Tuesday, July 23, 2013

how to be a pirate

how to be a pirate
bagaimana caranya menjadi bajak laut
cressida cowell
mizan, cetakan 2, juli 2010
243 halaman


selasa 23/7 (7:23 pm)

ahhh.. udah lama ngga baca seri hiccup, jadi kangen jugaa.. terakhir baca itu dalam bahasa inggris tapi berasa kurang nyambung jadi ga kelar dhe.

nahh.. 'how to be a pirate' ini sendiri adalah seri kedua dari kisah petualangan hiccup yang tampaknya udah lumayan banyak itu.

udah pernah berkenalan belum sama hiccup horrendous haddock 3 yang adalah ahli waris suku hooligan berbulu, bangsa viking yang tinggal di pulau berk. sayangnya hiccup itu jauuuh sekali dari sosok seorang pahlawan gagah berani yang tangkas, cerdas serta berani menentang segala bahaya.

sosok naganya pun kalah garang dari naga2 lainnya, ukurannya jauh lebih kecil. suatu hari dalam latihan adu pedang di laut di tengah amukan badai, secara tidak sengaja hiccup menemukan peti mati milik grimbeard the ghastly, kakek buyutnya. jelas2 di bagian atas peti tersebut terdapat tulisan berupa peringatan agar tidak membuka peti mati berisi barang2 pribadi grimbeard tapi stoick, ayah hiccup yang juga kepala suka kaum hooligan berbulu, tidak mengindahkan larangan anaknya.


mereka terkejut mendapati bahwa dalam peti mati tersebut terdapat seorang pria yang masih hidup yang mengaku bernama alvin, seorang petani-miskin-tapi-jujur. alvin mengakui bahwa ia menemukan 2 lembar kertas, satu berupa peta dan yang lainnya adalah potongan teka teki yang dipercaya merupakan petunjuk di mana grimbeard menyimpan harta karunnya.

melalui bujukan alvin, dengan bersemangat stoick mengumpulkan para prajurit viking untuk memulai ekspedisi ke pulau tengkorak yang disinyalir adalah tempat grimbeard menyembunyikan hartanya itu. masalahnya, selama ini tidak pernah ada pelaut yang kembali hidup2 setelah menjejakkan kaki di pulau tengkorak tapi pesona harta karun telah merasuk ke dalam diri stoick yang membuatnya rela menanggung resiko, walaupun pulau itu dijaga skullion, naga tengkorak berukuran besar yang walaupun tidak bisa terbang, mendengar ataupun melihat namun penciumannya masih tajam.

alvin menyarankan agar mereka semua yang akan berangkat ke pulau tengkorak membersihkan badan mereka terlebih dulu agar skullion tidak bisa mencium bau badan mereka. sesampainya di pulau tengkorak, alvin tetap tinggal di perahu sambil beralasan badannya masih bau uingga mungkin malah membangunkan skullion yang sedang tidur.

para bajak laut pimpinan stoick segera memencar ke berbagai penjuru pulau dan mengandalkan penciuman naga mereka untuk menemukan di mana grimbeard menimbun hartanya. malang, lagi2 hiccup tidak berhasil unjuk gigi untuk membuktikan bahwa dirinya memang pantas menjadi penerus stoik dalam memimpin kaum hooligan. yang pertama menemukan peti harta karun itu justru snotlout, kemenakan stoick yang merasa lebih pantas menjadi ahli waris dibanding hiccup.

lagi2 ada peringatan di peti harta karun tersebut namun stoick yang telah silau harta tidak mau menunggu sampai pulau berk hanya untuk membuka peti tersebut dan mendapati isinya hanualah batu2 maka itu walau lagi2 dilarang hiccup, mereka tetap membukanya dan semuanya tampak puas melihat isi peti yang dipenuhi untaian permata, piala emas, dan benda2 berkilau lainnya.

hiccup yang pertama menyadari bahwa dari dalam peti tersebut menguarkan bau busuk yang membangunkan para skullion dari tidurnya. cepat2 peti itu ditutup dan mereka berlari kembali ke kapal dengan terburu2. hiccup terjungkal pedang berat yang dibawanya sementata skullion semakin mendekat dan siap menerkamnya. tanpa mempedulikan peti harta karun yang dibawanya, dengan gagah stoick bertarung melawan para skullion sambil berusaha menolong anak semata wayangnya. melalui pertarungan sengit yang dilakoninya dengan elegan, stoick berhasil menang dan memboyong peti harta karun yang menjadi tujuan mereka bertandang ke pulau tengkorak.

larut dalam kegembiraan membuat mereka lengah dan tidak menyadari ketika alvin diam2 mengurung toothless, naganya hiccup, ke dalam tong kayu kosong yang ditelungkupkan. ternyata alvin memang kaum buangan seperti dugaan toothless sejak pertama melihatnya. alvin berencana menyabotase perahu lucky 13 milik kaum hooligan, anak buahnya diam2 mengendap2 menaiki kapal stoick dan menyandera satu per satu kaum hooligan. alvin berniat menjual mereka sebagai budak sementara untuk kepala suku dan ahli warisnya, ada rencana khusus yang dipersiapkan alvin, yaitu memakan mereka!!

baggybum, ayah snotlout, yang sebelumnya berperang mulut dengan atoick mengenai harta karun dan ahli waris, kini hanya diam saja ketika mendengar ancaman alvin, snotlout pun tidak lantang maju sebagai ahli waris hooligan, justru hiccup yang berdiri dan dengan lantang berucap bahwa ialah ahli waris hooligan.

saat alvin bersiap beraksi membunuh ayah dan anak tersebut, toothless berhasil menggelindingkan tong yang mengurungnya membentur kaki alvin yang membuatnya sekilas teralihkan perhatiannya dan membuat stoick tidak menyia2kan kesempatan untuk melawan, demikian juga kaum hooligan lain pun melawan balik hingga pasukan kaum buangan pimpinan alvin mulai terpukul mundur.

namun demikian, kapal lucky 13 menampakkan tanda2 akan karam hingga satu per satu berpindah ke kapal alvin tapi hiccup yang bersikeras menolong fishlegs, sahabat karibnya, malah tenggelam bersama lucky 13. beruntung berkat toothless, hiccup dan fishlegs serta alvin yang kembali berbalik menjadi baik dan seolah insaf, mereka menuju gua bawah tanah yang ternyata merupakan gua harta karun sesungguhnya tempat grimbeard menyimpan tumpukan hartanya yang menggunung.

melihat harta tersebut, alvin kembali berubah ke sosok aslinya yang jahat. rupanya grimbeard sudah menyiapkan jebakan terakhir dalam wujud monster strangulator yang merupakan gabungan antara naga, ular dan gurita! dan makhluk ini berhasil menelan alvin hidup2 dan kini mengarahkan tentakelnya untuk membelit tubuh hiccup dan bersiap  menusukkan ekor beracunnya ke hiccup. namun berkat kecerdikan dan keberuntungan, stranglator itu justru menusuk tubuhnya sendiri.

walau didesak fishlegs, hiccup bersikeras tidak mau memberitahu letak gua harta karun itu pada ayahnya dan meminta temannya itu berjanji untuk menyimpan rahasia ini. dengan berat hati, fiahlegs menyanggupi. keduanya kemudian kembali ke pulau dan disambut meriah karena sang ahli waris yang disangka telah meninggal ternyata masih hidup.

akhir dari buku ini jelas bukan akhir dari petualangan hiccup karena di akhir buku, ada bocoran tentang kemungkinan alvin masih hidup dan pastinya berniat membalas dendam.

huaa.. i love this dan i love hiccup dengan aegala ketidaksempurnaannya yang menjadikannya sebagai sosok yang membumi.

can't wait to read his other adventures walaupun ga berurutan sih punyanya tapi sepertinya ga terlalu masalah karena setiap buku walau berkaitan tapi tetap berdiri sendiri.

sampai jumpa, hiccup, gua titipin 3 bintang, tolong jaga baik2 yaa :))

selasa 23/7 (9:04 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~