Thursday, December 19, 2013

kembali ke st. clare

the o' sullivan twins
kembali ke st. clare
enid blyton
gramedia, cetakan kedelapan : juli 2010


kamis 19/12 (8:19 pm)

baiklah.. mari kesampingkan gambar untuk sementara waktu karena kompie lagi ngadat, daripada terus ditunda2, bisa2 ga nulis2 review XD

'kembali ke st. clare' adalah buku kedua seri st. clare, di mana si kembar pat dan isabel kembali lagi ke sekolah berasrama yang dulu demikian mereka benci namun kini dirindu dan dinanti saat2 kembali bergelut dengan pelajaran dan juga teman2 sebaya sela satu semester penuh. kali ini sepupu mereka, alison, juga turut meramaikan kehidupan di st. clare.

alison bukanlah satu2nya murid baru di kelas, masih ada lucy, murid termuda yang pintarnya bukan main dan pandai menggambar, ada juga margery yang walaupun telah cukup berumur tapi malah bergabung dengan pat dan kawan2 di kelas satu. margery jago olahraga hanya saja tampangnya selalu masam, dan ia telah beberapa kali pindah sekolah sebelum berlabuh di st. clare.

semester ini sungguh menyenangkan karena pat, isabel dan janet diundang ke pesta tengah malamnya tessie, anak kelas dua. pestanya bertempat di ruang musik yang letaknya berdekatan dengan ruang tidur mam'zelle. sayangnya di tengah kegembiraan menikmati makanan dan minuman, kesenangan mereka terganggu karena erica, teman sekelas tessie, sebal sekali tidak diundang ke pesta, karenanya ia bertekad mengacaukan pesta itu dan membuat mam'zelle menangkap basah anak2 yang sedang berpesta.

secara tidak sengaja akhirnya diketahui bahwa erica lah penyebab terganggunya pesta tengah malam itu yang membuat anak2 kelas satu dan dua sepakat untuk menghukum gadis itu dengan cara mendiamkannya. erica yang mendendam mencari cara untuk membalas, sasarannya adalah pat, beberapa kali ia punya kesempatan untuk melakukan niat jahatnya itu dan yang membuatnya senang, tidak seorang pun yang mencurigainya karena tuduhan tertuju pada margery yang merasa percuma membela diri karena toh tidak ada juga yang percaya kalau dia bilang dia tidak melakukannya.

margery pun dikucilkan, bahkan saat ia membawa st. clare memenangkan pertandingan olahraga, tidak ada yang menyoraki dan memberinya selamat. tapi suatu insiden kebakaran dan aksi heroik margery menyelamatkan murid yang masih terjebak di bangunan yang terbakar itu membuat anak2 berpikir ulang, apa mungkin margery yang melakukan perbuatan culas terhadap pat?

akankah erica mengakui perbuatannya? lalu bagaimana dengan berita buruk yang diterima lucy yang mengancam kelangsungan kehidupan belajarnya di st. clare? tidak adakah yang bisa dilakukan agar lucy dapat tetap bersekolah di st. clare?

jangan lewatkan kesemuanya itu dalam buku kedua ini dan pastinya kita juga bisa turut tertawa membaca keisengan janet dalam mengerjai mam'zelle :D

4 bintang untuk 'kembali ke st. clare' ;)

jumat 19/12 (9:30 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~