Thursday, November 28, 2013

agatha christie : misteri karibia

 a caribbean mystery
misteri karibia
agatha christie
gramedia, cetakan kelima : februari 2013


senin 25/11 (7:13 pm)

perkenalan perdana gua dengan miss marple dimulai dari buku berjudul "a caribbean mystery" yang diterjemahkan menjadi "misteri karibia" ini.

kamis 28/11 (3:19 pm)

liburan yang seharusnya berlangsung dengan tenang, 'dinodai' dengan meninggalnya mayor palgrave, pensiunan serdadu yang senang sekali menceritakan pengalamannya di masa muda dulu, mulai dari berhasil menaklukkan hewan2 eksotis hingga suatu cerita misterius tentang pembunuh istri yang kebetulan ia punya fotonya dan kala berniat akan menunjukkannya pada miss marple, karena satu dan lain hal, sang mayor urung melakukannya dan keesokan harinya ia ditemukan meninggal.

dokter yang dipanggil untuk memeriksa meyakini bahwa mayor meninggal secara wajar, dikarenakan penyakit darah tingginya, rupanya ia lupa mengkonsumsi obat pengatur tekanan darahnya itu sementara malam sebelumnya sang mayor banyak menenggak minuman beralkohol.

baik pihak hotel maupun pihak kepolisian akan menerima saja keterangan dokter, andai miss marple tidak merasa ada sesuatu yang janggal. mayor palgrave senang sekali bercerita sampai pada titik di mana orang yang diajak bicara tidak terlalu memperhatikan apa yang diceritakannya. karenanya miss marple mengumpulkan serpihan2 cerita sang mayor dari tamu2 hotel lainnya, ia yakin sekali kematian mayor ada hubungannya dengan foto sang pembunuh yang disimpan di dompetnya, terlebih ketika miss marple meminta tolong pada dokter graham yang juga menginap di hotel, dokter tidak bisa menemukan foto yang dimaksudkan miss marple yang diyakininya sebagai wajah sang pembunuh istri.

hmm.. ada yang mencurigakan. dan kematian sang mayor bukan satu2nya yang terjadi di hotel itu selama miss marple menginap. selang beberapa hari berikutnya, ada lagi perempuan muda yang meninggal, ia adalah pelayan di hotel tersebut yang mengungkapkan bahwa ia tahu pasti mayor palgrave tidak mengidap penyakit tekanan darah tinggi dan botol obat yang ditemukan di kamarnya itu pasti baru diletakkan oleh pelakunya.

siapakah kira2 pelaku pembunuhan tersebut? apakah ia orang yang sama dengan sang pembunuh istri? sedikit demi sedikit terungkap skandal di antara para tamu lainnya. ada istri yang diduga membunuh istri pertama dari suami yang kini dinikahinya, dengan bantuan suami orang lain yang juga sama2 menginap di hotel tersebut. huaahh, hubungan kusut bangets yaa.. belum lagi istri pemilik hotel itu suka linglung, ada masa2 di mana dia ngga bisa mengingat apa yang dia lakukan pada waktu2 tertentu, dan pelayan yang meninggal itu ditemukan olehnya dan tangannya berlumuran darah dari pelayan itu yang membuat kecurigaan tertuju padanya namun dokter masih belum membolehkan perempuan ini ditanya macam2 dikarenakan kondisi kejiwaannya yang sedang tergoncang. miss marple juga mencurigai pelayan pria seorang pria tua kaya yang dipergokinya sedang di kamar mandi istri pemilik hotel sambil memeriksa kosmetik perempuan tersebut.

dua pembunuhan sebelumnya belum juga terpecahkan ehh ada pembunuhan yang ketiga! huaaa.. berhasilkah miss marple memecahkan misteri ini sebelum jatuh korban berikutnya? apakah miss marple berhasil menunjukkan tangannya ke orang yang tepat? benarkah ketiga korban dibunuh oleh orang yang sama?

ngga ada cara lain.. harus baca sendiri untuk bisa tau siapa pembunuhnya, huahahahahahaha :p

well.. mungkin karena buku perdana agatha christie yang gua baca itu, pembunuhan atas roger ackryord, adalah salah satu buku terbaiknya agatha, jadi pas baca "misteri karibia" ini berasa rada.. jomplang, hahahaha.. tapi tetap otree lah, and tetap bikin gua pengen baca buku2 agatha lainnya supaya bisa lebih mengenal sosok para detektif rekaannya ;)

3 bintang.

kamis 28/11 (4:16 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~