Wednesday, October 9, 2013

claudine di st. clare

 claudine at st. clare's
claudine di st. clare
enid blyton
gramedia, cetakan ketujuh : juli 2010
250 halaman


rabu 9/10 (11:53 am)

sepertinyaa.. gua emang ngga suka cover2 seri st. clare seri baru ini, huahahaha.. di bagian belakang nih buku, ada cover komplit dari seri yang terdiri dari 6 buku ini and somehow.. i just don't like it :p and ada cover malory towers juga versi baru.. and yaahh.. walau tetap berpendapat cover lamanya tuh lebih bagus tapi menurut gua covernya malory lebih bagus dari st. clare inii..

baiklaahhh.. jangan ngomongin cover mulu yaa.. claudine di st. clare ini kalau ngga salah sih antara buku keempat atau kelima ya? udah rada lupa jugaa.. and sebenernya gua rada bingung juga sihh.. mungkin seri malory towers dan st. clare ini menceritakan kisah pas masa smp sampai sma kali ya? kalau dilihat dari umur sih sepertinya cocok.

anywayy.. di buku ini mari berkenalan dengan anak2 baru lagi. ada eileen si pengadu yang adalah anak dari matron yang baru, yang menggantikan matron lama yang sedang sakit. hati2 dengan eileen ini, kalau terang2an menunjukkan ketidaksukaan padanya, yaikss.. tau2 aja ada banyak pekerjaan menjahit yang diberikan matron karena tanpa hujan tanpa angin, tiba2 banyak sekali seprai yang robek, atau kaus kaki yang berlubang! ada juga angela dengan harta keluarga yang berlimpah2 yang membuat pauline, anak baru lainnya, tidak mau kalah dalam memamerkan kekayaan orangtua mereka. dan anak baru terakhir adalah claudine, gadis perancis yang juga kemenakan mam'zelle dengan tingkahnya yang lucu dan nilai 'kehormatan' yang berbeda dengan yang diusung para gadis inggris. 

hmm.. rasa2nya akan banyak kejadian menarik di kelas empat tahun ini! benar sajaa.. angela yang berasal dari keluarga kaya, mempunyai kecenderungan meremehkan orang lain yang tidak sekaya dirinya. apesnya, suatu hari justru angela yang bertemu dengan edgar, kakaknya eileen yang selalu dibangga2kannya, yang sengaja datang menemui adiknya dengan diam2 dan tidak mau sampai ketahuan ibu mereka, sang matron yang tegas dan galaknya itu keterlaluan, bahkan terhadap anaknya sendiri! angela yang merasa memiliki 'senjata' untuk menekan eileen, membuat gadis itu berjanji untuk tidak lagi membebaninya dengan tugas jahitan dari matron, atau ia akan membocorkan perihal kedatangan edgar pada ibunya itu. 

yang lebih apes lagi dialami pauline, selama ini ia selalu membual dengan menandingi cerita angela tentang harta kekayaan keluarga. namun ketika pauline mengalami kecelakaan saat pelajaran olahraga, angela yang saat itu sedang berjalan bersama alison, bertemu dengan ibu2 berpakaian sederhana yang awalnya diduga angela adalah tukang masak yang baru, namun ternyata ibu itu adalah ibundanya pauline! huaaa.. kok sama sekali jauuuuhh dari kesan mewah dan glamor seperti yang selalu digembar gemborkan pauline ketika menceritakan mengenai orangtuanya! angela merasa di atas angin karena seluruh murid kelasnya telah melihat dengan mata kepala mereka sendiri mengenai kecantikan ibunya dan mobil baru mereka yang mentereng. yang tidak disangka angela, teman2 sekelasnya justru membenci ibunda angela yang selalu mengeluh dan memandang rendah sekolah tercinta mereka! 

sementara itu claudine dengan tingkahnya yang seenaknya membuat teman2nya tercengang ketika dengan santai ia menceritakan telah mengunci matron di gudang peralatan agar matron tidak mengganggu acara piknik tengah malam mereka di pinggir kolam renang! masalah penguncian itu membuat matron melapor kepada bu theobald, sang kepala sekolah, sekaligus melapor betapa beberapa waktu terakhir ia kehilangan uang dan barang2 lainnya.

haahh?! ada pencuri di antara anak2 didikannya? bu theobald pun cenat cenut.. siapa kira2 pencuri di antara anak2 kelas empat? apakah pauline, si 'miskin' yang berlagak bak orang kaya dengan memberikan hadiah2 mahal pada teman2nya yang berulang tahun? ataukah claudine, yang tiba2 saja menjadi royal dengan menyumbang 4 kg ceri padahal uang sakunya pas2an? atau, siapa? wahh.. jawabannya harus kalian cari tahu sendiri di buku setebal 250 halaman ini :))

pastinyaa.. i lovee lovee lovee this book! di buku ini kita juga akan menemukan kejahilan janet dan bobby dengan bom gas busuk mereka yang membuat seisi kelas mual2 karena baunya oh sungguuhh memuakkan!!

jadi pengen baca ulang seri2 lainnyaa.. kayanya perlu bongkar lemari buku nih, hahaha.. pastinya nyempil entah di manaa :p

4 bintang untuk claudine di st. clare :D

rabu 9/10 (12:36 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~