Monday, October 21, 2013

pasukan mau tahu : misteri di teater kecil

 the mystery of the pantomime cat
misteri di teater kecil
enid blyton
gramedia, cetakan keempat : juni 2012
292 halaman


minggu 20/10 (7:36 pm)

pasukan mau tahu-nya enid blyton itu salah satu seri detektif yang pertama gua baca semasa kecil dulu. ngga tau kenapa, dulu itu ngga pernah tertarik ngebaca lima sekawan lho, padahal ko2 gua punya koleksi lima sekawan yang lumayan banyak, tapi ngga pernah sekalipun gua menyentuhnya :p

anywayy.. berhubung lagi sering menyambangi diskonan buku gramed, kala kemaren ini ke carrefour central park, ehh.. pas ngubek2 ada nyempil satu buku seri pasukan mau tahu yang dibandrol dengan harga 15 ribu, uhuyy.. berhubung lagi kangen bernostalgia, jadi bukunya gua samber aja dhe walau kondisinya ngga bisa dibilang mulus bangets, plus ada tempelen stempel 'buku broken' di bagian dalamnya, haiyaa.. 'merusak' penampilan buku ajaa :p but anywayy.. berhubung kangen, ya udah lahh.. dicomot juga masuk keranjang nih buku bersampul kuning.

ngomong2 soal cover, aduhhh.. lagi2 gua ngga suka lho ama cover cetak ulang serinya enid blyton ini :( setelah covernya st. clare yang ini dan ini, jadi mikir, ini gramed piye tohh.. kenapa ngga kasih cover yang cakeps githu lhoo pas cetak ulang seri2nya enid? walau yaahh.. again, soal 'cakep'-nya sendiri emang bisa dibilang relatif sih, hahahaha.. 

yukk marii.. sekarang lanjut masuk ke soal buku kuning inii..

gua udah ngga terlalu inget sih bagaimana asal muasal terbentuknya pasukan mau tahu ini? soalnya kalau baca buku ke-7 seri ini, the mystery of the pantomime cat, ternyata fatty, pip ma larry itu ngga satu sekolah yaa.. apa fatty baru pindah rumah di seri 1? atau, gimana? well.. semoga berjodoh menemukan buku2 lainnya di tempat obralan :p

cerita dimulai dengan keisengan lima anak ini yang mau mengerjai pak pippin, polisi baru pengganti pak goon yang amat 'familiar' dan teman 'akrab' kelima anggota pasukan mau tahu. ada maksud dalam penggunaan tanda kutip di dua kata pada kalimat sebelumnya, karena pak goon itu semacam menaruh 'dendam' pada pasukan mau tahu yang dianggapnya sering merecokinya dalam setiap kasus dan pastinya selalu berhasil mendahuluinya dalam memecahkan kasus2 tersebut, huaa.. ini khan jelas ngga bagus buat prestasi kerjanya karena yang mendapatkan pujian bukan dirinya melainkan kelima anak tersebut, huh!!

nah, karena pak goon lagi mau cuti, jadilah dipanggil polisi pengganti, seorang polisi muda bernama pippin yang banyak mendengar pujian inspektur mereka pada pasukan mau tahu tapi begitu bertemu dengan pak goon, cerita yang didengarnya justru berbeda karena pak goon tanpa segan mencekokinya dengan betapa nakalnya fatty dan kawan2 dan terakhir pak goon berpesan agar sebisa mungkin lebih baik pak pippin menjauhi anak2 tersebut, dan ohh.. hati2 terhadap orang berambut merah!

lhoo.. apa hubungannya dengan orang berambut merah? rupanyaa fatty itu sebagai ketua geng tidak resmi di pasukan mau tahu, terkenal juga sebagai penyamar ulung dan salah satu penyamaran favoritnya adalah menggunakan rambut palsu berwarna merah dalam melakukan penyelidikan! baik, baiikk.. pak pippin mencatat baik2 soal rambut merah itu, terlebih ketika ia melihat kedua orang bertampang seram yang bersembunyi di balik semak kala ia sedang patroli keliling desa di malam hari, salah satu penjahat tersebut berambut merah!!

keesokan harinya langsung pak pippin mencurigai para rambut merah yang bisa2nya bermunculan di depan hidungnya terus, ya ngga heran karena fatty menyamar dalam beragam rupa dengan rambut merahnya yang membuat pak pippin merasa ada yang salah dengan matanya dan bertekad menangkap orang rambut merah berikutnya yang ditemuinya untuk dimintai keterangan karena ia yakin sekali rambutnya itu palsu. sialnya orang yang muncul berikutnya adalah sepupu pak pendeta yang marah ketika pak pippin menjenggut paksa rambut yang diyakininya hanya wig padahal itu merupakan rambut asli sepupu pak pendeta! huahahahahaha..

keisengan pasukan mau tahu ngga berhenti sampai di situ, mereka juga menebar petunjuk2 palsu di teater kecil. yang tidak disangka, ternyata benar terjadi pencurian sekitar jam 'pertemuan' para penjahat palsu, huaaa.. manajer pertunjukan diberi obat tidur dan uang tunai yang belum sempat disetorkannya ke bank habis digondol sang pencuri, siapakah pelakunya?!

pak goon jelas marah2 karena pak pippin tidak langsung melapor padanya perihal pencurian tersebut, ia malah mengetahuinya lebih dulu melalui surat kabar. begitu membaca berita tersebut, pak goon langsung kembali ke pos tugasnya dan melupakan liburan, enak saja kalau nanti petugas polisi pengganti yang anak baru itu yang mendapatkan kredit atas tertangkapnya pelaku pencurian, huh!

fatty dan kawan2 merasa tidak enak atas petunjuk2 palsu yang mereka sebarkan karena mereka merasa bisa saja polisi akan mengikuti petunjuk palsu tersebut yang malah akan membuat penjahat sesungguhnya terbebas dari hukuman. fatty memutuskan untuk mengaku, tapi sebelum sempat melakukannya, ia melihat pak goon merampas semua petunjuk yang dikumpulkan pak pippin dan si polisi galak itu menyuruh pak pippin untuk tidak mencampuri kasus tersebut.

*triinngg* fatty pun dapat ide untuk bekerja sama dengan pak pippin yang membela buster, anjing miliknya yang dipukul dengan tongkat oleh pak goon. biar saja pak goon mengikuti petunjuk palsu itu, salah sendiri udah bersikap kejam terhadap anjing manis seperti buster!

fatty berhasil mengorek keterangan dari pak pippin yang meyakini bahwa pelakunya pasti salah satu dari anggota teater. tuduhan utama disematkan pada aktor yang memerankan kucing dalam pertunjukan, pria dua puluh empat tahun bernama boysie, tapi pak pippin yakin sekali tidak mungkin boysie yang melakukannya walaupun manajer pertunjukan ngotot boysie-lah yang mengantarkan teh-nya yang ternyata dibubuhi obat tidur. selain boysie, tuduhan berikut ditujukan pada zoe karena petunjuk palsu yang ditebar pasukan mau tahu, salah satunya adalah saputangan bersulamkan huruf z, yaikss..

setelah mendapat keterangan yang cukup dari pak pippin, pasukan mau tahu berkumpul dan fatty menginstruksikan agar mereka mengecek satu per satu alibi dari tiap anggota teater yang belakangan diketahui bahwa setiap dari mereka menaruh 'dendam' pada manajer pertunjukan yang menyebalkan itu. tapi yang bikin para detektif muda ini putus asa adalah karena masing2 memiliki alibi yang kuat yang telah dicek kebenarannya. sialnyaa, justru zoe yang sempat keluar dari rumah kakaknya, yang walau ia balik tidak lama kemudian tapi kakaknya tidak melihat jadi rentang waktu yang tidak bisa dikonfirmasi itu berada dalam waktu terjadinya pencurian, huaaa.. masa iya zoe bekerjasama dengan boysie untuk memberi pelajaran pada manajer?!

tidak, tidaakk.. pasukan mau tahu yang sudah bertemu langsung dengan zoe dan boysie, yakin sekali tidak mungkin keduanya melakukan kejahatan! sementara itu mereka mengetahui dari pak pippin bahwa pak goon akan memaksa boysie untuk mengakui perbuatan yang tidak dilakukannya itu! yaikss.. anak2 harus bergerak cepat, saatnya kembali mengevaluasi hasil penyelidikan mereka, tapi tetap saja mereka mentok sampai celetukan beth 'menyalakan lampu' di kepala fatty yang membuatnya menemukan titik terang dalam kebuntuan mereka. segera ia mengajak teman2nya untuk mengecek alibi dari salah satu pemain dan ahaa.. ini dia pelaku yang sebenarnya!

pak goon, bersiaplaahh.. karena sekali lagi, pasukan mau tahu lah yang berhasil memecahkan misteri yang kali ini terjadi di teater kecil! hohoho.. jadi pengen ngeliat tampang pak goon di bawah tatapan tajam inspektur :p

aaahhhh.. menyenangkaaaaaaaan membaca buku ini! i love pasukan mau tahu, and the more i read cerita2nya enid blyton, semakin gua kagum ama dia :D

semoga saja besok2 bisa menemukan seri2 pasukan mau tahu lainnya, yang diskon tentunya, ahahahahaha :)) *teteppp.. nyarinya yang diskonan yaa :p*

4 bintang untuk pasukan mau tahu dan misteri teater kecil-nya ;)

senin 21/10 (3:21 pm)

4 comments:

  1. pasukan mau tahu bearti harus kepo ya?
    hehehe, belum pernah baca seri Enid yg ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. iya donks, musti kepoo.. biar sesuai ama nama kelompok mereka, ahahahaha :)) coba baca dhe, bagus kok ;) seri ini justru yang lebih dulu menawan hati gua dibanding lima sekawan :D

      Delete
  2. sama ndaaah...ngga suka sama cover cetak ulang yang ini...padahal udah niat pingin ngumpulin lagi nih si pasukan mau tahu :) menurutku serial ini emang misteri dan teka tekinya lebih seru dibanding lima sekawan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nihh.. ga asyik bangets ngumpulin seri yang covernya ga kece ya, ahahahaha :D

      Delete

~.thank you for coming.~