Thursday, June 20, 2013

a dog's life

a dog's life
(kisah seekor anjing)
ann m. martin
gramedia pustaka utama
cetakan kedua, agustus 2007


kamis 20/6 (9:49 pm)

menemukan buku ini di antara sekian banyak novel uang diobral di gramedia deket rumah (yang sekarang udah tutup),  harganya yang amat murah bikin gua ga tahan untuk segera meraihnya bersama dengan buku2 obralan lainnya :p

berhubung minat baca itu seringkali drop dead gorgeous makanya baru kemaren gua memutuskan untuk membaca nih buku.

kalau ngga salah inget, ann m. martin itu adalah pengarang seri the babysitter's club ya? tapi ga yakin juga sih, haha, jadi abaikan saja bagian ini :))

cerita dibuat dari sudut pandang squirrel, yang memulai perjalanan hidupnya di sebuah gudang tua bersama ibu dan saudara lelakinya, bone. suatu hari, ibu mereka pergi dan tidak pernah kembali lagi untuk selamanya. selama beberapa saat mereka tetap tinggal di gudang yang berada di sebuah peternakan, squirrel bahkan telah mengenal hewan2 lainnya yang berbagi tempat dalam gudang yang sama.

suatu pagi, bone memutuskan bahwa hidup di peternakan itu tidak lagi terasa cukup baginya, ia pun keluar dari gudang dan memulai perjalanan menuju ke dunia baru yang tidak diketahuinya. squirrel terburu2 mengejar kakaknya karena ia tidak ingin kehilangan satu2nya keluarga yang masih dimilikinya.


dari pedesaan yang tenang, mereka menuju perkotaan yang penuh hiruk pikuk. sempat dijadikan peliharaan selama sehari sebelum keduanya dibuang di parkiran sebuah mal di mana di tempat itu takdir memisahkan jalan hidup kedua kakak beradik ini karena none yang lucu diadopsi oleh wanita yang melihat kedua anak anjing ini dilempar keluar jendela sementara squirrel ditinggalkan di tempat ia berada setelah dibuang.

squirrel pun hidup seekor diri sebagai anjing jalanan dan mengais2 makanan di tong sampah demi memenuhi perutnya yang lapar. sampai suatu ketika ia bertemu dengan anjing betina lainnya, moon, dan mereka berdua mengembara bersama, berpindah dari satu kota ke kota lainnya. 

musim pun silih berganti, mereka bahkan sempat terlibat perkelahian dengan beberapa anjing jalanan lainnya kala berebut makanan. walau masih lapar, squirrel dan moon kalah jumlah, mereka tahu diri dan lari menyingkir sebelum dikerubuti lagi.

squirrel yang sejak kepergian bone merasa siap hidup sendiri, diam2 menikmati keberadaan moon yang setia menemaninya. tapi lagi2 takdir menginginkannya meneruskan perjalanan hidup sendirian saat keduanya tertabrak mobil dan moon mati seketika..

squirrel sempat dibawa ke dokter hewan dan mendapatkan perawatan serta disteril agar tidak bisa punya anak. lalu keluarga yang menabraknya mengambilnya untuk dipelihara, namun hanya selama musim panas saja. kala musim panas berakhir, mereka pun bergegas meniggalkan rumah peristirahatan tanpa merasa perlu membawa serta squirrel.

mau tak mau, squirrel pun kembali ke jalanan hingga suatu hari ia sampai di depan rumah seorang wanita delapan puluh tahunan yang menghujaninya dengan kasih sayang dan keduanya pun menjalani masa tua mereka bersama.

menarik juga sih membaca cerita dari sudut pandang anjing, diajak menelusuri kerasnya kehidupan anjing jalanan yang harus berebut makanan demi bertahan hidup.

tapi gua mengharapkan adanya dialog githu antara squirrel and hewan2 lainnya tapi ini ga ada sama sekali boo.. jadi kadang berasa lelah juga membacanya.

walau demikian, secara keseluruhan masih otree lah. 3 bintang.

kamis 20/6 (11:13 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~