Monday, December 30, 2013

wrap-up post : finding new author 2013


senin 30/12 (10:50 pm)

gua baru 'ngeh' lhoo, kalau 'finding new author 2013' ini termasuk reading challenge, karena tadinya gua pikir.. hmm.. ngga mikir apa2 juga sih, hahahaha.. hanya saja kalau ini memang rc, well.. ini tentunya rc yang amat sangaaat menyenangkan karena gua sama sekali ngga merasa 'terbebani' pas menjalankannya :)) dan sepanjang tahun 2013 ini, ada 20an buku yang bisa masuk dalam kategori 'new author ini', mereka adalaahh..

1. the espressologist - may 
2. knock three times - june
3. gadis mobil van - june
5. life traveler - june 
10. surat untuk raja - july
12. labirin rasa - september
13. kelas memasak lilian - september
15. skandinavia - october
17. alice miranda at school - november
19. sarah, plain and tall - november
20. the fault in our stars - november
21. the Christmas shoes - december

lumayan jugaa.. ada 21 karya pengarang yang gua baru pertama kali bersentuhan dengan karya tulis mereka :D ada yang bikin gua jadi pengen baca2 karya lainnya, macam agatha christie, tapi ada juga yang bikin gua rada kapok, ahahahaha.. macam itu tuhh.. pudding bag school ma alice-miranda :p

sampai jumpa di tahun 2014 untuk mencari pengarang2 baru lainnya :))

senin 30/12 (11:03 pm)

the Christmas shoes

the Christmas shoes
sepatu Natal
donna vanliere
gradien, cetakan 1 : november 2005
198 halaman


jumat 27/12 (8:49 pm)

apa kriteria sebuah buku yang bagus? apakah buku dengan cap best seller dan diterjemahkan dalam banyak bahasa? ataukah buku yang mendapat penghargaan? atau mungkin yang diadaptasi menjadi film dan meraih sukses komersil?

dari sekian banyak kriteria yang bisa dipaparkan, kalau buat gua pribadi, buku yang bagus adalah buku yang bisa 'menyentuh' pembacanya, yang bisa membangkitkan emosi kala pembaca menelusuri deretan kata yang terjalin menjadi cerita utuh yang tersusun rapi. tapi pastinya yang gua maksud itu bukan emosi yang membuat pembaca ingin melempar tuh buku :p tapi emosi berupa rasa haru yang tanpa sadar membuat pembaca meneteskan airmata membaca pergolakan kisah hidup sang tokoh.

and itulah yang dilakukan buku 'the Christmas shoes' for me ^o^

senin 30/12 (3:36 pm)

salah satu keuntungan dalam membaca buku ini adalah gua sama sekali ngga tau ceritanya dan ngga pengen mencari tahu baik rating maupun pendapat orang lain yang udah baca nih buku melalui postingan mereka di goodreads, so in a way bisa dibilang pas ngebaca gua ngga punya ekspektasi apapun dan bisa membiarkan diri gua terhanyut dan lebih 'objektif' (walau pastinya tetap subjektif lha yauu :p) dalam menilai.

"the Christmas shoes" sendiri menceritakan tentang dua keluarga yang dalam perjalanan hidup mereka hanya bersinggungan dua kali, pertama ketika kedua istri bertemu, dan yang kedua ketika anak lelaki di keluarga a bertemu dengan suami di keluarga b. tapi pertemuam itu tidak berlanjut dan hanya terjadi sekilas saja tapi pertemuan singkat ini membawa keajaiban di malam Natal.

robert, pengacara sukses yang diangkat menjadi rekanan, bertemu dengan nathan, anak berusia 8 tahun yang harus menghadapi kenyataan bahwa hidup ibunya di dunia itu tidak akan lama lagi. keduanya bertemu di sebuah toko serba ada dalam rangka belanja Natal di menit2 terakhir. rumah tangga robert sedang berada di ujung tanduk, istrinya telah mengatakan padanya bahwa ia ingin berpisah, karena baginya percuma saja mereka tinggal di bawah satu atap tapi mereka tidak menjalani hidup bersama2, di mana robert tenggelam dalam pekerjaannya demi melunasi cicilan rumah, mobil dan lainnya

dalam usahanya memperbaiki hubungannya dengan istri, robert bertemu nathan dalam antrian kasir. anak kecil itu memegang sepasang sepatu manik yang dipilihnya dengan seksama sebagai hadiah terakhir untuk ibunya karena ia ingin ibunya tampil cantik saat dipanggil menghadap Tuhan ke surga. tapi sesampainya di kasir, uang nathan tidak cukup untuk membayar sepatu itu, ia telah meminta pada kasir agar membolehkannya membawa pulang sepatu itu dan ia akan membayarkan sisa uangnya keesokan harinya namun usahanya ditolak. nathan kemudian berbalik menghadap robert dan memintanya untuk membayarkan sepatu itu untuknya. awalnya sempat terbersit dalam benak robert, bahwa mungkin saja anak itu berniat menipu dirinya tapi ketika menatap kedua mata nathan dan melihat kesungguhan di sana, entah mengapa robert mempercayainya dan membayarkan sepatu itu untuk nathan yang tersenyum sumringah sambil mengucapkan terima kasih dan berlari pulang. sementara robert tidak jadi membeli belanjaannya karena ia baru menyadari bahwa ia telah memiliki apa yang selama ini diinginkannya di hari Natal, yaitu istri dan kedua anak perempuannya, ia tidak akan sanggup apabila harus kehilangan keluarga yang amat dicintainya. robert pun bergegas pulang dan memohon pada istrinya agar memberinya kesempatan sekali lagi karena ia bertekad akan berubah.

di hari Natal dan sehari setelahnya, baik robert maupun nathan sama2 kehilangan orang yang mereka sayangi. namun hidup terus berjalan dan lima belas tahun setelahnya, keduanya kembali bertemu di pemakaman.

~.*.~

demikian kurang lebih ringkasan cerita tentang "the Christmas shoes", you gotta read it yourself untuk mendapatkan 'feel'-nya karena di balik cerita yang sebenernya biasa2 aja and kalimat2nya juga sederhana, but for me personally, ada banyak sekali pelajaran hidup yang bisa dipetik dan direnungkan di dalamnya.

and gua pikir ada buku2 tertentu yang mungkin berasa 'klik' sejak awal ya, karena sedari gua membaca kata pengantarnya aja, hati gua udah 'bergetar', hahaha.. dan untungnya buku ini memang terbukti tidaklah mengecewakan!

berikut ada beberapa memorable quotes..

doris belajar bahwa bukanlah ukuran atau harga sebuah rumah, melainkan cinta dan perhatian yang memenuhi rumah tersebutlah yang menciptakan anak2 yang baik dan pandai menyesuaikan diri. (halaman 24)

ketika semangat jack kendor karena berharap istrinya dapat berbelanja di toko serba ada seperti perempuan lainnya yang ia kenal, bukannya di toko barang bekas, maggie akan memegang wajah suaminya dengan kedua tangannya dan berkata, "tidak ada masalah sama sekali, jack. tidak satu pun yang berarti. kita sehat. kita bahagia. semua hal lainnya itu hanya tambahan. mungkin suatu hari kita akan memilikinya, tapi saat ini kita tidak membutuhkannya. (halaman 54)

"kalian semakin menjauh? aku benar2 muak mendengar pasangan2 yang sekarat berkata bahwa mereka makin menjauh! aku selalu ingin berkata, 'baiklah, orang bodoh - apa yang sudah kalian lakukan agar terus bersama?"

"kami sudah mencoba segalanya, bu!"

"dan apa yang kaumaksud dengan segalanya? kau pulang ke rumah pukul delapan atau sembilan malam. kau bekerja di akhir pekan. apa yang sebenarnya sudah kaulakukan untuk mempertahankan pernikahanmu?" (halaman 83)

"ia tak perlu harus memintanya karena aku memberikannya sebelum ia minta," aku berkata dengan penuh kemenangan.

"tepat!" ia setuju, "karena semua itu adalah apa yang kau mau ia miliki. memberikan barang2 pada kate jauh mudah daripada memberikan satu menit dari dirimu sendiri. menumpuk barang2 di depannya dan anak2 adalah satu cara yang baik untuk memisahkan mereka darimu. perempuan tidak menginginkan barang2, robert. mereka merindukan perhatianmu. anak2 tidak menginginkan barang2. mereka dapat bermain dengan begitu banyak boneka pada satu waktu. apa yang mereka kehendaki adalah ayah mereka memerhatikan, merangkul, dan tertawa bersama mereka. itulah yang selalu diinginkan semua anak sejak zaman dahulu!" (halaman 85)

"jangan memperlakukan istri dan anak2mu seakan2 mereka tidak istimewa, robert," ia berbisik, matanya berkilauan, "mereka harus menjadi orang2 paling istimewa bagimu di dunia ini." (halaman 94)

"nathan," ia menenangkan diri. "suatu hari ketika kau lebih dewasa kau mungkin ingin menyalahkan Allah karena membuatku sakit, namun ibu tidak ingin kau melakukan itu." (halaman 124)

sebenernya ada banyaaak lagi kata2 yang menurut gua berkesan and bikin netesin airmata, huhuhu.. tapii.. i'm not gonna write all them down di sinii :))

terima kasih buat dewi yang udah menghadiahkan gua buku ini sekian tahun silam dan baru menemukan the perfect timing-nya di bulan desember ini untuk gua baca :D

selamat Natal bagi yang merayakan ^o^

senin 30/12 (4:19 pm)

Thursday, December 19, 2013

kembali ke st. clare

the o' sullivan twins
kembali ke st. clare
enid blyton
gramedia, cetakan kedelapan : juli 2010


kamis 19/12 (8:19 pm)

baiklah.. mari kesampingkan gambar untuk sementara waktu karena kompie lagi ngadat, daripada terus ditunda2, bisa2 ga nulis2 review XD

'kembali ke st. clare' adalah buku kedua seri st. clare, di mana si kembar pat dan isabel kembali lagi ke sekolah berasrama yang dulu demikian mereka benci namun kini dirindu dan dinanti saat2 kembali bergelut dengan pelajaran dan juga teman2 sebaya sela satu semester penuh. kali ini sepupu mereka, alison, juga turut meramaikan kehidupan di st. clare.

alison bukanlah satu2nya murid baru di kelas, masih ada lucy, murid termuda yang pintarnya bukan main dan pandai menggambar, ada juga margery yang walaupun telah cukup berumur tapi malah bergabung dengan pat dan kawan2 di kelas satu. margery jago olahraga hanya saja tampangnya selalu masam, dan ia telah beberapa kali pindah sekolah sebelum berlabuh di st. clare.

semester ini sungguh menyenangkan karena pat, isabel dan janet diundang ke pesta tengah malamnya tessie, anak kelas dua. pestanya bertempat di ruang musik yang letaknya berdekatan dengan ruang tidur mam'zelle. sayangnya di tengah kegembiraan menikmati makanan dan minuman, kesenangan mereka terganggu karena erica, teman sekelas tessie, sebal sekali tidak diundang ke pesta, karenanya ia bertekad mengacaukan pesta itu dan membuat mam'zelle menangkap basah anak2 yang sedang berpesta.

secara tidak sengaja akhirnya diketahui bahwa erica lah penyebab terganggunya pesta tengah malam itu yang membuat anak2 kelas satu dan dua sepakat untuk menghukum gadis itu dengan cara mendiamkannya. erica yang mendendam mencari cara untuk membalas, sasarannya adalah pat, beberapa kali ia punya kesempatan untuk melakukan niat jahatnya itu dan yang membuatnya senang, tidak seorang pun yang mencurigainya karena tuduhan tertuju pada margery yang merasa percuma membela diri karena toh tidak ada juga yang percaya kalau dia bilang dia tidak melakukannya.

margery pun dikucilkan, bahkan saat ia membawa st. clare memenangkan pertandingan olahraga, tidak ada yang menyoraki dan memberinya selamat. tapi suatu insiden kebakaran dan aksi heroik margery menyelamatkan murid yang masih terjebak di bangunan yang terbakar itu membuat anak2 berpikir ulang, apa mungkin margery yang melakukan perbuatan culas terhadap pat?

akankah erica mengakui perbuatannya? lalu bagaimana dengan berita buruk yang diterima lucy yang mengancam kelangsungan kehidupan belajarnya di st. clare? tidak adakah yang bisa dilakukan agar lucy dapat tetap bersekolah di st. clare?

jangan lewatkan kesemuanya itu dalam buku kedua ini dan pastinya kita juga bisa turut tertawa membaca keisengan janet dalam mengerjai mam'zelle :D

4 bintang untuk 'kembali ke st. clare' ;)

jumat 19/12 (9:30 pm)

Wednesday, December 4, 2013

petualangan di gunung bencana

 the mountain of adventure
petualangan di gunung bencana
enid blyton
gramedia, cetakan keempat : september 2011
327 halaman


rabu 4/12 (6:18 pm)

huaa.. kelar baca ini sih udah dari semingguan lebih tapi ga tau kenapa belakangan kok lagi males bangets nulis review ya, ahahaha.. ayoo, semangaatt!!

kali ini jack, philip, dinah dan lucy-ann berlibur ditemani oleh bu mannering, ibunya philip dan dinah, dan kali ini bill juga ikut berlibur bersama mereka, horee! kedua orang dewasa ini ingin memastikan agar keempat anak tersebut tidak terlibat dalam petualangan dan bertekad akan mengawasi mereka dengan cermat. keempatnya tidak keberatan, sesekali asyik juga berlibur dengan tenang, apalagi ditemani ibu dan bill, wah, pastinya liburan akan tetap menyenangkan.

liburan mereka mengambil lokasi di daerah pegunungan, dan sebagai ganti kuda, mereka akan mengendari keledai yang kuat dan tangguh dalam mendaki jalanan berbatu. malangnya menjelang waktu kesepakatan untuk berkemah di daerah pegunungan, bu mannering mengalami cedera di tangannya yang tidak memungkinkannya untuk bisa menunggangi keledai. bill bersikeras menemani bu mannering karena ia masih perlu mengecek kondisinya ke dokter. tapi anak2 tetap dipersilahkan untuk tetap menjalankan rencana semula, lagian ada pak david yang akan menemani mereka menuju lembah kupu2.

tapi malangnya, pak david itu minim sekali bahasa inggrisnya dan tidak terlalu pandai membaca peta sehingga anak2 tersasar. suatu malam mereka mendengar macam lolongan serigala yang membuat pak david yang biasanya lebih senang tidur di luar, kini menyusup masuk untuk tidur di dalam tenda.

haahh?! kok bisa sih ada serigala?! pak david yang ketakutan akhirnya malah lari bersama keledai2 meninggalkan anak2, huaa.. untung saja persediaan makanan udah sempat diturunkan jadi untuk sementara waktu anak2 tidak perlu memusingkan urusan perut. tapi sebenernya suara apa yang mereka dengar di malam hari itu? benarkah itu lolongan serigala? tak butuh waktu lama bagi anak2 untuk berhadap2an dengan sumber suara yang ternyata adalah anjing herder! haahh?! kok bisa mereka ada di daerah pegunungan sini? karena anjing2 itu adalah anjing terlatih, berarti ada yang membawa mereka ke sana, tapi siapa?

misteri tidak hanya sampai di situ, lucy-ann sempat melihat orang hitam yang sedang bersembunyi, rupanya ialah yang sedang dicari oleh pemilik kawanan herder itu. hmm.. masalah tambah runyam karena philip ditangkap dan ketika jack mengamati lewat teropong ke arah mana philip dibawa, tau2 saja ia lenyap tanpa jejak. jack menuliskan apa2 saja yang diketahuinya dan menyematkan pesannya pada satu keledai yang kembali lagi ke mereka. lalu ia bersama lucy-ann dan dinah menelusuri jejak philip, siapa tau mereka bisa menyelamatkannya.

anak2 berhasil menemukan jalan masuk ke dalam perut gunung dan bertemu dengan philip. rupanya di dalam gunung tersebut ada semacam eksperimen rahasia menciptakan sayap agar manusia bisa terbang seperti burung. dan orang hitam yang pernah dilihat lucy-ann itu rupanya salah satu penerjun payung yang melarikan diri. atas usulan pilot yang menerbangkan helikopter, philip 'terpilih' untuk menjadi penerjun berikutnya karena selama ini yang menjadi penerjun selalu orang dewasa, mungkin karena bobot tubuh mereka yang berat maka sayapnya tidak berfungsi, jadi mengapa tidak mencobanya pada anak2?!

aduuhh.. bagaimana ini? kalau sayapnya bisa berfungsi sih tidak masalah karena philip akan bisa terbang ketika dijatuhkan dari dalam helikopter. tapi kalau sayapnya masih belum bisa berfungsi seperti yang diharapkan?! anak2 merasa ngeri membayangkannya. mereka amat berharap bill ada di sana bersama dengan mereka, tapi bagaimana bill bisa menemukan mereka sementara pintu masuk ke dalam gunung demikian tersembunyi, ditambah lagi bisakah bill menemukan tangga tali untuk masuk ke dalam perut gunung?

temukan jawabannya di "petualangan di gunung bencana" :))

4 bintang untuk buku yang satu ini.. ngga tau kenapa, sejak dulu gua selalu suka baca buku seri petualangan ini, salah satu seri favorit gua di samping pasukan mau tahu. and kali ini kiki cukup berperan dalam mengecoh para penjahat hingga anak2 serta bill bisa melarikan diri, uppss.. jadi ngebocorin dhe, ahahahahaha :p

rabu 4/12 (7:45 pm)

Thursday, November 28, 2013

sapta siaga : gara2 teleskop

 good old secret seven
sapta siaga : gara2 teleskop
enid blyton
gramedia, cetakan kelima : desember 2011
128 halaman


kamis 28/11 (4:35 pm)

jack mendapatkan hadiah mengasyikkan yang ingin dibaginya bersama anggota sapta siaga lainnya. pamannya menghadiahinya sebuah teleskop yang bagus sekali, sayangnya hadiah itu ditujukan untuk dirinya dan susie, adiknya, jadi mau tak mau peter sebagai ketua sapta siaga memberitahu letak kunci gudang tempat sapta siaga biasa berkumpul untuk rapat karena teleskop itu diputuskan untuk disimpan di gudang tersebut, dan siapa saja yang ingin menggunakannya bisa mengambilnya di sana asal tidak lupa mengembalikannya ke tempat semula dan mengunci kembali pintu gudang.

ohh, sungguh mengasyikkan menggunakan teleskop itu, mereka bisa melihat objek2 yang jarak sebenarnya itu jauuuh tapi melalui teleskop, seakan2 semuanya terasa dekat! suatu hari, janet, adik peter mengarahkan teleskop itu ke puri torling, puri itu sudah lama diketahui tidak lagi dihuni dan sebagai besar bangunannya itu hanya tinggal reruntuhan. yang mengejutkan janet, ia yakin sekali melihat bayangan orang di puri tersebut! ia kemudian menyampaikan penemuannya itu pada peter yang lalu mempunyai ide untuk datang menyelidiki puri tersebut bersama anggota sapta siaga lainnya.

sayangnya jack tidak bisa menyimpan rahasia dari susie yang bersama dengan binkie, teman baiknya, pergi mendahului sapta siaga ke puri tersebut dan mengecoh serta mencemooh anggota sapta siaga yang lari ketakutan ketika mendengar suara2 menyeramkan dari gudang bawah tanah di puri tersebut!

dari keterangan susie yang masuk melalui arah yang berbeda bersama binkie, ia hanya bertemu dengan seorang perempuan yang sedang melukis. saat itu memang musim turis baru saja berlalu hingga jarang sekali terlihat orang berkeliaran di puri torling. susie juga menceritakan soal teleskop pada perempuan muda itu yang sempat membuat anggota sapta siaga sebal dan mendampratnya karena menggumbar informasi yang tidak perlu pada orang asing! susie sakit hati, dengan marah ia mengambil teleskop itu dari gudang dan lupa mengunci pintunya ketika mengembalikan teleskop itu lagi.

dan yang menggegerkan, teleskop itu menghilang dari gudang sapta siaga! astagaaa.. siapa yang mengambilnya?! peter mengajak anggota lelaki sapta siaga untuk melakukan penyelidikan di malam hari. kepada adiknya ia berpesan agar memberitahu ayah mereka apabila setengah jam setelah mereka pergi, adiknya dan anak2 perempuan lainnya tidak melihat sinyal yang mereka kirimkan sebagai tanda semuanya baik2 saja.

untungnya ayah peter sigap bertindak, begitu mendengar cerita janet, ia langsung memutuskan untuk menyusul peter setelah melaporkan dulu ke pihak kepolisian mengenai kemungkinan di puri tersebut ada gerombolan pencuri lukisan. peter dan kawan2 ternyata tertangkap oleh komplotan perempuan muda yang ditemui susie dan binkie, dan rupanya orangnya pula yang mengambil teleskop dari gudang sapta siaga, sayang sekali teleskopnya tidak berhasil diselamatkan.

bagaimana selanjutnya? bisakah ayah peter menyelamatkan anaknya dan anggota sapta siaga tepat waktu? berhasilkah mereka meringkus kawanan pencuri lukisan itu? ataukah komplotan tersebut berhasil membawa kabur lukisan2 itu?

jawabannya ada di "sapta siaga : gara2 teleskop".

3 bintang untuk buku yang satu ini.

satu hal yang gua kagumi dari seri sapta siaga ini adalah dengan tebal hanya berkisar 120an halaman, kita udah bisa membaca suguhan misteri mulai dari awal hingga pemecahannya plus deskripsi yang cukup hingga kita bisa membayangkan tempat maupun adegan yang dimaksud :D

lagi2 mau ngasih jempol dhe buat enid!! ^o^

kamis 28/11 (5:23 pm)

agatha christie : misteri karibia

 a caribbean mystery
misteri karibia
agatha christie
gramedia, cetakan kelima : februari 2013


senin 25/11 (7:13 pm)

perkenalan perdana gua dengan miss marple dimulai dari buku berjudul "a caribbean mystery" yang diterjemahkan menjadi "misteri karibia" ini.

kamis 28/11 (3:19 pm)

liburan yang seharusnya berlangsung dengan tenang, 'dinodai' dengan meninggalnya mayor palgrave, pensiunan serdadu yang senang sekali menceritakan pengalamannya di masa muda dulu, mulai dari berhasil menaklukkan hewan2 eksotis hingga suatu cerita misterius tentang pembunuh istri yang kebetulan ia punya fotonya dan kala berniat akan menunjukkannya pada miss marple, karena satu dan lain hal, sang mayor urung melakukannya dan keesokan harinya ia ditemukan meninggal.

dokter yang dipanggil untuk memeriksa meyakini bahwa mayor meninggal secara wajar, dikarenakan penyakit darah tingginya, rupanya ia lupa mengkonsumsi obat pengatur tekanan darahnya itu sementara malam sebelumnya sang mayor banyak menenggak minuman beralkohol.

baik pihak hotel maupun pihak kepolisian akan menerima saja keterangan dokter, andai miss marple tidak merasa ada sesuatu yang janggal. mayor palgrave senang sekali bercerita sampai pada titik di mana orang yang diajak bicara tidak terlalu memperhatikan apa yang diceritakannya. karenanya miss marple mengumpulkan serpihan2 cerita sang mayor dari tamu2 hotel lainnya, ia yakin sekali kematian mayor ada hubungannya dengan foto sang pembunuh yang disimpan di dompetnya, terlebih ketika miss marple meminta tolong pada dokter graham yang juga menginap di hotel, dokter tidak bisa menemukan foto yang dimaksudkan miss marple yang diyakininya sebagai wajah sang pembunuh istri.

hmm.. ada yang mencurigakan. dan kematian sang mayor bukan satu2nya yang terjadi di hotel itu selama miss marple menginap. selang beberapa hari berikutnya, ada lagi perempuan muda yang meninggal, ia adalah pelayan di hotel tersebut yang mengungkapkan bahwa ia tahu pasti mayor palgrave tidak mengidap penyakit tekanan darah tinggi dan botol obat yang ditemukan di kamarnya itu pasti baru diletakkan oleh pelakunya.

siapakah kira2 pelaku pembunuhan tersebut? apakah ia orang yang sama dengan sang pembunuh istri? sedikit demi sedikit terungkap skandal di antara para tamu lainnya. ada istri yang diduga membunuh istri pertama dari suami yang kini dinikahinya, dengan bantuan suami orang lain yang juga sama2 menginap di hotel tersebut. huaahh, hubungan kusut bangets yaa.. belum lagi istri pemilik hotel itu suka linglung, ada masa2 di mana dia ngga bisa mengingat apa yang dia lakukan pada waktu2 tertentu, dan pelayan yang meninggal itu ditemukan olehnya dan tangannya berlumuran darah dari pelayan itu yang membuat kecurigaan tertuju padanya namun dokter masih belum membolehkan perempuan ini ditanya macam2 dikarenakan kondisi kejiwaannya yang sedang tergoncang. miss marple juga mencurigai pelayan pria seorang pria tua kaya yang dipergokinya sedang di kamar mandi istri pemilik hotel sambil memeriksa kosmetik perempuan tersebut.

dua pembunuhan sebelumnya belum juga terpecahkan ehh ada pembunuhan yang ketiga! huaaa.. berhasilkah miss marple memecahkan misteri ini sebelum jatuh korban berikutnya? apakah miss marple berhasil menunjukkan tangannya ke orang yang tepat? benarkah ketiga korban dibunuh oleh orang yang sama?

ngga ada cara lain.. harus baca sendiri untuk bisa tau siapa pembunuhnya, huahahahahahaha :p

well.. mungkin karena buku perdana agatha christie yang gua baca itu, pembunuhan atas roger ackryord, adalah salah satu buku terbaiknya agatha, jadi pas baca "misteri karibia" ini berasa rada.. jomplang, hahahaha.. tapi tetap otree lah, and tetap bikin gua pengen baca buku2 agatha lainnya supaya bisa lebih mengenal sosok para detektif rekaannya ;)

3 bintang.

kamis 28/11 (4:16 pm)

Tuesday, November 26, 2013

telling tuesday


jumat 22/11 (9:44 pm)

baiklaahh.. ini sih harusnya tayangnya hari selasa tapi gua khan pelupa, ahahahaha.. jadi lebih baik mosting dari sekarang dan di-schedule ajaa, berikut 'aturan mainnya' biar gua inget untuk masukin link plus nge-twit :))

~.*.~

Aturan main dari Telling Tuesday(TT) kali ini hampir sama dengan TT sebelumnya, yaitu bikin postingan yang menceritakan tentang buku apa saja yang sudah kamu baca selama bulan Oktober lalu, dan saat ini kamu sedang baca buku apa, dan selama bulan November ini kamu berencana baca buku apa saja.

Postingan seharusnya di post di hari Selasa, minggu pertama setiap bulan. But this is party month! Posting  bisa dilakukan di setiap minggu selama bulan November dan harus dilakukan di hari Selasa. Jadi kalian bisa posting di blog kalian dan mendaftarkannya di Inlinkz pada tanggal 5, 12, 19, dan 26 November.

Syarat dan ketentuan tetap berlaku dong, ya...
  1. Punya blog dan posting Telling Tuesday kalian di blog tersebut.
  2. Tolong perhatikan aturan maun yang sudah saya sebutkan diatas
  3. Bila ada pertanyaan yang kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar..
  4. Mention postingan ini di twitter dan jangan lupa mention twitter saya @yuuCaaaa
~.*.~

buku apa aja yang dibaca selama oktober?

1. hello, mr. twiddle!
2. mr pink-whistle's party
3. musim panas di st. clare
4.  my naughty little sister and bad harry
5.  claudine di st. clare
6.  double act
7.  look out for the elephant! and other stories
8.  mr pink-whistle has some fun
9.  pollyanna & pollyanna grows up
10.  skandinavia : traveling aman, hemat & nikmat
11.  circus days again
12.  pasukan mau tahu : misteri di teater kecil
13.  the adventures of mr pink-whistle
14.  the adventures of mr pink-whistle
15.  my naughty little sister
16.  semester pertama di malory towers
17.  kelas tiga di malory towers
18.  the cat mummy
19.  agatha christie : pembunuhan atas roger ackroyd


lagi baca buku apa?

baru kelar baca "sapta siaga : gara2 teleskop"-nya enid blyton dan selama bulan november ini udah baca dan review :

1.  pasukan mau tahu : misteri kamar tersembunyi
2.  petualangan di laut sunyi
3.  alice-miranda at school
4.  petualangan si kembar tiga
5.  sarah, plain and tall
6.  lima sekawan : rahasia harta karun
7.  lima sekawan : rawa rahasia
8.  petualangan di kapal pesiar
9.  the fault in our stars
10.  sapta siaga : memecahkan rahasia kapak merah

and yang sedang dalam proses nulis review adalah "lima sekawan : dalam lorong pencoleng" :D


rencana baca buku apa?

naahh.. ini rada susah untuk dijawab, hahahaha.. karena gua lebih senang melototin tumpukan buku dan menunggu buku2 itu 'memanggil' gua untuk dibaca :)) kemaren aja niatan awalnya mau lanjutin baca "swiss family robinson" tapi malah kembali tergoda ama enid :p

yuk yaakk yuukk yang mau ikutan 'telling tuesday' juga, meluncur langsung aja ke blognya yuliana yaa..

jumat 22/11 (9:59 pm)

Monday, November 25, 2013

lima sekawan : dalam lorong pencoleng

 five go down to the sea
lima sekawan : dalam lorong pencoleng
enid blyton
gramedia, cetakan kelima belas : april 2012
247 halaman


kamis 21/11 (2:37 pm)

sebelum mulai membahas nih buku, mau memaparkan 'statistik' dikitss.. ini akan menjadi postingan review buku gua yang ke-66 dan postingan ke-118 dari total keseluruhan postingan daaann.. buku "lima sekawan : dalam lorong pencoleng" ini adalah buku terbitan gramedia ke-36 yang gua review, huahahahahahaha.. betapa jomplangnyaa! padahal di tumpukan itu banyak juga lhoo buku2 terbitan lain selain gramedia :p

baiklaahh.. sehabis review ini, gua akan berusaha membaca buku2 dari penerbit lain biar bahasannya ngga enid lagi, enid lagii :))

senin 25/11 (5:45 pm)

ternyata.. belum kelar nulis review nih buku, gua udah kelar baca 2 buku gramedia lain dan lagi baca buku gramedia berikutnya, huahahahahahaha.. bukan karena masalah diskon juga sih karena di ibf lalu juga beli buku diskonan dari penerbit lain, tapi ga tau dhe.. mungkin karena i grew up reading gramedia's books that somehow.. buku2 dari penerbit ini yang paling 'klik' ama gua :)

anywayy.. mari mari ngebahas lima sekawannya :D

kali ini lima sekawan berlibur ke daerah pesisir cornwall yang sepi. hmm, sepi? wahh.. pastinya mereka bisa menghabiskan liburan dengan tenang donks, tanpa adanya petualangan? tapi, bukan lima sekawan namanya kalau ngga mengalami petualangan dalam liburan mereka :)) kali ini mereka menginap di tremannon farm, hasil rekomendasi teman ayahnya george yang juga sesama ilmuwan dan tempat yang tenang ini memang pas bangets untuk menyepi dan menikmati suasana hening serta tidak mendapat banyak gangguan yang bisa membuyarkan konsentrasi.

tremannon farm dikelola oleh pasangan suami istri penruthlan, di mana sang istri ramah sekali dan amat pandai memasak, membuat anak2 meneteskan air liur setiap mencium harum masakan dari dapur. sementara pak penruthlan itu tinggi besar dan pelit ngomong, herannya bu penruthlan tampaknya selalu bisa mengartikan ucapan tak jelas yang keluar dari mulut suaminya, padahal yang anak2 dengar itu hanya seperti suara kumur2 saja. rupanya ketidakjelasan ucapan pak penruthlan itu disebabkan ia seringkali lupa memakai gigi palsu! astagaa..

untungnya lima sekawan datang pada waktu yang tepat karena akan ada pertunjukan dari the barneys dengan clopper, sang kuda serba bisa yang membuat para penonton terpancing gelak tawanya dengan tingkahnya yang konyol. pertama kali gua baca soal kuda yang bisa mengedipkan mata, gua pikir kuda beneran, hahahaha.. ga taunya kuda2an yang di dalamnya itu ada 2 orang yang berperan sebagai 'kepala' dan kaki depan kuda dan satu orang lagi sebagai kaki belakang kuda, makanya ga heran kalau clopper bisa beraksi banyak.

tidak jauh dari tempat lima sekawan menginap, ada seorang anak yang hidup hanya bersama dengan kakeknya, nama anak itu yan, dan dia suka sekali membuntuti keempat anak ini ke mana pun mereka pergi, hal yang cukup menjengkelkan, terutama bagi george karena timmy tampaknya menyukai anak itu dan tidak keberatan bermain2 dengannya, padahal biasanya timmy selalu tidak menyukai orang yang tidak disukai george. karenanya george 'cemburu' kala anjing kesayangannya justru 'berteman' baik dengan yan! ayah dari kakek yan dulunya adalah kaum pencoleng yang suka menyalakan mercusuar palsu untuk menjebak kapal2 agar menabrak karang kemudian mereka akan menjarah barang bawaan dari kapal karam tersebut dan menjualnya. masa itu telah lama sekali berlalu tapi kakek yan bersumpah bahwa tahun ini saja ia telah beberapa kali melihat mercusuar itu kembali menyala dan mengirimkan sinyal ke tengah lautan!

wahh.. apa itu artinya kaum pencoleng kembali beraksi? tapi rasa2nya mereka tidak mendengar kabar mengenai kapal karam! hmm.. ada hal yang mencurigakan di sini. dan yang lebih mencengangkan, kedua anak lelaki sempat melihat bayangan pak penruthlan pergi malam2 kalau cuaca sedang buruk dan diperkirakan badai mengamuk, alasan yang dia berikan ke istrinya adalah menunggui kuda mereka yang sakit namun julian dan dick sempat melihat kuda yang dibilang sakit itu, ternyata keadaannya baik2 saja! jadi, ke mana kah perginya pak penruthlan malam itu? jangan2 ada hubungannya dengan sinyal palsu mercusuar! aduh, bagaimana cara memberitahu istrinya yang baik hati itu bahwa suaminya terlibat dalam kegiatan ilegal?

lima sekawan memulai penyelidikan dimulai dengan mendatangi menara tua yang dulu dipakai para pencoleng, tak disangka ketika menelusuri jejak, justru mereka masuk ke dalam jebakan dan dikurung dalam gua! huaa.. siapa yang bisa membebaskan mereka sementara tidak seorang pun yang mengetahui ke mana mereka pergi. apakah pak penruthlan setega itu akan membiarkan mereka bermalam dan tidak ditemukan selama berhari2? atau justru akan muncul penolong yang tidak disangka2? lalu sebenarnya sinyal palsu itu untuk tujuan apa sih? benarkah pak penruthlan terlibat di dalamnya, karena istrinya bersikeras bahwa suaminya adalah pria baik2, tapi bukankah hal yang lumrah bagi seorang istri untuk membela suami mereka? dan ada misteri apa di balik kepala clopper, mengapa bos the barneys sangat protektif terhadap benda tersebut hingga memarahi anak buahnya yang tidak menjaga baik2 kepala clopper itu? berhasilkah lima sekawan memecahkan misteri ini dan menutup petualangan dengan memuaskan?

semuanya bisa dibaca dalam "lima sekawan : dalam lorong pencoleng" yang gua berikan 4 bintang :D

walau belum madly in love ama lima sekawan, gua mulai sukaa ama keempat anak beserta timmy yang setia menemani dalam setiap petualangan mereka. when i feel like i've had enough of them, enid menyuguhkan cerita lain yang tetap bisa gua nikmati, hahaha.. really, gua amat mengagumi daya kreativitas dia! andai enid masih hidup sampai hari ini, pastinya lebih banyak lagi cerita yang dia hasilkan dan tinggalkan sebagai warisan untuk pembaca di generasi mendatang. but even so, i'm so glad that in my lifetime, gua diberi kesempatan untuk menikmati banyak karyanya enid ^o^

senin 25/11 (6:48 pm)

Saturday, November 23, 2013

scene on three 13 : the fault in our stars

http://books-parade4indah.blogspot.com/2013/11/the-fault-in-our-stars.html

jumat 22/11 (8:05 pm)

kemaren ini sesaat setelah memposting review the fault in our stars, gua baru inget kalau gua kelupaan memasukkan satu quote yang menurut gua menarik, tadinya mau ngedit review-nya, tapi gua pikir2 lagi.. mending tuh quotes gua masukin ke 'scene on three' aja, hahahaha..


Cara berbagi lewat Scene on Three :
  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31). 
and ini diaaa.. "scene on three" ke-13 guaa..

 page 175-176

'penyakit' seringkali bisa mengubah kepribadian seseorang, dari yang tadinya happy go lucky, setelah 'terkena' penyakit yang mengubah ritme kehidupan sebelumnya, kini dia jadi sosok yang sinis, yang memandang dunia dengan getir. sebagai 'pasangan', awal2nya mungkin masih bisa berusaha maklum ketika kata2 kasar mulai keluar dan turun bagaikan hujan.

tapi lama kelamaan, cape juga kalee menghadapi yang seperti ituu.. karena we all have our own problems juga khan? mau ngga mau quote dari buku di atas mengingatkan gua ama film india, 'kabhi alvida naa kehna'. dan terkadang, mau sekedar 'berbagi perasaan' aja ama orang lain, malah dibilang ngga pengertian bangets, pasangan lagi dirudung kemalangan, kok malah mengeluh, ahahahaha.. lhaa, tuh orang yang kita 'curhatin' itu khan have no idea what it feels like to live with that person :p

that's my scene on three di tanggal 23 november :D what's yours? ;)

jumat 22/11 (8:48 pm)

Friday, November 22, 2013

friday's recommendation 7 : kau pun istimewa, anna

 kau pun istimewa, anna
barbara m. joosse


jumat 22/11 (7:46 pm)

cepet ya euyy.. tau2 udah jumat minggu ke-4 ajaa di bulan kesebelas di tahun 2013 ini! saatnya kembali merekomendasikan bukuu :D


Pengen ikutan meme Friday's Recommendation? Ini rulesnya :
1. Tulis buku yang ingin kamu rekomendasikan. Kategori buku yang akan direkomendasikan bisa memilih dari kategori di bawah ini :
a. Buku yang ingin diterjemahkan di Indonesia 
b. Buku yang sudah terbit di Indonesia, dan ingin kamu rekomendasikan ke pembaca.
Jangan lupa menulis alasan kamu merekomendasikan buku itu ya
2. Jika kamu sudah pernah me-review buku yang ingin kamu rekomendasikan itu, taut balikkan ke link reviewmu ya
3. Pasang button Friday's Recommendation, jangan lupa di taut balikkan ke blog Ren's Little Corner
4. Masukkan link Friday's Recommendation ke linky yang telah disediakan.
5. Jangan lupa untuk blogwalking ke blog - blog lain :)
6. Waktu meme adalah bi-weekly. Diposting setiap hari Jum'at minggu ke-2 dan ke-4 tiap bulan

rekomendasi gua kali ini adalah buku anak2 lamaa, jaman gua kecil dulu yang walaupun udah ngga terlalu gua inget lagi detail ceritanya tapi gua inget ceritanya bagus!


ahh.. kalau dari cerita yang samar2 masih gua inget, dalam buku ini tuh ada tentang sisters' rivalry lalu ada juga tentang pencarian jati diri. menarik sih sebetulnya, karena kayanya kalau bersaudara, satu gender dan jarak usia ngga jauh plus dari segi kepribadian maupun kemampuan itu terasa 'jomplang', mau ngga mau 'persaingan' antar saudara itu berasa lebih kental, terlebih kalau orangtua maupun orang2 di sekitar itu juga secara sengaja maupun tidak ya memperlakukan kedua anak tersebut secara berbeda. 

padahal khan yaa setiap anak itu mempunyai kekurangan dan kelebihan mereka masing2, daripada mendorong mereka untuk mengejar 'kekurangan' lebih baik mengarahkan mereka agar menonjolkan 'kelebihan', iya ga sih?

buku ini rencananya masuk dalam reading challenge tahun depan, duhh.. ngga sabar pengen baca ulang, hahaha.. pengen tau apa 'rasa'-nya masih tetap sama seperti kesan yang tertinggal dulu ;)

in a way, gua merindukan buku2 anak jaman dulu, karena walau ceritanya simpel and ngga neko2, but somehow lebih 'mengena' dalam segi isi cerita.. kalau cerita2 sekarang itu, entahlahh.. kadang berasa terlalu banyak penjabaran yang ngga penting2 amat terus bribets :p

demikian, rekomendasi gua buat jumat inii.. apa rekomendasi kalian? :D

jumat 22/11 (7:58 pm)

Thursday, November 21, 2013

sapta siaga : memecahkan rahasia kapak merah

 well done, secret seven
sapta siaga : memecahkan rahasia kapak merah
enid blyton
gramedia, cetakan ketujuh : mei 2012
135 halaman


kamis 21/11 (12:49 pm)

udah lama sebenernya pengen baca ulang serial sapta siaga-nya enid blyton and udah beberapa kali pula nemu bukunya di carrefour central park, sayangnyaa.. nih buku yang tipiiiiss.. dihargai 15 ribu, nggg.. rada ngga rela, huahahahahaha.. soalnya buku yang tebalnya dua kali lipat aja dibandrol harga yang sama, so dengan amat berat hati, gua pun menaruh buku2 sapta siaga kembali ke tumpukan.

tapi, Tuhan memang baik.. Dia tahu bangets gua pengen baca, hihihi.. jadilah selang beberapa waktu kemudian, di tempat yang berbeda, gua menemukan sapta siaga lagi, horee.. kali ini harganya 'hanya' 10 ribu, uhuyy.. terima kasih, Tuhan ^o^

siapa itu sapta siaga? mereka adalah kakak beradik peter dan janet, serta kelima teman mereka, yaitu jack, colin, pam, barbara dan george. secara berkala sapta siaga sering berkumpul untuk berunding di mana tiap anggota harus mengenakan lencana dan untuk dapat masuk ke ruangan 'rapat', mereka harus membisikkan kata sandi kepada yang bertugas sebagai penjaga pintu sebelum diperbolehkan masuk ke dalam gudang rumah peter dan janet.

saat itu sedang musim panas, udara sangat menyengat dan terkurung di gudang serasa menyiksa sekali, karenanya diusulkan mencari tempat berkumpul yang baru. berbondong2 mereka menuju hutan berangin dan mencari pohon yang pas untuk dijadikan markas baru mereka. setelah memilih, mereka menemukan satu pohon yang cocok sekali, dahan2nya rendah hingga gampang dipanjat dan secara bergerilya mereka kemudian membuat rumah pohon sederhana dan tiap anggota menyumbang papan, makanan dan minuman serta selimut, alas karet dan bantal2. waahh.. rumah pohon mereka terasa nyaman sekali dan pastinya mereka tidak kepanasan karena selain daunnya rimbun, semilir angin mengusir kepenatan. pohon pilihan mereka juga mempunyai rongga yang dijadikan tempat mereka menyimpan kaleng biskuit dan bantal2 yang lalu ditutup dengan alas karet agar barang2 mereka tidak basah andai hujan lebat turun sekalipun.

keesokan harinya ketika kembali ke rumah pohon, mereka mendapati kaleng biskuit mereka hampir kosong dan limun mereka pun berkurang dari terakhir mereka simpan. dugaan awal perbuatan itu dilakukan oleh bajing yang sempat mereka lihat sebelumnya, tapi masa iya sih bajing bisa buka tutup botol limun dan memasang gabus kembali? *hmm* 

janet meminjamkan buku kapal ayahnya kepada colin, ketika mereka berada di rumah pohon, hujan turun, karenanya buku tersebut disimpan di dalam rongga dan ditutupi alas karet. tapi ketika mereka pulang ke rumah masing2, tidak ada yang ingat untuk membawa pulang buku tersebut dan colin baru teringat ketika bersiap tidur. huaahh.. bagaimana kalau si bajing nakal itu kembali dan mengobrak abrik rongga penyimpanan mereka lalu mengambil buku tersebut dan menggigit serta merobek2nya?! colin tidak tahan membayangkan akan semarah apa ayahnya janet yang telah berpesan agar menjaga baik2 buku tersebut. karenanya ia memutuskan untuk mengambil buku tersebut, tapi ke hutan sendirian malam2 gini? kok serem juga yaa.. mampir dulu ah ke tempat peter, dia pasti mau menemani! keduanya berjalan menuju rumah pohon mereka di hutan berangin. ternyata, ada orang lain di sana! anak bernama jeff dengan kucing kecilnya, dialah yang memakan biskuit dan meminum limun mereka!

jeff kemudian bercerita tentang dirinya. saat ini, dia tinggal bersama paman dan bibinya karena ibunya sedang dirawat di rumah sakit sementara ayahnya telah meninggal. paman jeff kejam dan suka memukul, ditambah lagi pamannya bergaul dengan orang2 jahat yang sering melakukan tindakan kriminal. suatu malam kala jeff sedang tertidur di ruang tengah, pamannya beserta mr. tizer, salah seorang temannya, sedang membicarakan aksi mereka berikutnya. jeff terbangun dan hanya samar2 saja mendengar pembicaraan kedua orang tersebut tapi baik pamannya maupun mr. tizer yakin jeff menguping dan berniat melapor ke polisi. kuatir akan keselamatan dirinya, jeff melarikan diri hanya ditemani kucingnya dan di rumah pohon-nya sapta siaga lah jeff bersembunyi.

paginya, anggota sapta siaga berkumpul lengkap dan mendengarkan kisah jeff sambil mendesaknya agar mengingat2 apa saja yang berhasil didengarnya karena mereka yakin sekali paman jeff akan melakukan kejahatan! jeff hanya mampu mengingat hari kamis tanggal 25, emma lane, mkx, kapak merah serta terali. 

emma lane. mkx. kapak merah. terali. tanggal 25.

hmm, kok petunjuknya membingungkan sekali ya! ketujuh anak ini putar otak tapi tidak mampu melihat kaitan di antara petunjuk samar2 yang didengar jeff karenanya dengan berat hati mereka memutuskan mengikutsertakan orangtua mereka dalam memecahkan kasus ini. peter memberitahu ayahnya yang berpendapat bahwa jeff hanya membual tapi melihat anaknya yakin sekali jeff tidak berbohong, ayahnya kemudian menyuruh peter menjemput jeff dan membawanya pulang untuk ditanyai langsung oleh ayahnya.

tapi sesampainya di rumah pohon, mereka hanya menemui kucingnya jeff sementara jeff tidak terlihat di manapun, hanya ada secarik pesan dari jeff yang bilang bahwa pamannya dan mr. tizer berhasil menangkap dirinya, karenanya ia menitip anak kucingnya agar dipelihara oleh sapta siaga. ahh, sungguh mengecewakan, jangan2 ayah peter benar, jeff hanya mengarang ceritanya! terlebih satu2nya petunjuk yang masuk akal, yaitu emma lane, ternyata tidak membuahkan hasil ataupun memberikan titik terang bagi 'kasus' ini. 

di tengah kegundahan, george dan colin yang mau melihat perahu2 pengangkut barang yang hilir mudik di kanal justru mendapatkan petunjuk berharga tentang emma lane! tidak hanya itu mereka juga menemukan terali yang dimaksud. dari hasil laporan mereka, peter dan janet mengecek lokasi sore harinya dan janet berhasil mengurai petunjuk mengenai kapak merah! ohohohoho.. ini mengasyikkan sekali, tinggal mkx aja nih, kira2 apa ya mkx itu? tiba2 pam dan barbara datang membawa berita bahwa mereka tahu apa itu mkx! mkx adalah nomor polisi mobil pos yang mereka lihat secara tidak sengaja.

tanpa membuang waktu, peter kembali melaporkan penemuan geng sapta siaga-nya pada sang ayah yang kali ini menanggapi dengan serius karena 'pesan'-nya kini masuk akal. ayah peter pun kemudian menghubungi inspektur yang kemudian menyusun rencana penyergapan untuk meringkus komplotan penjahat ini, dan anggota sapta siaga mendapat kehormatan menyaksikan eksekusi rencana tersebut dari gedung di seberang tempat yang diduga akan berlangsungnya aksi kejahatan.

uhuyy.. kira2 apaan sih kapak merah, emma lane, dan mkx yang didengar jeff itu? tentu saja gua ngga akan membocorkannya di sini karena akan mengurangi keasyikan kalian pas membaca sendiri kisahnya :))

3 bintang untuk "sapta siaga : memecahkan rahasia kapak merah". 

dan psstt.. tau ga sih, kalau sapta siaga itu adalah versi indo dari secret seven yang sama2 berinisial "ss", waahh.. keren juga nih yang nerjemahinnya, hahaha.. and untuk judul2 buku terjemahannya enid sendiri menurut gua sih lebih menarik dibanding judul aslinya :D

sampai jumpa di buku2 enid lainnya, ehh.. maksudnya di review buku2 lainnya, ga harus enid juga sih, hahahahaha :p

kamis 21/11 (2:23 pm)

Wednesday, November 20, 2013

the fault in our stars

 the fault in our stars
john green
penguin books, 2012
313 halaman


jumat 15/11 (6:01 pm)

akhirnyaa.. selesai juga baca buku yang banyak dibahas tiap kali mendatangi beragam blog buku and pas ngintips ratingnya di goodreads juga amat sangat kinclong taburan bintangnya!

mari bertemu dengan hazel grace dan augustus yang masih berusia enam belas dan tujuh belas tahun, usia yang biasanya diisi hal2 indah masa remaja dengan jatuh cinta dan patah hati, namun benak keduanya mau tidak mau sesekali malah memikirkan tentang kematian sehubungan dengan kanker yang dideritanya.

hazel dan augustus bertemu di support group, pertemuan pertama yang terasa berbeda dan kemudian berlanjut dengan pertemuan2 selanjutnya di luar jadwal support group. keduanya berhasil 'meracuni' satu sama lain dengan buku2 favorit mereka. hazel mengenalkan augustus pada buku "an imperial affliction" karya peter van hauten, sementara augustus membuat hazel membaca "the price of dawn" dan selesai membaca buku rekomendasi satu sama lain, mereka sibuk membahas kedua buku tersebut.

hazel mempunyai semacam 'obsesi' terhadap buku 'an imperial afflicition' karena di samping ia merasa bisa memahami isi buku tersebut dengan tokoh utama yang juga menderita kanker seperti dirinya, ada hal menarik sehubungan dengan jalinan ceritanya yang ngga melulu membahas tentang struggle yang dialami penderita kanker dan apa efeknya bagi orang2 terdekat mereka tapi juga endingnya yang amat sangaaaaat menggantung yang membuat hazel penasaran bangets! apa yang terjadi dengan anna, tokoh utamanya? apakah ia meninggal? lalu bagaimana dengan hubungan mamanya dan the dutch tulip man yang masuk dalam kehidupan mereka, apakah mamanya ikut ke belanda bersama that dutch tulip man? dan apakah dutch tulip man memang seperti yang digambarkan anna, atau ia ternyata seorang penipu?

banyak sekali pertanyaan yang tidak terjawab karena seusai menulis 'an imperial affliction', peter van houten menghilang dan tidak pernah menerbitkan buku2 lainnya. hazel tidak hilang akal, ia mengirimkan banyak surat ke peter melalui publisher bukunya untuk menanyakan kelanjutan 'nasib' para tokoh2 yang membuatnya sedemikian terikat tapi tidak pernah ada balasan dari peter.

sampai suatu hari.. augustus membawa kabar kalau ia mendapatkan balasan e-mail dari asisten pribadinya peter yang lalu menghubungkan keduanya untuk bertukar e-mail langsung dengan peter. dan melalui acara berbalas2an e-mail, peter setuju untuk memberitahu hal2 yang menjadi pertanyaan mengganjal bagi hazel, jika dan hanya jika mereka bertemu muka secara langsung! hmm.. sebenarnya itu bukan masalah andai peter berada di kota yang sama dengan tempat augustus dan hazel tinggal, tapi pada kenyataannya peter kini menghabiskan hidupnya di amsterdam! alamaakkk.. kalau ingin mendapat jawaban atas pertanyaan mereka, maka artinya mereka harus menyebrangi lautan dan melintasi benua, bagaimana cara mereka melakukannya?!

lalu augustus teringat.. ada yayasan yang tujuannya didirikannya adalah untuk mengabulkan satu wish dari para penderita kanker, kenapa hazel tidak menggunakan 'jatah'-nya itu untuk bertemu dengan peter agar rasa penasarannya dapat dituntaskan?! sayangnya, hazel telah memakainya untuk pergi ke disneyland. tak hilang akal, augustus yang jatahnya belum digunakan lalu memakainya agar dirinya dan hazel bisa terbang ke amsterdam dan bertemu peter.

kondisi hazel sempat drop dan dirawat di icu yang membuat rencana perjalanan mereka terancam batal. tapi dokter yang merawat hazel meyakinkan bahwa hazel masih tetap bisa pergi asalkan ada orang dewasa yang menemaninya. maka ibu hazel pun turut mendampingi anak perempuannya dan juga augustus terbang ke amsterdam. 

pertemuan perdana dengan peter, pengarang 'idola' hazel bisa dibilang jauh dari kata memuaskan, karena tidak hanya peter tidak mau memberitahukan kelanjutan kisah tentang ibu anna, ia juga melontarkan perkataan2 kasar yang membuat augustus menarik hazel pergi. tapi 'wisata' singkat 4 hari ke amsterdam itu tidak sepenuhnya menyebalkan, karena atas inisiatif asistennya peter, mereka sempat 'dijamu' makan malam yang menyenangkan di restoran yang menyajikan makanan yang lezat. asistennya yang sudah tidak tahan bekerja, terlebih melihat perlakuan peter terhadap anak2 yang menyebrangi lautan untuk menemui dirinya, kemudian mengajak keduanya ke rumah anne frank. selesai 'tur' singkat itu, hazel dan augustus kembali ke tempat penginapan.

sekembalinya dari amsterdam, hazel baru mengetahui bahwa penyakit kanker augustus telah kembali! beragam pengobatan baru telah dicoba namun pada akhirnya, augustus 'menyerah' dan hazel harus mengucapkan selamat tinggal untuk selama2nya pada kekasih hatinya. yang tidak disangka2, peter van houten ternyata datang ke upacara pemakaman augustus! dan saat kembali berbincang2 dengan peter, hazel baru menyadari bahwa 'an imperial affliction' itu adalah karya personal-nya peter, anna dalam buku tersebut adalah anaknya yang berusia 8 tahun dan telah meninggal lebih dari 20 tahun yang lalu. tapi hazel tetap tidak mendapatkan jawaban atas kelanjutan nasib ibunya anna.

dan 'kejutan' tidak berhenti sampai di situ, karena ternyata setelah 'insiden' di amsterdam, augustus tetap berhubungan dengan peter dan menjelang akhir hidupnya ia mengirimkan pesan terakhirnya untuk hazel pada peter.

apakah pesan augustus untuk hazel? dan bagaimana ending dari buku ini? well.. silahkan baca sendiri bukunya yaa *penutup yang 'biasa', ahahahaha :p*

~.*.~

naaahh.. sekarang kesan gua setelah membaca buku inii :D

pertama2.. i do believe ada beberapa hal yang harus elo alami sendiri in order for you to 'understand'.. karena 'membayangkan' itu tidak sama dengan 'mengalami'. berkaitan dengan itu, gua ngga akan membahas dari sisi penyakit yang diderita hazel dan augustus ataupun dari sisi keluarga yang mendampingi mereka karena gua ngga pernah berada dalam situasi itu, jadi at some point mungkin bisa dibilang gua kurang bisa 'merasakan' rasa frustrasi yang once in a while pasti pernah dialami oleh orang yang ada dalam lingkaran tersebut.

keduaa.. belum lama ini temen gua pernah bilang bahwa salah satu 'indikasi' buku yang 'bagus' adalah buku yang bisa 'memancing' pertanyaan untuk keluar dari diri elo pas elo lagi membaca buku tersebut, bisa berupa pertanyaan mengenai apa yang terjadi pada tokoh2nya, ataupun pertanyaan lain yang ga nyambung ma isi cerita tapi terasa 'dekat' dengan kehidupan 'nyata' elo. 

naahh.. dalam poin yang kedua ini, 'the stars in our faults' itu berhasil (bangets) dalam memancing beragam pertanyaan dalam diri gua, hahaha.. berikut daftar2 pertanyaan beserta my fave quotes from the book :)

"if you could have one wish and only one wish to come true, what will your wish be?"

hohohoho.. pertanyaan di atas itu amat sangaaaaat 'menggelitik' buat gua :)) karena gimana yaa? bisa dibilang gua punya segudang wishes, dari hal yang 'remeh temeh' sampai yang terasa 'penting' (bukan penting untuk dunia juga sih, tapi masih sebatas 'my own world' *egois* :p). tapii.. ketika pertanyaan di atas diajukan ke gua.. huaa.. sampai saat gua mengetikkan hal ini, bisa dibilang gua belum bisa menjawabnya, hahaha.. and ada perkataan augustus yang kereeen sehubungan dengan ini.

halaman 88

part ini menurut gua menariiik bangets! banyak hal yang menjadi keinginan kita ketika dipikirkan baik2 itu sebenernya bisa dipilah2, mana yang bener2 'penting' dan memang perlu, mana yang cuman kepengen selintasan aja, and mana yang sebenernya bisa 'diwujudkan' sendiri, mana yang sepertinya nyaris mustahil untuk bisa terwujud.

selasa 19/11 (5:52 pm)

"if you could meet your favourite author, dead or alive, who would you pick, and why that author?"

punya pengarang favorit, yang karyanya selalu dinanti2kan? kalau menyimak dari buku2 yang paling sering gua review di blog ini pasti tau donks donks doooonkss siapa pengarang favorit gua? yupp.. none other than.. enid blyton :)) there's something in the way she writes yang membuat gua menyukai karya2nya. and kemaren ngga sengaja di salah satu buku yang gua baca, di bagian 'tentang pengarang'-nya, dibilang semasa hidupnya itu enid menghasilkan lebih dari 600 buku. coba dibaca lagi, enam ratus buku! bukuu lho yaa.. bukan cerita! yang mana buku2nya dia itu banyak juga yang merupakan kumpulan cerita, huuaaa.. produktif bangets yaa enid itu! sementara gua bikin satu cerita aja bisa lamaaa selesainya, ahahahahaha :p

anywayy.. saking cintanya sama enid, kadang suka berandai2, duhh.. kalau misalkan, misalkan nih yaa.. gua bisa ketemu langsung ama dia, pertanyaan2 apa aja yang bakal gua ajukan? salah satunya pasti, "apa sih yang ada dalam pikiran kamu ketika menuliskan kisah2 itu? apakah para karakter yang dituangkan dalam tulisan itu bermain2 dalam alam khayalmu?"

*rada bingung musti manggilnya apa yaa :)) *

but then again.. dipikir2 lagi, apa gua ingin bertatap muka dengan dirinya, untuk sedikit mengetahui mengenai dirinya yang sebenarnya? karena you know, reality itu seringkali ngga 'seindah' imajinasi, hahaha.. kadang lebih enak tetap membiarkan sesuatu mengapung di awang2 saja dibanding menariknya ke dalam alam realitas karena once you know the 'truth', you can never pretend that you don't know, naahh.. bagaimana kalau kejadiannya seperti saat hazel bertemu dengan peter? well.. emang sih hazel ngga diceritakan suka membayangkan sosok peter itu bakal seperti apa, tapi bagaimana jika orang yang karyanya elo kagumi eh ternyata ketika bertemu langsung itu kok orangnya ternyata kasar dan ngga sesuai 'harapan'? when you know the truth, apakah elo bakal bisa tetap menikmati karyanya seperti sediakala?

"ever wondered what happened to the character(s) in the book(s) you read?"

pernah penasaran ama apa yang terjadi ama karakter yang buat elo udah 'nyangkut' dan 'terikat' pas baca buku tertentu dan sampai selesai membaca tuh buku, rasa penasaran elo masih belum juga terpuaskan yang membuat elo bertanya2 dan berharap bahwa elo akan bisa menemukan jawaban dan kepastian akan 'nasib' dari karakter itu?

naahh.. demikian juga yang dialami oleh hazel seperti yang terangkum dalam cuplikan berikut ini :))

page 191-

page 191-192

and, ahahahaha.. gua jadi pengen ketawa pas si peter bilang gini, "to be perfectly frank, this childish idea that the author of a novel has some special insight into the characters in the novel..", hahahahahaha.. aduhh.. karena itu sih yang kadang ada dalam bayangan gua, karakter2 dalam buku yang gua baca itu pastilah 'menari2' di 'hadapan' pengarangnya :D

and this one below probably is my most favourite quote throughout the book ^o^

page 272

huaaa.. aslii, apa yang ditulis diucapkan oleh isaac itu mau ngga mau pasti bikin elo berharap bahwa elo punya sosok seperti augustus untuk ada di samping elo, especially di saat2 elo merasa down :))

tapii.. yang paling mewakili perasaan gua setelah membaca buku ini adalah quote yang satu ini..

page 53

seriuuuusss.. pas mencapai halaman terakhir di buku ini, perasaan gua itu sama seperti perasaan si augustus selesai membaca "an imperial affliction"!! =)) amplopppp dhee.. gua ngga baca buku yang lumayan tebel ini (plus makan waktu lama and bikin gua terpaksa menunda baca buku enid!) hanya untuk menemukan ending seperti iniii *grrrr*

and gua juga mau nanyaaa.. baik ke peter maupun john green, "WHAT HAPPENED TO THE DUTCH TULIP MAN?!"

3 bintang untuk 'the fault in our stars" and no need to trust my 'judgement' karena terbukti ratusan ribu orang memberikan taburan 4 dan 5 bintang untuk buku ini, hahahaha.. all i can say is.. buku ini ngga 'seirama' dengan tipe buku yang gua suka, tapi gua harus mengakui bahwa gua menikmati cara john green merangkai kalimat demi kalimat.

apa gua akan membaca buku2 john green lainnya? mungkin. tapi pastinya ngga dalam waktu dekat :)


nb. 'the fault in our stars' ini baca bareng sama lina dan review-nya juga tayang di hari yang sama, jadi jangan lupa mengunjungi blognya lina juga yaa :D and janjian posting bareng juga ma g and review-nya g bisa disimak di sini.

selasa 19/11 (7:13 pm)

wishful wednesday 16 : bliss & a dash of magic

Bliss: The Bliss Bakery Trilogy 1A Dash of Magic
pictures are taken from here and here


rabu 20/11 (10:24 am)

haaii.. ketemu lagi di wishful wednesdayy.. awalnya gua berniat cuti dari 'wishful wednesday' sampai akhir tahun, tapi apa dayaa.. minggu ini astrid mengadakan giveaway yang rasanya terlalu sayang euyy untuk dilewatkan, haha, karena siapa tau ajaa.. minggu ini (akhirnyaa) mr. random berpihak pada gua :p

 wishful wednesday

Nah yang mau ikutan, gampaaaang kok aturan mainnya:
1. Buat posting Wishful Wednesday di blog-mu – (yep, it’s only for blogger this time, sorry guys!). Tapi nggak harus blog buku kok, yang penting blog-mu masih aktif. Jangan lupa cantumkan button Wishful Wednesday dalam postinganmu (bisa di-copy dari postingan ini). Posting diterbitkan di blog masing-masing hari Rabu, 20 November 2013, bertepatan dengan Wishful Wednesday [85] di blog ini.
2. Isi postingan adalah tentang buku yang sedang menjadi wish-mu saat ini (boleh lebih dari satu buku), beserta alasan kenapa kamu ngebet banget pengen punya buku tersebut. Tampilkan juga gambar cover buku incaranmu ya!
3. Syarat buku inceran:  Buku boleh berbahasa Indonesia maupun Inggris, tapi harga  maksimalnya (setelah harga diskon dan total di luar ongkir) adalah IDR 100,000 atau USD 10. Dalam postingan tersebut, kamu wajib mencantumkan link tempat buku ini bisa dibeli online (contoh toko buku online lokal: Bukukita.com, Bukabuku.com, Inibuku.com). Untuk buku berbahasa Inggris, hanya dapat mencantumkan link bookdepository.com (free ongkos kirim ke Indonesia), atau opentrolley.co.id. Pastikan buku incaranmu masih tersedia stoknya, dan bukan merupakan buku yang sudah tidak diterbitkan (out of stock/out of print).
4. Setelah posting, kamu wajib memasukkan link postinganmu ke Mr.Linky yang ada di bagian bawah postingan ini. DUA orang (yep, dua lho!) pemenang akan dipilih menggunakan random.org berdasarkan nomor urutannya di Mr. Linky. Setiap blog hanya boleh membuat satu postingan dan memasukkan satu link ke Mr. Linky.
5. Giveaway ini hanya diadakan dalam SATU HARI saja, yaitu Rabu, 20 November 2013. Link postingan di Mr. Linky dapat disubmit mulai pukul 09.00 WIB (saat Wishful Wednesday [85] terbit) dan link terakhir ditunggu hingga pukul 23.59 WIB. Peserta yang sudah posting tapi tidak memasukkan link-nya ke Mr. Linky hingga batas waktu yang ditentukan, dianggap GUGUR.
6. Pemenang akan diumumkan hari Sabtu, 23 November 2013 (passs hari ulang tahunku niiih) pk. 10.00 WIB melalui blog ini. Pemenang diberikan waktu 2×24 jam untuk konfirmasi melalui email ke astridfelicia@hotmail.com. Bila lebih dari waktu tersebut belum ada konfirmasi, maka akan dipilih pemenang lainnya. Pemenang harus memiliki alamat kirim di Indonesia.
7. Bila buku yang menjadi wishlist sudah tidak dicetak lagi, atau tidak bisa ditemukan di website yang sudah dicantumkan, maka pemenang diberi kesempatan satu kali lagi untuk memilih buku lainnya.

pilihan gua minggu ini jatuh kepada buku2 berikut inii..

 Bliss: The Bliss Bakery Trilogy 1

A Dash of Magic

pertama2.. maaf yaa bukabuka, nyomot gambarnya sih dari situs situu.. tapi link bukunya nyomot dari inibuku, hahaha.. coz di bukabuku udah ngga ada seri yang pertama :p

anywayy.. kenapa pengen dua buku ini? gua jatuh cinta ama cover bukunya yang cantiks :)) sayangnya kemaren di ibf, ga diobral besar2an, jadi nanti2 dulu aja dhe belinya :D

selamat menyambut hari spesial buat astrid.. semoga sehat selalu dan kasih setia Tuhan selalu melimpah dalam hidupmuu ^o^

what's your wish for this wednesday, guys? ;)

rabu 20/11 (10:36 am)

Tuesday, November 19, 2013

petualangan di kapal pesiar

 the ship of adventure
petualangan di kapal pesiar
enid blyton
gramedia, cetakan kedua : september 2011
312 halaman


selasa 19/11 (8:32 pm)

entah mengapa setiap kali philip, jack, dinah dan lucy-ann berkumpul, ditemani kiki sang kakatua tentunya, pasti ada-adaaa aja petualangan yang mereka alami!  (well, gua sih tau donks alasannya, itu khan ngga lain dan ngga bukan karena enid memang men-setting-nya demikian :p) naahh.. untuk mencegah anak2 itu kembali terlibat dalam petualangan, maka bu mannering, ibundanya philip dan dinah memutuskan untuk mengajak keempat anak tersebut berlibur di kapal pesiar dan bu mannering sendiri yang akan menemani mereka! ya yaa.. karena jika bill yang menemani anak2 maka sama saja bohong, bill juga punya andil dalam petualangan anak2!

hari2 di atas kapal pesiar berlangsung dengan damai, sesuai keinginan bu mannering, sampai suatu hari saat kapal sedang berlabuh, lucy-ann meminta bantuan lucian, anak yunani yang ikut berlayar bersama paman dan bibinya, untuk membantunya mencari hiasan kapal dalam botol sebagai hadiah ulangtahun philip. berkat bantuan lucian, lucy-ann mendapat kapal yang bagus sekali, mana lucian bisa menawar hingga lucy-ann hanya perlu membayar setengah harga saja dari jumlah uang yang dimilikinya, yihaa!

philip senang sekali dengan hadiah ulang tahunnya, ia sudah lama mengidam2kan memiliki kapal dalam botol. suatu hari, monyet barunya uber2an dengan kiki hingga menyenggol botol berisi kapal tersebut hingga pecah. tapi hal itu ternyata ada untungnya karena selain anak2 bisa melihat kapal itu dengan lebih jelas, mereka juga mendapati bahwa ada tombol rahasia yang bisa ditekan dan di dalamnya mereka menemukan sebuah peta kuno, hmm.. apakah ini peta harta karun? karena nama yang tertera di kapal milik philip itu sama dengan nama putri yang pernah diceritakan oleh lucian. sayangnya tidak ada satupun di antara keempat anak tersebut yang mengerti aksara yunani. tak hilang akal, mereka membagi peta tersebut menjadi 4 lalu membawa salah satunya untuk ditanyakan pada pak eppy, paman lucian, yang ternyata menaruh perhatian lebih pada potongan peta itu dan dengan seenaknya mengambilnya dari tangan jack!

anak2 kesal namun mereka tidak bisa berbuat apapun tanpa menimbulkan kecurigaan bu mannering. ketika mereka menanyakan potongan peta kedua pada wanita yunani penjaga toko. tapi lagi2 pak eppy muncul dan sempat melihat potongan kedua dari peta harta karun itu, dan setengah peta itu cukup untuk membuat pak eppy terburu2 turun dengan alasan ada hal penting yang harus dilakukannya.

anak2 makin kesal karena mereka bisa mengira2 ke mana sebenarnya pak eppy pergi. huh, sungguh sial sekali, mereka yang berhasil menemukan peta harta karun yang tersembunyi puluhan hingga ratusan tahun lamanya tapi tidak ada yang bisa mereka lakukan untuk menyelidiki apakah peta itu asli dan harta karun itu benar2 ada. di tengah rasa putus asa yang melanda, tiba2 datang berita duka mengenai bibi polly yang sedang sakit hingga bu mannering harus menjaganya. dengan terpaksa bu mannering menyetujui usulan bill untuk menggantikan posisinya menemani anak2 sepanjang sisa liburan mereka di kapal pesiar.

bill datang?! waahh.. semangat anak2 mulai kembali lagi. ini bill, dia pasti bisa memikirkan sesuatu dan menindaklanjuti kepemilikan peta mereka. dan bill memang tertarik, ia bahkan membawa peta tersebut kepada ahli yang bisa menguraikan artinya dengan tepat, tak hanya itu, bill juga meminta ahli tersebut untuk menyalin peta tersebut dan memberi keterangan dalam bahasa inggris untuk memudahkan mereka memahami petunjuk yang ada di peta tersebut.

dan kabar yang bill dapatkan dari ahli itu sungguh menggembirakan, peta itu asli, dan 'keberuntungan' masih menaungi mereka karena kapal pesiar mereka mengalami masalah hingga selama beberapa hari terpaksa harus berlabuh dan tidak bisa melanjutkan pelayaran sampai dengan mesin kapalnya berhasil diperbaiki. kesempatan ini diambil bill dan anak2 untuk bertandang ke pulau yang tertera dalam peta tersebut. tapi pulau yang mereka tuju ternyata merupakan pulau mati yang tidak ada tanda2 kehidupan. benarkah di pulau ini tersimpan harta karun andra? kepalang tanggung sudah sampai di pulau thamis, mereka pun mulai menjelajah dan secara tidak sengaja justru menemukan jalan masuk ke dalam kuil!

dalam pencarian letak makam tempat harta diperkirakan berada, jack terpisah dari rombongan karena ia kembali ke reruntuhan untuk mengejar kiki yang bosan mengitari lorong yang gelap. tak disangka jack justru bertemu tamu tak terduga, lucian beserta pak eppy yang membawa tiga anak buahnya yang langsung meringkus jack dan berusaha mengorek keterangan darinya. 

sementara itu bill dan ketiga anak lainnya yang sempat tersesat di dalam lorong buta akhirnya menemukan tempat penyimpanan harta karun yang kondisinya masih baik karena tempatnya kering, huaa.. ternyata 'dongeng' yang sempat diceritakan lucian mengenai andra itu bukan isapan jempol semata! tapi, ke mana jack ya? kok dia tidak balik2 bersama kiki? bill memimpin jalan kembali ke atas, bagaimanapun mereka perlu makan.

tapi, tadaa.. keempatnya pun ditangkap anak buah pak eppy yang kemudian mengikat mereka satu per satu dengan erat, walau ikatan untuk para anak perempuan lebih longgar namun tetap saja mereka tidak bisa membebaskan diri. untung saja ada miki, monyetnya philip, yang dengan sabar mengurai simpul tali yang mengikat tangan philip dan akhirnyaa.. tali itu pun melonggar hingga philip bisa membuka ikatan di kakinya dan membebaskan yang lainnya.

hmm.. bagaimana selanjutnya ya? pastinya pak eppy datang ke pulau thamis dengan naik perahu motor dan menurut keterangan lucian, ada 2 orang lainnya yang bertugas menjaga perahu motor mereka. wahh.. andai mereka bisa menyabotase perahu motornya pak eppy, bisakah mereka membawa perahu itu kembali dengan selamat ke tempat viking star, kapal pesiar mereka, berlabuh?

satu hal yang pastii, petualangan ini, seperti petualangan2 sebelumnya, jelas berakhir bahagia donks, hahahaha.. tapi tetap mengasyikkan mengikuti detil2 apa yang dialami mereka and bagian bill menjaga lubang tempat pak eppy mungkin akan menampakkan diri itu bikin ketawa karena mengingatkan akan mainan yang kepala2 pada nongol di tempat berbeda kemudian kita harus memukulnya githu lho buat mendapatkan poin :))

ahh.. enid, terima kasih karena kembali telah menyuguhkan cerita yang menyenangkan untuk dibaca, dan dibaca ulang ^o^ i do wish you were still around so you could write more books for me to enjoy karena sejauh ini belum ada pengarang lain yang bisa menandingi tempat dirimu di hatikuu ;)

4 bintang untuk 'petualangan di kapal pesiar'.

selasa 19/11 (9:23 pm)

Friday, November 15, 2013

lima sekawan : rawa rahasia

 five go to mystery moor
lima sekawan : rawa rahasia
enid blyton
gramedia, cetakan kelima belas : agustus 2010
243 halaman


selasa 12/11 (2:28 pm)

satu lagi kisah petualangan lima sekawan yang menarik untuk dibaca :D gua rasa salah satu alasan kenapa gua menyukai buku ini adalah karena awal mula kisah itu ngga dimulai dengan liburan di pulau kirrin, ahahahaha :p

kali ini kisah dibuka di sebuah tempat belajar menunggang kuda, tempat anne dan george menghabiskan liburan mereka sementara dick dan julian berkemah dengan teman2 sekolahnya. liburan anne dan george ternyata harus diperpanjang tapi kali ini ditemani julian dan dick. di sekolah berkuda ini, ada seorang anak perempuan lain yang mirip sekali sama george, sama2 lebih senang berpenampilan ala laki2, dan juga suka sebal bila dipanggil dengan nama lahir mereka. namun herannya, george justru sebal dengan anak perempuan bernama asli henrietta tapi lebih senang dipanggil henry. untuk membuat pihak lainnya kesal, george sengaja memanggil henrietta ketika berbicara dengan henry dan henry membalas dengan memanggil georgina pada george.

jumat 15/11 (8:49 am)

suatu hari tempat berkuda ini kedatangan seorang anak yang membawa kudanya yang terluka untuk dirawat. anak ini adalah bagian dari rombongan kaum kelana, ia dipanggil si ingus karena yah sesuai dengan namanya, hidunya itu selalu 'beler', dan yang bikin terlihat jorok itu, dia mengelap ingusnya hanya dengan pinggiran bajunya, yaikss.. george tidak tahan melihatnya dan memberi si ingus saputangan bersih agar setiap kali ia akan membuang ingusnya, ia bisa menggunakan saputangan itu. namun si ingus tetaplah si ingus, bukannya memakai saputangan pemberian george, ia malah menyimpannya dengan sayang si saku celananya dan tetap melakukan cara lama.

ada suatu kebiasaan aneh sehubungan dengan kaum kelana. setiap tiga bulan sekali, mereka suka masuk dan berkemah di rawa berkabut yang telah berganti nama menjadi rawa rahasia. pergantian nama itu bukan tanpa alasan karena dulu sempat ada kejadian tujuh atau delapan kakak beradik yang kesemuanya laki2, bertengkar dengan kaum kelana. suatu hari mereka masuk ke rawa tersebut dan kabut tebal turun lalu tidak pernah kembali lagi. kaum kelana menjadi pihak yang tertuduh telah melenyapkan kakak beradik tersebut karena ada yang sempat melihat mereka turut masuk ke arah rawa ketika kabut mulai turun tapi karena tidak adanya bukti maka kaum kelana pun tidak diganjar hukuman.

jiwa petualang keempat anak ini terusik mendengar tentang rawa rahasia. tapi george yang ngambek karena sepupu2nya mengajak henry ikut serta, terpaksa melewatkan ekspedisi pertama menyusuri rawa rahasia di mana mereka menemukan rel kereta api yang tidak lagi terpakai. hmm.. di tempat tandus seperti ini, apa yang dilakukan kaum kelana yang bermalam selama beberapa hari secara berkala? apa yang menarik dari tempat ini? keempat sekawan ditemani timmy memutuskan mencari tahu dan berkemah dalam jarak yang cukup aman dari tempat kaum kelana mendirikan tenda mereka.

dan memang benar, ada hal2 aneh. semisal, untuk apa ada lampu sorot, belum lagi mereka mendengar suara pesawat (atau helikopter ya?) yang terbang rendah di dekat tempat mereka berkemah. lalu banyak paket2 yang dijatuhkan dari pesawat tersebut, hampir saja paket2 tersebut mencelakai anak2 yang segera berlindung agar tidak tertimpa. mengikuti naluri, mereka membongkar salah satu paket dan ternganga melihat banyak sekali uang dolar amerika di dalamnya. mengapa uang2 tersebut dijatuhkan dari pesawat? bukankah legal membawa masuk uang dolar ke wilayah inggris?

walau tidak menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut, keempat anak ini bergegas mengumpulkan paket2 yang ada lalu disepakati untuk menyembunyikannya di gerbong kereta yang setengah tertimbun pasir. julian memutuskan hanya ia dan dick yang akan memboyong uang2 tersebut ke tempat persembunyian sementara anne dan george harus menunggu di tempat sampai keduanya kembali. tapi kabut lagi2 turun saat tidak diharapkan hingga setelah berhasil menyembunyikan uang2 tersebut, julian dan dick tidak bisa menemukan kembali jalan menuju sepupu dan adik perempuan mereka.

sementara itu anne dan george justru tertangkap oleh kaum kelana! mereka gusar karena paket yang mereka nanti tidak ditemukan, yang ada malah dua anak perempuan. ayah si ingus pun memukul kepala timmy yang membuat george marah sekali tapi tidak ada yang bisa dilakukannya. kepala kaum kelana kemudian memutuskan mereka harus 'memancing' dick dan julian agar datang menyelamatkan saudari mereka. tiba2 george mendapat akal. ia menuliskan pesan berkode dan meyakinkan bahwa hanya timmy yang bisa membawa pesan ke 'saudara'-nya padahal george menyuruh timmy agar kembali ke sekolah berkuda dan menyerahkan suratnya itu pada henry agar henry bisa meminta bantuan dan membebaskan mereka.

hmm.. berhasilkah timmy melakukan tugasnya? bagaimana dengan luka di kepalanya? lalu bagaimana dengan dick dan julian? apakah henry mengerti maksud surat george? dan dolar2 amerika tersebut, apa hubungannya kaum kelana dengan uang misterius itu?

as alwayss.. selamat membaca sendiri untuk mengetahui kisah lengkapnya :))

4 bintang untuk "lima sekawan : rawa rahasia" :D

jumat 15/11 (9:25 am)