Friday, November 15, 2013

lima sekawan : rawa rahasia

 five go to mystery moor
lima sekawan : rawa rahasia
enid blyton
gramedia, cetakan kelima belas : agustus 2010
243 halaman


selasa 12/11 (2:28 pm)

satu lagi kisah petualangan lima sekawan yang menarik untuk dibaca :D gua rasa salah satu alasan kenapa gua menyukai buku ini adalah karena awal mula kisah itu ngga dimulai dengan liburan di pulau kirrin, ahahahaha :p

kali ini kisah dibuka di sebuah tempat belajar menunggang kuda, tempat anne dan george menghabiskan liburan mereka sementara dick dan julian berkemah dengan teman2 sekolahnya. liburan anne dan george ternyata harus diperpanjang tapi kali ini ditemani julian dan dick. di sekolah berkuda ini, ada seorang anak perempuan lain yang mirip sekali sama george, sama2 lebih senang berpenampilan ala laki2, dan juga suka sebal bila dipanggil dengan nama lahir mereka. namun herannya, george justru sebal dengan anak perempuan bernama asli henrietta tapi lebih senang dipanggil henry. untuk membuat pihak lainnya kesal, george sengaja memanggil henrietta ketika berbicara dengan henry dan henry membalas dengan memanggil georgina pada george.

jumat 15/11 (8:49 am)

suatu hari tempat berkuda ini kedatangan seorang anak yang membawa kudanya yang terluka untuk dirawat. anak ini adalah bagian dari rombongan kaum kelana, ia dipanggil si ingus karena yah sesuai dengan namanya, hidunya itu selalu 'beler', dan yang bikin terlihat jorok itu, dia mengelap ingusnya hanya dengan pinggiran bajunya, yaikss.. george tidak tahan melihatnya dan memberi si ingus saputangan bersih agar setiap kali ia akan membuang ingusnya, ia bisa menggunakan saputangan itu. namun si ingus tetaplah si ingus, bukannya memakai saputangan pemberian george, ia malah menyimpannya dengan sayang si saku celananya dan tetap melakukan cara lama.

ada suatu kebiasaan aneh sehubungan dengan kaum kelana. setiap tiga bulan sekali, mereka suka masuk dan berkemah di rawa berkabut yang telah berganti nama menjadi rawa rahasia. pergantian nama itu bukan tanpa alasan karena dulu sempat ada kejadian tujuh atau delapan kakak beradik yang kesemuanya laki2, bertengkar dengan kaum kelana. suatu hari mereka masuk ke rawa tersebut dan kabut tebal turun lalu tidak pernah kembali lagi. kaum kelana menjadi pihak yang tertuduh telah melenyapkan kakak beradik tersebut karena ada yang sempat melihat mereka turut masuk ke arah rawa ketika kabut mulai turun tapi karena tidak adanya bukti maka kaum kelana pun tidak diganjar hukuman.

jiwa petualang keempat anak ini terusik mendengar tentang rawa rahasia. tapi george yang ngambek karena sepupu2nya mengajak henry ikut serta, terpaksa melewatkan ekspedisi pertama menyusuri rawa rahasia di mana mereka menemukan rel kereta api yang tidak lagi terpakai. hmm.. di tempat tandus seperti ini, apa yang dilakukan kaum kelana yang bermalam selama beberapa hari secara berkala? apa yang menarik dari tempat ini? keempat sekawan ditemani timmy memutuskan mencari tahu dan berkemah dalam jarak yang cukup aman dari tempat kaum kelana mendirikan tenda mereka.

dan memang benar, ada hal2 aneh. semisal, untuk apa ada lampu sorot, belum lagi mereka mendengar suara pesawat (atau helikopter ya?) yang terbang rendah di dekat tempat mereka berkemah. lalu banyak paket2 yang dijatuhkan dari pesawat tersebut, hampir saja paket2 tersebut mencelakai anak2 yang segera berlindung agar tidak tertimpa. mengikuti naluri, mereka membongkar salah satu paket dan ternganga melihat banyak sekali uang dolar amerika di dalamnya. mengapa uang2 tersebut dijatuhkan dari pesawat? bukankah legal membawa masuk uang dolar ke wilayah inggris?

walau tidak menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut, keempat anak ini bergegas mengumpulkan paket2 yang ada lalu disepakati untuk menyembunyikannya di gerbong kereta yang setengah tertimbun pasir. julian memutuskan hanya ia dan dick yang akan memboyong uang2 tersebut ke tempat persembunyian sementara anne dan george harus menunggu di tempat sampai keduanya kembali. tapi kabut lagi2 turun saat tidak diharapkan hingga setelah berhasil menyembunyikan uang2 tersebut, julian dan dick tidak bisa menemukan kembali jalan menuju sepupu dan adik perempuan mereka.

sementara itu anne dan george justru tertangkap oleh kaum kelana! mereka gusar karena paket yang mereka nanti tidak ditemukan, yang ada malah dua anak perempuan. ayah si ingus pun memukul kepala timmy yang membuat george marah sekali tapi tidak ada yang bisa dilakukannya. kepala kaum kelana kemudian memutuskan mereka harus 'memancing' dick dan julian agar datang menyelamatkan saudari mereka. tiba2 george mendapat akal. ia menuliskan pesan berkode dan meyakinkan bahwa hanya timmy yang bisa membawa pesan ke 'saudara'-nya padahal george menyuruh timmy agar kembali ke sekolah berkuda dan menyerahkan suratnya itu pada henry agar henry bisa meminta bantuan dan membebaskan mereka.

hmm.. berhasilkah timmy melakukan tugasnya? bagaimana dengan luka di kepalanya? lalu bagaimana dengan dick dan julian? apakah henry mengerti maksud surat george? dan dolar2 amerika tersebut, apa hubungannya kaum kelana dengan uang misterius itu?

as alwayss.. selamat membaca sendiri untuk mengetahui kisah lengkapnya :))

4 bintang untuk "lima sekawan : rawa rahasia" :D

jumat 15/11 (9:25 am)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~