Thursday, October 10, 2013

mr pink-whistle has some fun


 
mr. pink-whistle has some fun
enid blyton
award publications limited, 2004
94 halaman



kamis 10/10 (5:25 pm)

ini kali kedua gua baca buku tentang mr. pink-whistle, yang pertama yang ini nihh.. and sejauh ini, ceritanya masih terasa menyenangkan :D

berikut daftar isi dari buku ini..


mumpung bukunya belum dibalikin, gua akan bahas satu per satu ceritanya dhe :))


mr. pink-whistle has some fun

di cerita perdana yang juga merupakan judul buku ini, tersebutlah 2 anak nakal bernama len dan tom yang hobi menganggu anak2 lainnya.. mereka suka melempari batu, tentu saja dengan sembunyi2.. membunyikan bel rumah orang lalu larii sebelum sang empunya rumah membukakan pintu untuk melihat siapa yang datang, menyemprot ibu2 dengan pistol air, dan banyak lagi kenakalan yang dilakukan kedua anak tersebut. herannya, kedua orangtuanya itu sama sekali tidak tahu kelakuan anaknya ketika berada di luar rumah, karena mereka berdua berkelakukan baik di hadapan orangtua mereka masing2.

mr. pink-whistle lalu membuat dirinya tidak terlihat dan membuntuti kedua anak tersebut. untuk setiap kenakalan yang mereka lakukan, mr. pink-whistle akan meneriakkan perbuatan2 nakal mereka agar orang2 bisa mendengarnya. kedua anak tersebut ketakutan dan secepat mungkin berlari kembali ke rumah, tapi kenakalan mereka belum berhenti, diam2 dengan tangan kotor, mereka mencolekkan jari ke dalam selai! dan masih saja mereka berani membantah ketika suara mr. pink-whistle berkumandang di dalam rumah menggemakan pertanyaan tentang anak manakah yang berkelakuan nakal dan mengendap2 memakan selai tanpa ijin. baik len maupun tom tidak ada yang mau mengaku namun ketika mr. pink-whistle terus membuntuti mereka sampai ke bioskop dan suaranya kembali menggelegar saat jeda film, keduanya tidak lagi tahan dan mengaku ke orangtua mereka dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan nakal mereka lagi.


mr. pink-whistle goes to school

di cerita kedua ini, lagi2 ada 2 anak nakal, harry dan george yang suka menganggu teman2 sekelasnya. mr. pink-whistle memutuskan untuk memberi keduanya pelajaran, lalu ia merapalkan mantra untuk membuat dirinya tidak terlihat. dengan senang hati mr. pink-whistle mengikuti kedua anak nakal ini dan melakukan hal2 yang suka dilakukan harry dan george kepada anak2 lainnya. ia menarik rambut salah satu anak tersebut yang membuat anak itu menuduh temannya yang melakukannya lalu keduanya bertengkar sendiri. mr. pink-whistle juga menyembunyikan buku2 harry di tempat george dan meletakkan pensil kesayangan george di kotak pensil harry. lalu ia membanting buku2 harry dengan keras yang membuat kesabaran guru mereka makin menipis. ketika george disuruh menuliskan tugas di papan tulis, mr. pink-whistle menggerakkan kapurnya membentuk tulisan yang mengata2i harry yang membuat guru mereka naik pitam dan menghukum keduanya untuk tetap tinggal di kelas walaupun jam pelajaran telah usai.

len dan harry akhirnya kapok dan berjanji tidak akan menganggu anak2 lainnya lagi.


mr. pink-whistle laughs!

lhoo.. kenapa mr. pink-whistle sampai tertawa? ada kejadian apakah? rupanya ketika mr. pink-whistle sedang bersantai di taman sambil menghabiskan sandwich-nya, ia mendengar suara tangisan. brownie berhati baik ini paling ga tahan mendengar suara anak menangis karenanya ia mencari tahu asal muasalnya dan menemukan seorang gadis cilik karena biskuitnya diambil anak nakal yang juga mengambil bolanya fred serta balon milik nora. menurut gadis cilik itu, anak nakal itu tidak sendiri karena ada lagi seorang temannya. mereka berdua bahkan berani menganggu penjaga taman. hmm.. saatnya mr. pink-whistle kembali beraksi! anak2 nakal ini jelas tidak bisa dibiarkan :p 

mr. pink-whistle menghajar mereka dengan tongkat pemukul, mengambil kembali kapal rampasan mereka lalu lari mengejar keduanya untuk kemudian menarik ikat pinggang mereka hingga mereka terjatuh, mencopot sepatu mereka lalu membuangnya ke kolam! satu dari kedua anak tersebut dipaksa mr. pink-whistle memanjat pohon untuk mengambil bola yang tadi ditendangnya.. pada saat mau turun kembali, anak2 yang diganggunya tadi sudah menunggu di bawah dan tampak marah, salah satu di antara mereka memegang tongkat pemukul yang tadi digunakan mr. pink-whistle. hati si anak nakal menciut, apalagi temannya sudah kabur entah ke mana, meninggalkannya seorang diri.

mr. pink-whistle mentraktir semua anak yang ada di taman dengan es krim lezat. sementara si anak nakal di atas pohon baru bisa turun ketika penjaga taman menemukannya. masih berani nakal? hati2 dikerjai mr. pink-whistle lho!!


mr. pink-whistle has a peep

ternyata yaa, mr. pink-whistle itu suka mengintip juga ketika melewati rumah demi rumah yang dilaluinya dalam perjalanan menuju ke rumah. dari hasil mengintips-nya itu, mr. pink-whistle suka mengamati kembar rose dan daisy yang senang bermain dengan boneka2 mereka. dengan telaten mereka memandikan boneka2 tersebut lalu membubuhkan bedak dan memasangkan pakaian. keduanya paling senang bermain2 dengan boneka bayi yang mereka miliki, ohh.. andai saja mereka punya adik bayi beneran, dengan senang hati mereka akan membantu ibu mereka mengurus anggota baru di keluarga mereka. sayangnya, ibu mereka tidak sedang hamil, jadi keduanya harus berpuas diri merawat boneka bayi tersebut.

sampai suatu hari, mr. pink-whistle menemukan seorang ibu muda yang jatuh tergeletak di rumahnya. segera ia menerobos masuk untuk menolong ibu tersebut. rupanya ibu itu kelelahan mengurus bayi dan rumahnya seorang diri sementara suaminya sedang di luar kota. ia ingin istirahat namun tidak ada yang menjaga bayinya. mr. pink-whistle langsung kepikiran gadis kembar yang sering dilihatnya itu, dan menjanjikan pada si ibu muda bantuan untuk mengurus bayinya hingga ia bisa beristirahat. rose dan daisy gembira menyambut usulan mr. pink-whistle, bayangkan, bayi sungguhan! ohh.. sungguh menyenangkan! setelah minta ijin pada ibu mereka, keduanya menyambangi rumah tetangganya dan dengan telaten bekerjasama memandikan bayi mungil itu serta membuat coklat panas dan roti bakar untuk ibunya.  sang ibu amat berterima kasih dan merasa setelah beristirahat semalaman maka ia akan kembali segar keesokan harinya hingga bisa kembali mengurus bayinya lagi.

rose dan daisy kecewa mendengarnya karena mereka terlanjur sayang pada bayi mungil itu. ibu muda itu mengijinkan rose dan daisy untuk mampir ke rumahnya kapan saja dan membantunya dengan bayi tersebut. horee.. akhir yang sungguh membahagiakan :))


mr. pink-whistle and the balloon

heraann.. di mana2 selalu adaa aja anak nakal yang punya hobi menganggu anak2 lain, biasanya sih yang jadi incaran itu anak2 yang lebih kecil jadi memanfaatkan tubuh mereka yang besar, kalau anak2 tersebut berani melawan, si anak nakal itu mengancam akan menghajar mereka!

sama halnya seperti big jim yang seenaknya saja memecahkan balon biru kepunyaan susie hanya karena susie tidak mau memberikan balon itu untuknya! padahal yaa.. susie udah bekerja keras demi mendapatkan balon biru tersebut. ia mengangkat parsel yang berat ke kantor pos demi mendapatkan 50 pence lalu membantu ibunya mengatur lemari yang berantakan untuk mendapatkan 50 pence lagi yang jika digabungkan dengan 50 pence miliknya, maka cukuplah uangnya untuk membeli balon biru yang diidam2kannya itu.

susie pun menangis ketika balon miliknya meletus. mr. pink-whistle tidak tinggal diam, ia membuat big jim membayar perbuatannya itu dengan mengambil kelereng2 kesayangan big jim dan mengubahnya menjadi balon2 biru yang lalu diberikannya pada susie. ahh, mr. pink-whistle, selalu saja tidak kehabisan akal dalam memberi pelajaran bagi anak2 nakal agar mereka jera.


mr. pink-whistle is rather funny

mr. pink-whistle mengubah dirinya menjadi anak kecil demi membalas perbuatan anak nakal hingga anak itu kapok dan tidak lagi menganggu anak2 lainnya. mr. pink-whistle menasihati anak itu untuk mulai mengembalikan uang dan memberikan permen kepada anak2 yang dulu uangnya diambil paksa. setelah menjadi baik, anak nakal itu menyadari bahwa ia kini lebih bahagia dibanding sebelumnya. ahh.. andai saja ia bisa memberitahukan hal itu pada mr. pink-whistle, sayangnya brownie kesayangan kita itu sedang sibuk keliling dunia untuk membantu anak2 lainnya, hmm.. mungkin besok giliran kamu yang mendapat bantuan dari mr. pink-whistle? well.. you'll never know!!


4 bintang untuk buku ini :D

kamis 10/10 (6:41 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~