Saturday, July 6, 2013

the homework machine : mesin pr

the homework machine
(mesin pr)
dan gutman
atria, juni 2010
163 halaman


sabtu 6/7 (2:02 pm)

mari berkenalan dengan brenton, sam, judy dan kelsey yang dipersatukan dbalam kelompok belajar oleh miss rasmussen, wali kelas mereka.

brenton, si kuper yang tidak pernah tertarik mengikuti sebuah trend. judy, si anak pintar yang berusaha keras menyelesaikan tugas2nya sesempurna mungkin. sam, si anak baru yang keren. kelsey, yang tidak peduli dengan pelajaran.

alasan miss rasmussen mengelompokkan mereka simpel saja karena keempatnya bernama belakang yang dimulai dengan huruf d hingga absen mereka berdekatan.

awal kedekatan keempat anak ini adalah ketika brenton secara tidak sengaja keceplosan sama sam bahwa dia memiliki mesin yang membantunya mengerjakan pr! sam tidak percaya dan menganggap brenton hanya membual tapi didorong rasa penasaran, ia dan kedua teman kelompoknya yang lain mengikuti brenton ke rumahnya dan takjub mengetahui mesin itu benar2 ada!!


mesin pr yang dimaksudkan brendon sebenarnya hanya seperangkat peralata komputer biasa, hanya saja brenton berhasil mengembangkan perangkat lunak yang bisa mengenali pola sehingga nisa mengartikan angka2 dan kata2 untuk mengetahui apa yang ditanyakan. penjelasan selengkapnya mengenai cara kerja mesin ini bisa dilihat di halaman 44.

sam, kelsey dan judy tertarik mencoba mesin ini. hasilnya memuaskan, jam2 yang seharusnya mereka gunakan untuk megerjakan setumpuk pr, kini diambil alih oleh mesin pr brenton hingga kini mereka punya waktu untuk mengerjakan hal lain.

ketiganya terbuai, hanya saja ada 1 anak yang mencurigai keempat sekawan yang sering menghabiskan waktu bersama karena tidak mungkinbdengan perangai yang berbeda, mereka bisa bersahabat. mulai muncul rumor si sekolah bahwa empat sekawan yang dinamakan skuadron d ini telah berbuat curang, awalnya ada tulisan berspidol di kamar kecil lelaki, lalu ada yang menelpon polisi untuk mengadukan keberadaan mesin pr ini dan yang terakhir, ada yang menuliskan tentang mereka di buletin sekolah!

ini tidak bisa dibiarkan! tidak hanya mereka tidak ada ide mengenai siapa yang membocorkan soal mesin pr yang mereka namakan belch, seorang pria misterius bernama richard milner yang awalnya mengontak brenton lalu meneror kelsey dan terakhir menguntit judy! astagaa.. kenapa jadi rumit begini?

akhirnya keempat murid kelas lima sekolah dasar grand canyon ini sepakat, mereka harus menyingkirkan belch agar  ketika mereka menghadap kepala sekolah nanti mereka hanya perlu menyangkal. cara yang menyetujui ide gila judy untuk melemparkan komputer brenton dengan menggunakan ketapel buatan si jenius ininpada suatu malam bulan purnama.

selamat tinggal, belch! saatnya kembali ke kehidupan normal. tapi sialnya ada yang menemukan potongan bangkai belch dan melaporkannya ke polisi yang kemudian memulai penyelidikan dan menggiring keempat sekawan ini untuk diinterogasi satu per satu. tak hanya itu, mereka pun akhirnya berkonfrontasi langsung dengan milner! siapa sebenarnya pria ini? jawabannya bisa kalian dapatkan pas baca nih buku, hahaha :D

ceritanya lumayan lah, ringan dan menghibur. tapi ada beberapa kalimat yang bikin gua terkesan.

hal 10 -> jika semua orang keren, maka semua orang akan sama. tidak ada yang akan lebih keren daripada orang lain. tidak ada orang yang biaa diolok2. jadi, kupikir aku memiliki suatu peran yang penting, dalam cara yang aneh. (brenton damagatchi)

hal 49 -> terpikir olehku bahwa aku tidak suka jika ada orang yang menilaiku dari warna kulitku. aku juga seharusnya tidak menilai orang dari warna rambutnya.  (judy douglas)

hal 65 -> apa yang membuatku tertarik? aku akan memberitahumu, apa saja yang menarik bagiku. ketika sekelompok orang mulai melakukan hal yang sama pada waktu yang bersamaan tanpa ada alasan yang jelas. (brenton damagatchi)

hal 76 -> jadi, aku memiliki hipotesis anak2 lain berpikir aku keren karena aku sering bersama2 seseorang yang mereka anggap keren. aku menjadi keren karena pergaulan. (brenton damagatchi)

hal 155 -> kekerenan tidak dihasilkan dari memiliki barang2 keren atau bergaul dengan orang2 keren. berusaha menjadi keren adalah hal yang tidak keren. brenton hanya bertingkah sebagai dirinya sendiri. dia adalah salah seorang anak yang sama sekali tidak keren sehingga dia keren. (sam dawkins)

3 bintang untuk mesin pr ini :)

sabtu 6/7 (3:04 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~