Sunday, October 20, 2013

circus days again

 circus days again (galliano's circus book 3)
enid blyton
egmont uk limited, 2012
210 halaman


minggu 20/10 (3:05 pm)

entah kenapa, every now and then, gua merasa enid blyton itu selalu ada dalam ritme membaca buku gua, haha.. maksudnya piyee? gini lhoo.. abis baca buku apapun, buntut2nya gua balik lagi baca buku2nya enid blyton sebelum lanjut baca ke buku2 karangan penulis lainnya, hahaha :)) no problem juga sih, karena ada keponakan gua yang jadi penyupply buku enid yang belum pernah gua baca, plus tumpukan enid gua yang beli sekian tahun silam juga masih ada yang belum tersentuh, ditambah lagi, i really don't mind membaca ulang kisah2 malory towers ataupun st. clare atau mungkin buku2 satuan macam rumah di ujung jalan atau anak2 liar, aahh.. enid itu punya beragam bacaan yang sesuai ma selera gua :D

'circus days again' adalah buku ketiga dan terakhir dari seri sirkus galliano, gua rasa ada semacam keengganan untuk memulai membaca buku ini, karena gua tau begitu menyentuh halaman terakhir, i won't ever meet any other 'adventures' dari jimmy bersama dengan sirkus galliano :p 

tapi ya itu tadii.. kelar baca pollyana, niatannya mau baca ulang 'what katy did' tapi malah ngambil buku ini dan memulai baca lembaran awal and tau2 ga bisa berhenti, hahaha.. oh iya, cover buku yang gua baca yang ini nih..


mari kembali menikmati hari2 di sirkus galliano dan tau ga siihh kalau di buku ketiga ini, mr. galliano berniat memperbesar sirkusnya dengan menambahkan beberapa aksi lainnya untuk menjaring lebih banyak penonton untuk hadir di pertunjukan yang mereka adakan. atas usulan mrs. galliano, mr. galliano setuju menarik 3 badut lain untuk menemani sticky stanley, pertunjukan anjing laut, zebra, burung beo serta pesulap, huaaa.. mantaps bangets khan tuhh.. kebayang ngga betapa serunya menonton pertunjukan sirkus mr. galliano!!

sayangnyaa.. mrs. galliano jatuh sakit dan harus dirawat inap cukup lama. mr. galliano tentunya ngga tega meninggalkan istri tercintanya seorang diri, karenanya ia menyerahkan sirkusnya di bawah pimpinan britomart, pesulap yang baru bergabung dengan rombongan mereka. pertimbangan mr. galliano sederhana saja, britomart dulunya juga pernah memiliki sirkusnya sendiri jadi tentunya ngga akan mengalami kesulitan untuk mengurus sirkusnya.

tapi dugaan mr. galliano salah! britomart memang tidak diragukan lagi ahli dan jeli dalam melihat pertunjukan mana2 saja yang bisa mendatangkan lebih banyak penonton, sayangnya ia sama sekali tidak mempedulikan kebahagiaan orang2 yang di bawah pimpinannya. britomart pelit pujian tapi begitu melihat suatu hal yang tidak sesuai keinginannya, huaahh.. jangan ditanya rentetan kata2 yang mampu mengalir keluar dari mulutnya! ditambah lagi, ia tidak mengijinkan hewan2 sirkus berkeliaran dengan bebas di luar jam pertunjukan, menurutnya lebih baik hewan2 tersebut disimpan saja di dalam kandang. kebayang ngga sih betapa tersiksanya hewan2 yang biasanya bebas merdeka bisa pergi ke mana saja mereka mau, kini harus terkurung dalam kandang nyaris sepanjang waktu, yaikss..

tapi apa britomart peduli? tentu tidaakk.. dan britomart itu maunya perintahnya itu tidak boleh dilanggar, atau awas sajaa.. siap2 menerima hukuman tidak boleh beraksi di panggung! lotta jelas mengalami kesulitan dengan britomart, terlebih karena 2 anak perempuan lain yang merupakan anak dari pierre, pawang anjing laut, terbukti membawa pengaruh buruk bagi lotta yang jadi berani membangkang dan menjadi kasar terhadap orangtuanya maupun ibunya jimmy. 

sialnya, karena campur tangan kedua anak perempuan itu juga hubungan jimmy dan lotta memburuk karena dengan sengaja lisa mengadu domba mereka dan membuat jimmy percaya bahwa lotta lah yang membuatnya terkena masalah. sementara lisa juga yang menyebabkan lotta mendapat hukuman dari britomart karena menyembunyikan tongkat miliknya. 

suasana murung menggelayuti sirkus galliano yang dulu selalu penuh keceriaan. ketika mendapat kabar dari mr. galliano bahwa ia masih harus pergi setengah tahun lagi demi pemulihan kesehatan istrinya, banyak di antara anggota sirkus yang memutuskan untuk keluar dan bergabung dengan sirkus lain seusai mengadakan pertunjukan di tempat terakhir, mereka sudah tidak lagi tahan harus 'tunduk' pada britomart.

jimmy pun memutuskan pergi, ia yakin pasti bisa mendapatkan pekerjaan di sirkus lain. sayangnya lotta tidak bisa ikut jimmy pergi karena orangtuanya terlanjur menandatangani kontrak untuk tetap bersama britomart selama setahun hingga mereka tidak mungkin melanggarnya.

oh, mr. galliano, apa yang akan terjadi dengan sirkus milikmu itu? bagaimana bisa dirimu membiarkan sirkus yang dibangun dengan cinta kasih, kini tercerai berai? tidak adakah yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan kebersamaan dan persatuan yang dulu telah begitu mengikat mereka?

hmm.. kasih tau ga yaa, akhir nih buku seperti apaa? ahahahaha.. baca sendiri aja dhee :p

dear enid blyton, terima kasih karena telah menyuguhkan sirkus galliano ke dalam ruang baca gua.. selalu menyenangkan membaca cerita2mu ituu.. wish you were still around to write more stories.. but anywayy.. makasih untuk semua cerita yang telah dituliskan, yang telah menemani sejak masa kanak2 hingga kini..

4 bintang untuk 'circus days again'.

minggu 20/10 (3:34 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~