Friday, November 8, 2013

sarah, plain and tall

 sarah, plain and tall
patricia maclachlan
harper trophy, 2004
66 halaman


kamis 7/11 (8:12 pm)

jumat 8/11 (7:31 pm)

ahh.. bagaimana aku menceritakan tentang sarah elisabeth wheaton? bercerita mengenai sarah, tentunya aku harus memulainya dari kakak beradik anna dan caleb.

kalau ada pertanyaan yang suka ditanyakan caleb pada kakaknya, salah satunya adalah, "apakah papa suka menyanyi?", setelah anna menjawab maka caleb akan mengajukan pertanyaan berikutnya, "setiap hari?" dan biasanya pertanyaan akan berujung mengenai mama mereka yang sudah meninggal keesokan hari setelah melahirkan caleb.

anna beruntung karena ia sempat mengenal sosok ibu yang suka bernyanyi. rumah pertanian mereka selalu dipenuhi nyanyian yang dikumandangkan baik oleh ayah maupun ibunya. tapi caleb tidak pernah merasakan semuanya itu karena sang ayah berhenti bernyanyi setelah kematian istri tercintanya.

tahun demi tahun berlalu. suatu hari, papa menyampaikan berita bahwa ia memasang iklan mencari istri di surat kabar, seperti yang dilakukan oleh tetangga mereka yang kini telah menikah lagi. ada satu wanita yang menjawab iklan yang dipasang papa, namanya sarah elisabeth wheaton. anna dan caleb turut berkirim surat untuk sarah. suatu hari datang balasan darinya yang mengatakan ia ingin datang untuk berkunjung dan menginap selama satu bulan di tempat kediaman mereka. dan ya, ia juga menyanyi.

sarah menghabiskan seumur hidupnya di daerah pinggiran pantai, ia hidup berdua dengan kakak lelakinya. tapi karena kakak semata wayangnya itu menikah maka mau tidak mau ia harus angkat kaki. di rumah pertanian yang mungkin saja akan menjadi kediaman permanennya selanjutnya, seringkali sarah merindukan suasana di tempat tinggalnya dulu. bagaimanapun, tinggal di daerah pertanian tentunya berbeda dengan tinggal di daerah pantai. udaranya pun akan terasa berbeda.

suatu hari, sarah minta diajarkan untuk mengendalikan kereta kuda. awalnya papa tidak mengijinkan tapi sarah memaksa dan setelah lumayan mahir mengendalikan kuda beserta keretanya, sarah minta ijin untuk pergi ke kota seorang diri. caleb takut sarah berniat melarikan diri dan tidak akan kembali lagi, padahal ia dan anna sudah sangat menyukai calon ibu baru mereka.

apakah sarah kembali untuk tinggal selamanya dan menjadi istri papa? ataukah kerinduannya yang mendalam akan tanah kelahirannya membuatnya pergi tanpa pamit? well.. di buku setebal 66 halaman ini kalian akan mengetahui jawabannya :))

asli dhe, babee.. andai gua ngga dapat voucher dari opentrolley, gua akan mikir mikiiiiiir ulang buat beli nih buku yang tipiiiisss bener! biarpun tipis, harganya cukup menguras kantong karena dibandrol di kisaran 6 dolar, bayangkan dengan harga dolar yang masih di awang2, kurs-in sendiri dhe kalau dalam rupiah jadi berapaan, ahahahaha..

and menariknya dari buku yang satu ini adalahh.. walau tipis dan minim penjelasan mendetail tentang bagaimana rupa anna, caleb, sarah dan papa ataupun tempat tinggal mereka, but every now and then elo akan mendapati diri elo tersenyum simpul ketika kedua anak ini 'menguntit' sarah dan tersenyum satu sama lain ketika mereka mendapati 'sinyal2' bahwa sarah akan tinggal lama bersama dengan mereka.

buku boleh tipis dan deskripsi boleh minim, tapi membaca kisah ini bisa memberikan semacam kehangatan bagi yang membacanya. dan buku ini membuat gua menyadari.. bahwa sepertinya memang jenis2 buku seperti ini yang lebih cocok untuk gua, hahaha.. karena gua ngga butuh fantasi tingkat tinggi yang membuat lidah berdecak kagum membayangkan 'negeri' yang 'dibangun' oleh pengarangnya, tapi gua lebih suka kisah yang 'menapak' di bumi dan meninggalkan jejak di hati ;)

5 bintang untuk "sarah, plain and tall" :D

*and, psstt.. sekarang gua kinda like this cover walau awalnya sempet bete karena beda dari cover pilihan gua, ahahahahaha :p*

jumat 8/11 (7:47 pm)

6 comments:

  1. ini bukan sih buku yg waktu itu di list WW elo, ndah? tapi kayaknya covernya ngga colorful deh waktu itu #apasalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. inget ajaa.. iya, ini yang pernah masuk wishlist gua and emang covernya beda dari yang gua mau tapi lama2 diliat, nih cover cakeps juga kok, haha :))

      Delete
  2. Ihhhhh suka iri deh ma Inggrisnya jago >.< Aku harus sabar dulu sampai ada yang terjemahin >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. psstt.. Dweedyy.. gua juga kalau baca mah suka banyak ngga ngerti-nya, huahahahaha :)) makanya pilih buku anak2 ajaa, english-nya lebih simpel and ngga terlalu njelimet :D

      Delete
  3. Buku ini udah ada terjemahan versi GPUnya, Ndah. Udah lamaaaa banget.
    Emang tipis banget bukunya ya? Gw pikir yg GPU itu abridged. Tapi iya...gw juga suka banget buku ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. gua malah ngga tau ada versi terjemahannya, Wii :D

      Delete

~.thank you for coming.~