Friday, October 4, 2013

musim panas di st. clare

summer term at st. clare's
musim panas di st. clare
enid blyton
gramedia, cetakan ke-8 : juli 2010
247 halaman


jumat 4/10 (12:20 pm)

is it just mee, atau emang cover nih buku kurang menarik? :p somehow gua lebih sukaa cover yang lamaa! ya ya yaa.. emang tipe yang susah move on and perlu waktu lama untuk beradaptasi, ahahahaha :p

anywayy.. kemaren di gramedia matraman nemu nih buku.. and karena gua juga udah ngga terlalu inget dulu pernah baca apa belum jadi ya gua samber aja dhe :))

and seperti biasaa.. cerita2 tentang gadis2 yang sekolah berasrama ala enid blyton itu memang menyenangkan untuk dibaca! sampai2 kadang bikin gua jadi pengen ngerasain hidup berasrama lho, hahahahaha.. padahal harry potter aja ngga sampai segitunya :p mungkin karena harry potter itu ada bagian2 mencekamnya sementara di serial st. clare's and mallory towers plus si badung khan lebih ke arah interaksi antar sesama penghuni asrama dengan beragam karakter yang mereka miliki.

mari berkenalan dengan si kembar pat dan isabel yang udah ngga sabar untuk kembali bersekolah namun sayang mereka harus masuk seminggu terlambat dari jadwal dikarenakan dokter kuatir mereka terjangkit penyakit beguk dan demi tidak menulari anak2 lain jadi mereka harus dikarantina dulu. 

semester musim panas ini di st. clare ada 5 anak baru yang setingkat dengan mereka. yang pertama adalah roberta yang lebih senang dipanggil bobby (kinda reminds you of george-nya lima sekawan, eh?), lalu ada carlotta yang dulunya hidup bersama rombongan sirkus, lalu ada pam si pendiam yang merupakan murid termuda namun berkat kegemarannya belajar maka prestasinya tidak perlu diragukan, udah berapa yaa.. aahh.. baru tiga, mari berkenalan dengan anak baru keempat yaitu sadie si gadis amerika yang gemar bersolek dan terlihat lebih dewasa dibanding teman2 setingkatnya dan terakhir prudence sang anak pendeta yang sok alim dan selalu merasa tidak senang melihat keisengan yang dilakukan duo janet dan bobby namun ternyata ia tuh pengadu tingkat berat plus culas pula!

wah wahh.. dengan karakter2 beragam seperti itu, kira2 apa yang akan terjadi di musim panas kali ini ya? ohohohoho.. banyaakk! dari bobby yang berotak encer namun lebih senang menggunakannya untuk keisengan dan malas bekerja keras, lalu sadie yang ternyata dikirimkan ke inggris demi menghindari upaya penculikan yang pernah dialaminya di amerika namun ternyata sang penculik juga mengejarnya menyeberangi lautan! dan pam si pemalu yang gampang terpengaruh dan luluh oleh keramahan prudence yang sebenarnya hanya memanfaatkannya. carlotta dengan kemampuan atletisnya yang memukau membuat anak2 lain menaruh kagum padanya, hanya prudence aja yang sebal dengan ketenaran gadis sirkus itu. tunggu, tungguu.. kenapa dari tadi nama prudence kesebut2 muluu?! 

ya iya laahh.. karena prudence itu jadi sumber masalah di buku ini, hahahaha.. berkat hobinya mengadu dan rasa iri yang bersemayam dalam dirinya, insiden penculikan sadie pun terjadilah! untung saja carlotta berhasil menghubungi teman2 sirkusnya yang kemudian menyelamatkan gadis amerika itu sebelum dibawa kabur entah ke mana oleh para penculiknya. 

bobby pun dikejutkan oleh kata2 tajam sang kepala sekolah yang menyebut dirinya curang karena menyia2kan biaya pendidikan mahal yang dikeluarkan orangtuanya untuk menyekolahkannya di st. clare dengan tidak bekerja keras menunjukkan prestasi dan memaksimalkan kemampuannya.

semakin banyak membaca karya2nya enid blyton, gua semakin kagum sama kemampuannya menjalin kata2 menjadi satu cerita utuh! mungkin banyak pengarang lain yang bisa bikin cerita fantasi yang lebih rumit daripada kisah2 kurcaci dan peri yang dibuat enid. mungkin juga banyak pengarang lain yang bisa membuat cerita yang lebih kompleks dibanding cerita enid yang seringkali terkesan sederhana karena mengangkat kehidupan sehari2 yang mungkin saja terjadi pada satu dari kita. tapi bisa dibilang sejauh ini, gua paling 'nyambung' ama gaya berceritanya enid :D rata2 cerita enid yang pernah gua baca pas masih kecil dulu, ketika kini dibaca ulang lagi pun gua masih tetap sukaa :))

satu2nya karya enid yang pernah gua baca and gua ga suka itu adalaahhh.. kisahnya amelia jane! :p

and psstt.. rasa2nya kok review buku keluaran gramedia gua pun banyak yang tentang buku2nya enid yaa? ahahahaha.. what can i sayy? i love her books!! :D

sekarang marii.. kembali baca bukuu dan semoga saja sekelarnya baca nantii.. minat untuk langsung me-review-nya tuh sedang menggebu2 :p

jumat 4/10 (12:44 pm)

3 comments:

  1. aku ada yg cover biru yg gambar orangnya real atau mirip orang beneran

    ReplyDelete
    Replies
    1. cakeps mana covernya kalau dibandingin ama yang di atas, Lina? :D

      Delete

~.thank you for coming.~