Friday, July 19, 2013

pudding bag school : cold enough for snow

pudding bag school : cold enough for snow
hilary mckay
hodder's children books, 1998
176 halaman


jumat 19/7 (7:33 pm)

awalnya mau ngasih 3 bintang tapi setelah dipikir2 kayanya 2 aja cukups dhe :p

cerita bermula di pudding bag school kala murid2 kelas 4b menolak makan hidangan yang dipersiapkan untuk mereka. sebagai hukuman, seisi kelas harus tetap tinggal di sekolah bersama 3 dinner ladies (ini enaknya diterjemahin sebagai apa ya? koki sekolah aja yaa :p).

yang tidak diperhitungkan oleh wali kelas mereka adalahh.. salju turun dengan lebatnya! mau tak mau seluruh murid terpaksa menginap dengan para koki yang tidak menyukai anak2.

parahnya lagi, tidak ada satu pun keluarga yang mencari mereka karena mengira para anak sudah diungsikan ke kastil di skotlandia. poin ini aja sebenernya rasa aneh sihh.. masa iyaa ga ada satupun yang nyariin anak2 mereka seeh?!


anywayy.. masakan para koki sekolah itu ga pernah enak tapi yang bikin makin parah adalah ketika salah satu murid menemukan kaleng2 makanan kucing di tong sampah tapi anehnya kucing peliharaan sekolah itu justru terlihat makin kurus dan tampak kelaparan. barulah anak ini menyadari bahwa makanan2 kucing tersebut disiapkan para koki sebagai makanan mereka! tak hanya itu, hewan peliharaan sekolah lainnya juga mulai menghilang dan muncul di piring makan mereka.

rencana menyelamatkan diri pun mulai disusun karena sepertinya pihak penyelamat tidak menyadari keberadaan mereka yang belum sempat dievakuasi sementara pihak keluarga mengira mereka telah aman di tempat pengungsian. walau telah menggeledah seisi sekolah, hanya sedikit yang mereka temukan, dengan banyaknya jumlah mulut yang perlu diberi makan maka dalam hitungan hati persediaan mereka pun akan habis.

akhirnya 4 orang di antara mereka diutus untuk mencari pertolongan, tentu saja hal ini dilakukan tanpa sepengetahuan para koki sekolah karena pastinya ketiga perempuan itu pasti akan melarang rencana mereka. pada hari uang telah ditentukan, keempat murid ini dengan gagah berani meninggalman sekolah dan meluncur di kereta salju dadakan yang dibuat dari meja guru mereka yang telah dimodifikasi.

beruntung, tanpa perlu meluncur sampai ke skotlandia, di tengah jalan keempat anak ini bertemu dengan mantan kepala sekolah mereka yang lalu membantu satu per satu murid serta ketifa koki sekolah untuk keluar dari sekolah menuju tempat kediamannya.

tamat dhe..

terus terang gua beli nih buku karena kepincut ama covernya yang lucu tapi ceritanya ternyata.. yaa begitulah.. ngha jelek2 bangets juga sih tapi pastinya ngga bisa dibilang bagus juga :))

jadi gua rasa 2 bintang cukup dhe untuk nih buku :p

jumat 19/7 (8:01 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~