kecil di milton house, agar ia bisa mencari tahu dan menyibak misteri di rumah itu. ia juga berpesan kepada teman2nya langkah2 apa yang harus mereka ambil apabila ia tidak kembali keesokan harinya.

fatty yang menyamar berhasil masuk ke dalam rumah melalui lubang batu bara yang terhubung ke dapur. ia juga menyelidiki setiap penjuru rumah dan menemukan kamar yang mereka lihat dari pohon. hmm.. nyaman sekali di dalamnya, ada perapian segala! fatty duduk2 dan tanpa terasa ketiduran dan tidak terbangun ketika ada suara mobil memasuki halaman, ia juga tidak terbangun ketika ada yang membuka pintu kamar tempatnya tertidur. haduh, fatty, kenapa juga di sarang penjahat kok bisa2nya ketiduran?!

para penjahat itu kemudian menawan fatty dan berusaha mengorek keterangan mengenai siapa lagi yang tahu mengenai keberadaannya di tempat itu. mereka kemudian menyuruh fatty menulis pesan untuk menjebak teman2nya agar datang ke rumah tersebut hingga para penjahat bisa meringkusnya sekalian bersama fatty. namun fatty tidak kehilangan akal, ia menuliskan pesan yang dimau oleh penjahat itu tapi di antara pesan2 tersebut, ia menuliskan pesan rahasia yang berisi keterangan tentang kondisi sesungguhnya. kini fatty hanya bisa berharap teman2nya itu menyadari pesan rahasianya dan bisa melapor pada inspektur jenks agar bertindak.

pip yang menerima pesan yang dilemparkan ke luar jendela. ia segera membawa pesan itu ke teman2nya, wahh.. betapa gembiranya mereka membaca fatty menemukan sesuatu yang menarik di milton house. hanya beth yang menyadari aroma harum jeruk di pesan yang mereka baca itu. lalu mereka teringat akan trik yang diajari fatty dan rasanya mau lemas ketika tahu fatty ditangkap para penjahat! mereka bergegas menghubungi inspektur jenks yang sayangnya sedang pergi dan baru kembali sejam kemudian. tidak ada yang bisa mereka lakukan selain menunggu.

sementara itu, pak goon salah mengartikan pesan yang sengaja ditinggalkan pasukan mau tahu untuk menuntun pak goon ke arah yang berbeda agar mereka bebas menyelidiki milton house. pak goon justru mengira milton house itu menjadi tempat penyimpanan permata yang dicuri oleh kawanan pencuri permata beberapa waktu lalu. ahaaii, saatnya mendahului bocah2 nakal itu dan menangkap pencurinya! 

fatty yang telah dipindahkan ke ruangan lain yang memiliki celah cukup lebar di bagian bawah pintu hingga ia bisa mempraktekkan teknik keluar dari ruangan yang terkunci, memutuskan untuk keluar dari tempat yang sama dari kedatangannya, yaitu melalui lubang batu bara. rupanya pak goon berpikiran serupa, ia masuk melalui lubang itu, dan dalam kegelapan fatty tidak mengenalinya dan mengira pak goon bagian dari komplotan penjahat yang mengurungnya. segera saja fatty menerjangnya dan buru2 memanjat keluar lubang lalu menutup lubang tersebut agar siapapun yang di bawah sana tidak akan bisa keluar dan mengejarnya.

berhasilkah teman2 fatty membaca pesan rahasianya? apakah kawanan penjahat berhasil melarikan diri, dan siapakah mereka? bagaimana nasib pak goon?

bagian itu sih gua serahkan untuk kalian baca sendiri ya, hahahaha :))

anywayy.. gua membaca "misteri kamar tersembunyi" ini di hari yang sama setelah gua menyelesaikan membaca bukunya agatha christie. i had to admit, awalnya gua sempet dilanda rasa takut (ga beralasan) untuk kembali membaca karya2nya enid sehabis membaca agatha christie, kenapa?

well.. bagaimana kalau setelah membaca agatha, gua ngga lagi bisa menikmati buku2nya enid? hahahaha.. seperti yang gua bilang di atas, ini ketakutan yang sama sekali ngga beralasan ya :p

but i'm glad.. selesai membaca pasukan mau tahu ini, dengan yakin gua bisa mengatakan bahwa i still lovee enid blyton and her stories! baik agatha maupun enid mampu menyajikan cerita2 yang sama menariknya dengan citarasa yang berbeda yang kedua2nya ya ngga ada salahnya untuk dinikmati bersama2 tanpa perlu memperbandingkan head to head, hahahahaha :))

4 bintang untuk "pasukan mau tahu : misteri kamar tersembunyi".

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~