Tuesday, November 19, 2013

petualangan di kapal pesiar

 the ship of adventure
petualangan di kapal pesiar
enid blyton
gramedia, cetakan kedua : september 2011
312 halaman


selasa 19/11 (8:32 pm)

entah mengapa setiap kali philip, jack, dinah dan lucy-ann berkumpul, ditemani kiki sang kakatua tentunya, pasti ada-adaaa aja petualangan yang mereka alami!  (well, gua sih tau donks alasannya, itu khan ngga lain dan ngga bukan karena enid memang men-setting-nya demikian :p) naahh.. untuk mencegah anak2 itu kembali terlibat dalam petualangan, maka bu mannering, ibundanya philip dan dinah memutuskan untuk mengajak keempat anak tersebut berlibur di kapal pesiar dan bu mannering sendiri yang akan menemani mereka! ya yaa.. karena jika bill yang menemani anak2 maka sama saja bohong, bill juga punya andil dalam petualangan anak2!

hari2 di atas kapal pesiar berlangsung dengan damai, sesuai keinginan bu mannering, sampai suatu hari saat kapal sedang berlabuh, lucy-ann meminta bantuan lucian, anak yunani yang ikut berlayar bersama paman dan bibinya, untuk membantunya mencari hiasan kapal dalam botol sebagai hadiah ulangtahun philip. berkat bantuan lucian, lucy-ann mendapat kapal yang bagus sekali, mana lucian bisa menawar hingga lucy-ann hanya perlu membayar setengah harga saja dari jumlah uang yang dimilikinya, yihaa!

philip senang sekali dengan hadiah ulang tahunnya, ia sudah lama mengidam2kan memiliki kapal dalam botol. suatu hari, monyet barunya uber2an dengan kiki hingga menyenggol botol berisi kapal tersebut hingga pecah. tapi hal itu ternyata ada untungnya karena selain anak2 bisa melihat kapal itu dengan lebih jelas, mereka juga mendapati bahwa ada tombol rahasia yang bisa ditekan dan di dalamnya mereka menemukan sebuah peta kuno, hmm.. apakah ini peta harta karun? karena nama yang tertera di kapal milik philip itu sama dengan nama putri yang pernah diceritakan oleh lucian. sayangnya tidak ada satupun di antara keempat anak tersebut yang mengerti aksara yunani. tak hilang akal, mereka membagi peta tersebut menjadi 4 lalu membawa salah satunya untuk ditanyakan pada pak eppy, paman lucian, yang ternyata menaruh perhatian lebih pada potongan peta itu dan dengan seenaknya mengambilnya dari tangan jack!

anak2 kesal namun mereka tidak bisa berbuat apapun tanpa menimbulkan kecurigaan bu mannering. ketika mereka menanyakan potongan peta kedua pada wanita yunani penjaga toko. tapi lagi2 pak eppy muncul dan sempat melihat potongan kedua dari peta harta karun itu, dan setengah peta itu cukup untuk membuat pak eppy terburu2 turun dengan alasan ada hal penting yang harus dilakukannya.

anak2 makin kesal karena mereka bisa mengira2 ke mana sebenarnya pak eppy pergi. huh, sungguh sial sekali, mereka yang berhasil menemukan peta harta karun yang tersembunyi puluhan hingga ratusan tahun lamanya tapi tidak ada yang bisa mereka lakukan untuk menyelidiki apakah peta itu asli dan harta karun itu benar2 ada. di tengah rasa putus asa yang melanda, tiba2 datang berita duka mengenai bibi polly yang sedang sakit hingga bu mannering harus menjaganya. dengan terpaksa bu mannering menyetujui usulan bill untuk menggantikan posisinya menemani anak2 sepanjang sisa liburan mereka di kapal pesiar.

bill datang?! waahh.. semangat anak2 mulai kembali lagi. ini bill, dia pasti bisa memikirkan sesuatu dan menindaklanjuti kepemilikan peta mereka. dan bill memang tertarik, ia bahkan membawa peta tersebut kepada ahli yang bisa menguraikan artinya dengan tepat, tak hanya itu, bill juga meminta ahli tersebut untuk menyalin peta tersebut dan memberi keterangan dalam bahasa inggris untuk memudahkan mereka memahami petunjuk yang ada di peta tersebut.

dan kabar yang bill dapatkan dari ahli itu sungguh menggembirakan, peta itu asli, dan 'keberuntungan' masih menaungi mereka karena kapal pesiar mereka mengalami masalah hingga selama beberapa hari terpaksa harus berlabuh dan tidak bisa melanjutkan pelayaran sampai dengan mesin kapalnya berhasil diperbaiki. kesempatan ini diambil bill dan anak2 untuk bertandang ke pulau yang tertera dalam peta tersebut. tapi pulau yang mereka tuju ternyata merupakan pulau mati yang tidak ada tanda2 kehidupan. benarkah di pulau ini tersimpan harta karun andra? kepalang tanggung sudah sampai di pulau thamis, mereka pun mulai menjelajah dan secara tidak sengaja justru menemukan jalan masuk ke dalam kuil!

dalam pencarian letak makam tempat harta diperkirakan berada, jack terpisah dari rombongan karena ia kembali ke reruntuhan untuk mengejar kiki yang bosan mengitari lorong yang gelap. tak disangka jack justru bertemu tamu tak terduga, lucian beserta pak eppy yang membawa tiga anak buahnya yang langsung meringkus jack dan berusaha mengorek keterangan darinya. 

sementara itu bill dan ketiga anak lainnya yang sempat tersesat di dalam lorong buta akhirnya menemukan tempat penyimpanan harta karun yang kondisinya masih baik karena tempatnya kering, huaa.. ternyata 'dongeng' yang sempat diceritakan lucian mengenai andra itu bukan isapan jempol semata! tapi, ke mana jack ya? kok dia tidak balik2 bersama kiki? bill memimpin jalan kembali ke atas, bagaimanapun mereka perlu makan.

tapi, tadaa.. keempatnya pun ditangkap anak buah pak eppy yang kemudian mengikat mereka satu per satu dengan erat, walau ikatan untuk para anak perempuan lebih longgar namun tetap saja mereka tidak bisa membebaskan diri. untung saja ada miki, monyetnya philip, yang dengan sabar mengurai simpul tali yang mengikat tangan philip dan akhirnyaa.. tali itu pun melonggar hingga philip bisa membuka ikatan di kakinya dan membebaskan yang lainnya.

hmm.. bagaimana selanjutnya ya? pastinya pak eppy datang ke pulau thamis dengan naik perahu motor dan menurut keterangan lucian, ada 2 orang lainnya yang bertugas menjaga perahu motor mereka. wahh.. andai mereka bisa menyabotase perahu motornya pak eppy, bisakah mereka membawa perahu itu kembali dengan selamat ke tempat viking star, kapal pesiar mereka, berlabuh?

satu hal yang pastii, petualangan ini, seperti petualangan2 sebelumnya, jelas berakhir bahagia donks, hahahaha.. tapi tetap mengasyikkan mengikuti detil2 apa yang dialami mereka and bagian bill menjaga lubang tempat pak eppy mungkin akan menampakkan diri itu bikin ketawa karena mengingatkan akan mainan yang kepala2 pada nongol di tempat berbeda kemudian kita harus memukulnya githu lho buat mendapatkan poin :))

ahh.. enid, terima kasih karena kembali telah menyuguhkan cerita yang menyenangkan untuk dibaca, dan dibaca ulang ^o^ i do wish you were still around so you could write more books for me to enjoy karena sejauh ini belum ada pengarang lain yang bisa menandingi tempat dirimu di hatikuu ;)

4 bintang untuk 'petualangan di kapal pesiar'.

selasa 19/11 (9:23 pm)

1 comment:

~.thank you for coming.~