Wednesday, October 30, 2013

agatha christie : pembunuhan atas roger ackroyd

the murder of roger ackroyd
pembunuhan atas roger ackroyd
agatha christie
gramedia, cetakan kedelapan : februari 2013
371 halaman


rabu 30/10 (10:06 am)

james, tahukah kamu kalau kita kedatangan tetangga baru di sebelah rumah, yang hobi menanam labu. kuberitahu padamu ya, james, ada yang aneh pada dirinya, pastilah ia menyimpan suatu rahasia, tapi jangan panggil aku caroline kalau aku tidak bisa mengorek keterangan tentang dirinya! lihat saja, james, aku pasti akan berhasil mengetahui apa yang disembunyikannya!

aku hanya tersenyum mendengar ucapan kakakku yang memang mempunyai rasa ingin tahu yang besar. baru saja aku kembali dari rumah mrs. ferrar yang meninggal karena bunuh diri. aku berniat tutup mulut namun herannya caroline sudah langsung tahu berita ini! sungguh menakjubkan betapa luasnya jaringan 'gosip' yang dimilikinya. yah, mungkin ini memang resiko tinggal di desa kecil tempat kami tinggal di mana tetangga saling mengenal satu sama lain hingga tidak ada rahasia yang bisa bertahan lama karena adaa saja yang dipergunjingkan orang2 sekitar.

seperti mrs. ferrar contohnya, dia memang belum lama menjanda dan caroline yakin sekali kematian misterius suaminya itu pastilah ulah istrinya. sayang, tidak ada bukti kuat untuk mendukung tuduhannya itu hingga mrs. ferrar dapat tetap bebas berkeliaran sebagai janda tanpa perlu menghadapi konsekuensi hukum. sudah menjadi rahasia umum pula bahwa setelah kematian suaminya, mrs. ferrar kemudian menjalin hubungan spesial dengan roger ackroyd yang sempat digunjingkan memiliki hubungan asmara dengan salah seorang pengurus rumah tangganya, miss russell. karenanya aku maklum ketika roger tampak amat gelisah setelah kematian mrs. ferrar, dan dalam suatu percakapan dia memberitahuku suatu rahasia yang dibuka mrs. ferrar sebelum kematiannya. ternyata, dugaan caroline benar! memang mrs. ferrar lah yang membunuh suaminya, astaga! tidak hanya itu, rupanya ada orang lain yang berhasil mengetahui hal itu dan memeras janda kaya itu sampai pada titik di mana mrs. ferrar merasa terdesak dan terus menerus dihantui oleh rasa bersalahnya, ditambah lagi ia tidak bisa melupakan ekspresi jijik di wajah roger ketika ia mengungkap rahasia terpendamnya itu. semuanya menjadi tidak tertahankan untuk mrs. ferrar, karenanya ia memutuskan untuk menghabisi nyawanya.

hanya saja, ada satu keanehan, biasanya orang yang bunuh diri itu meninggalkan surat untuk keluarga dan orang2 terdekat yang isinya tentang alasan mengapa ia sampai melakukan perbuatan itu. tapi pada kasus mrs. ferrar, tidak ditemukan satu pun surat pernyataannya. hmm..

warga desa kami belum pulih dari rasa berduka ketika kematian berikutnya menyusul. kali ini giliran roger yang meninggal bukan karena bunuh diri melainkan dibunuh! astagaaa.. siapakah pelakunya?! padahal aku yakin sekali meninggalkannya dalam keadaan hidup malam itu. apakah pelakunya orang asing yang sempat berpapasan di pagar depan ketika aku hendak meninggalkan kediaman roger? ataukah parker? atau mungkin raymond? rasanya tidak mungkin kalau ralph yang melakukannya, walaupun bukti2 yang ada memberatkannya! haduuhh.. setiap orang sepertinya menyimpan rahasia yang mereka sembunyikan yang membuat mereka pantas untuk dicurigai sebagai pelaku pembunuhan!

untung saja, bukan aku yang harus menyelesaikan kasus pembunuhan ini. miss flora, kemenakan roger, telah meminta tolong pada manusia labu tetanggaku itu yang ternyata adalah detektif terkenal, hercule poirot! ohh.. aku sungguh tersanjung karena ia memintaku menemaninya melakukan penyelidikan walaupun yah, ia jarang sekali menjelaskan pemikirannya padaku. tak apalah, aku mengumpulkan catatan2 dan tentunya aku juga bisa menyimpulkan sendiri donks siapa pelakunya, dengan bantuan sel2 kelabu di kepalaku ini! hah, lihat saja, poirot, kesimpulanmu itu pasti akan sama dengan kesimpulanku, karena aku bukan orang yang bodoh!

oh, btw, perkenalkan, namaku james sheppard, dokter james sheppard.

~.*.~

gua langganan beberapa blog dari anak2 bbi, dan sepertinya di bulan ini lagi ada event baca bareng buku2nya agatha christie. nama agatha sendiri bukanlah nama yang asing bagi gua karena sejak jaman remaja dulu, gua udah pernah mendengar namanya dan ko2 gua juga punya koleksi bukunya lumayan banyak, hanya sajaa.. gua ngga pernah tertarik membacanya, karena udah terpatok kalau agatha = misteri dan misteri = seram, jadi ya githu kalau lagi ngecek rak buku tempat koleksi buku2nya ko2 gua, deretan buku2 agatha selalu saja gua lewatin tanpa tersentuh.

kemaren ini pas lagi iseng2 chatting ma temen gua via whatsapp, gua iseng nanya ke dia soal bukunya agatha karena seinget gua dia pernah membahas soal hercule poirot dan miss marple (?), ehh.. jadi ada semacam ketertarikan buat 'mencicipi' nih buku, karena gua pikir2, iya yaa.. gua toh demen nonton2 serial2 detektif pembunuhan macam ncis, castle, law & order serta criminal minds, why not give it a try untuk 'menyelami' versi bukunya?

and i gotta sayy.. i was kinda stunned ketika membaca buku 'pembunuhan atas roger ackroyd' ini, hahahaha.. menarik bangets mengikuti hercule poirot menyusuri bukti2 yang ada lalu mengajukan pertanyaan2 yang terdengar sepele namun ternyata justru bisa mengungkap pelaku pembunuhan yang sesungguhnya.

sepanjang cerita, tersangka pembunuhan versi gua tuh selalu bergonta ganti, hahahaha.. and lumayan terkejut ketika menjelang ending si hercule berhasil menemukan sang pelaku yang ngga gua sangka sebelumnya :p

well.. pengalaman pertama ini bikin gua jadi pengen membaca buku2 agatha lainnya :)) moga2 pas ibf bulan depan bisa nemu yang obralan dengan kondisi masih bagus :D

rabu 30/10 (10:31 am)

2 comments:

  1. waah, beruntung banget pertama baca langsung yg ini.. yang ini emang keren bangeett..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, khan emang udah minta rekomendasi dulu dari temen :))

      Delete

~.thank you for coming.~