Wednesday, June 12, 2013

knock three times!

knock three times!
marion st. john webb
atria, mei 2010


rabu 12/6 (9:29 am)

walapun nih buku hanya setebal 257 halaman, butuh waktu lama buat menyelesaikan membacanya. bukan karena membacanya lamat2 sambil meresapi tiap jalinan katanya tapi entahlah, ada sesuatu yang terasa 'kurang'.

cerita dimulai dengan hadiah ulang tahun kesembilan anak kembar bernama molly dan jack. bibi phoebe menghadiahkan mereka kotak cat untuk jack dan bantalan jarum berbentuk labu kelabu untuk molly.

sementara jack bergembira dengan hadiahnya, molly justru merasa murung karena yang benar-benar diinginkannya adalah sebuah gelang perak. yang tidak diketahuinya saat itu adalah justru bantalan jelek itu yang akan membawa ia serta saudara kembarnya bertualang ke dunia mungkin.

dengan gemas molly menusukkan jarum pentul ke bantalan miliknya lalu pergi tidur. rasa kantuknya terusik ketika ia merasa ada yang bergerak2 dalam kamarnya. ternyata bantalan jarumnya bergoyang2 dan tumbuh membesar hingga mencapai seukuran roda sepeda lalu berguling ke arah pintu dan terus berguling menuju hutan di belakang rumah.


molly segera membangunkan jack dan keduanya mengikuti jejak si labu kelabu hingga masuk ke dalam pohon raksasa yang merupakan pintu penghubung antara dunia yang mereka ketahui dengan dunia tempat labu kelabu berasal.

ternyata di dunia asalnya, labu kelabu itu dulunya kurcaci jahat yang memiliki dendam terhadap raja dunia mungkin yang bersama antek2nya memusnahkan semua labu yang sengaja ditanam raja karena ia memerlukannya untuk pengobatan putri tercintanya. 

ketika raja berhadapan muka dengan kurcaci demi mendapatkan labu terakhir yang dimiliki kurcaci, barulah kurcaci itu menyadari bahwa kebenciannya selama ini tidak beralasan karena bukan raja yang melakukan hal2 yang ia tuduhkan.

namun semuanya sudah terlambat karena putri pun meninggal karena tak lagi bisa meminum obat yang salah satu bahan dasar dari resep ajaib pengobatannya itu adalah sari labu.

kejahatan kurcaci pun tersebar dan sebagai hukuman atas perbuatannya itu, sang kurcaci dikurung dalam labu terakhir yang ada di negeri itu. tapi berkat saran penasihat muda kerajaan yang mengusulkan agar mereka membuang labu keluar dinding kota. terbawa suasana, penasihat muda itu menendang labu kuat2 yang membuatnya mulai menggelinding masuk ke dalam hutan.

walau masih terperangkap dalam labu, tapi kurcaci itu berhasil menguasai ilmu sihir hitam dan dengan bantuan para pengikut setianya, mereka menebarkan teror.

nenek nancy yang adalah penyihir berhasil menemukan mantra yang bisa mengirim labu ke dunia lain dalam bentuk bantalan jarum agar tidak lagi bisa mengganggu mereka. yang harus dilakukan nenek nancy adalah berdiri dengan wajah menghadap matahari yang akan terbenam, mengembuskan napas dengan lengan terbentang sambil merapalkan beberapa mantra ajaib agar labu kelabu tetap terperangkap. ritual ini harus dilakukan setiap senja dan nenek nancy tidak pernah absen melakukannya, sampai malam itu ia ketiduran dan labu kelabu pun mendapatkan kesempatan untuk kembali.

sayangnya mantra yang dulu berhasil membuat labu kelabu disingkirkan ke dunia molly dan jack tidak lagi bisa digunakan untuk kedua kalinya. satu2nya harapan mereka hanyalah daun hitam yang setiap tahun selalu tumbuh selama 13 hari secara misterius dan tidak diketahui pasti keberadaannya.

molly dan jack memutuskan untuk tinggal dan membantu mencari daun hitam tersebut, pencarian yang membuat keduanya terpedaya masuk ke dalam jebakan pengikut labu kelabu yang tidak menginginkan siapapun menemukan daun hitam.

ditambah lagi, labu kelabu berhasil menangkap jack dan mengubahnya menjadi serupa dirinya, hingga molly terpaksa menyelesaikan pencariannya sendiri. untunglah berkat bantuan kawan2 yang ditemui sepanjang perjalanan, molly pun menemukan daun hitam yang membuat labu kelabu mau tak mau terpaksa tunduk pada siapapun pemegang daun hitam yang telah merapalkan mantra untuk menguasainya.

akhir yang bahagia, pastinya.. molly dan jack pun bisa kembali ke dunia mereka dengan lega. keduanya mendapatkan hadiah dari raja. molly akhirnya memiliki gelang perak yang jauh lebih indah dari gelang perak idamannya dan jack mendapatkan kuas ajaib.

kenapa buku ini hanya diberi 2 bintang? karena kurang kerasa gregetnya, entah karena terjemahannya yang berasa kurang 'dapat' ataupun memang ceritanya yang kurang memikat.

lebih baik pinjam saja dhe daripada membeli buku yang satu ini :)

rabu 12/6 (12:01 pm)

2 comments:

  1. eehmm... iya kaya'nya kurang menarik ya?

    ReplyDelete
  2. Hehe, buat gua sih emang kurang kerasa gregetnya, Viaa :))

    ReplyDelete

~.thank you for coming.~