Friday, March 14, 2014

theodore boone : kid lawyer

theodore boone : kid lawyer
pengacara cilik
john grisham
gramedia, cetakan kedua : oktober 2011
272 halaman


jumat 14/3 (9:10 pm)

perkenalan perdana gua dengan john grisham melalui tokoh pengacara ciliknya, theodore boone, bisa dibilang terjadi secara ngga sengaja. awalnya tertarik baca karyanya john grisham karena banyak yang bilang bagus and sepertinya karyanya dia juga banyak yang udah diangkat ke layar lebar. dan beberapa kali nemu juga di obralan, tapi karena harganya yang masih mahal, terlebih yang judulnya termasuk 'beken', jadi gua selalu urung membelinya :p

ehh.. terus nemu theodore boone di obralan.. tapi yang buku ketiga.. pas beli sih gua ngga mikir macam2, karena niatnya emang buat dijual lagi jadi gua comot aja terus pas upload di in2books, ehh ternyata ada yang minat, syukurlah jadi ngurangin stok, haha.. lucunya ngga lama setelahnya gua nemuin buku kedua, yang di-booked oleh orang yang sama.. dan selang sehari setelahnyaa.. gua menemukan buku pertama! nah naahh.. seakan alam berkonspirasi supaya gua membaca nih buku, hahaha.. jadilah gua baca dhe.

dan perkenalan perdana gua dengan theodore boone pun dimulai.

bocah lelaki berusia tiga belas tahun yang duduk di kelas delapan ini mempunyai orangtua yang keduanya sama2 pengacara, ibunya adalah pengacara perceraian sementara sang ayah pengacara real estate, karenanya theodore memiliki ketertarikan terhadap hukum dan suka sekali mendatangi gedung pengadilan. sudah banyak hakim maupun pengacara yang dikenalnya, baik secara langsung maupun reputasinya karena theo senang keluar masuk mengikuti sidang. bahkan di sekolah, beberapa temannya terkadang meminta nasihat hukum padanya, tentu saja theo tidak menarik bayaran karena ia belum membuka praktek, tapi orangtua temannya yang berterima kasih atas bantuan theo yang berkat sarannya maka mereka tidak kehilangan rumah, tetap memberikan uang sebagai ucapan terima kasih.

dan kini ada sidang pidana yang akan digelar dengan terdakwa bernama pete duffy, yang dituduh sebagai pelaku pembunuhan terhadap myra duffy, istri keduanya yang ditemukan meninggal. berdasar hasil forensik, myra meninggal karena dicekik. walaupun pihak jaksa penuntut tidak mempunyai bukti langsung yang memberatkan pete duffy, tapi diduga kuat faktor uang menjadi penyebab utama kenapa pete sampai tega menghabisi nyawa istrinya.

dua tahun sebelumnya, pasangan suami istri duffy memperbaharui polis asuransi mereka, dan bila salah satu pihak meninggal maka pasangannya akan mendapatkan uang asuransi senilai satu juta dolar! uhuuyy.. jumlah uang yang menggiurkan, tidak mengherankan kalau pete ingin uang sebanyak itu, terlebih beberapa bisnisnya sedang terbelit masalah keuangan yang nilainya mencapai ratusan ribu dolar. ditambah, hubungannya dengan sang istri sedang tidak harmonis. maka amat mudah menudingkan jari dan menganggap pete bersalah. tapi tiap sidang dimulai dengan asas praduga tidak bersalah, adalah tugas seorang jaksa penuntut untuk memaparkan fakta2 yang memberatkan terdakwa sementara di sisi bersebrangan, tentunya pihak pembela akan mati2an mematahkan tudingan jaksa dan membela kliennya agar para juri bisa berpihak pada mereka dan memutuskan bahwa kliennya tidak bersalah.

dan memang dari sidang demi sidang yang berlangsung selama berhari2, makin tipis peluang untuk memenjarakan pete duffy karena sejak awal memang jaksa tidak mempunyai bukti2 kuat, dan lagi tidak ada saksi yang melihat langsung kejadian yang bisa memberatkan tuduhan terhadap pete. 

sampai suatu hari..

salah seorang teman sekolah theo, julio, yang dikenalnya di tempat penampungan, mendatanginya dan bercerita tentang sepupunya yang merupakan saksi penting dalam kasus pembunuhan tersebut, karena sepupunya itu melihat seorang pria masuk ke dalam rumah dan pergi tergesa2 sepuluh menit kemudian. ada beberapa kejanggalan yang menarik perhatian bobby, sepupu julio. hanya saja karena ia seorang imigran gelap dan ia memerlukan uang yang didapatnya dari hasil kerja untuk dikirimkan ke keluarganya di el savador, bobby bersikeras tidak mau maju ke pengadilan dan bersaksi karena takut ia akan terancam dideportasi. theo sempat sekali bertemu dengan bobby dan ia percaya bahwa bobby tidak mengada2 tentang apa yang dikatakannya itu. tapi julio memaksanya untuk tidak mengatakan hal tersebut pada siapapun.

theo pun pusing. sebagai anak yang baru berusia tiga belas tahun, theo merasa tidak sanggup menanggung beban ini seorang diri, ia pun akhirnya berbicara pada pamannya yang dulunya pengacara pajak. tapi status bobby sebagai imigran gelap membuat mereka tidak bisa berbuat banyak walau julio kemudian kembali mendatangi theo dengan sebuah bungkusan yang merupakan bukti penting yang akan membawa pete tidak bisa melenggang bebas setelah membunuh istrinya.

tapi bagaimana caranya? bisakah theo memberitahu hakim yang menangani kasus pembunuhan ini tanpa mengungkap identitas bobby? maukah sang hakim percaya padanya? bisakah kesaksian bobby menyeret pete ke dalam penjara?

naahh.. menurut kalian bagaimana? kalau gua sih udah tau endingnya, hahahaha.. kalau kalian penasaran ya baca sendiri yaa :))

membaca cerita ini cukup mengasyikkan sihh.. walau belum sampai membuat gua terpikat dengan john grisham tapi gua ngga keberatan untuk membaca buku2 lainnya dari dia, walau mungkin ngga dalam waktu dekat juga sih :))

3 bintang untuk "theodore boone : kid lawyer".

jumat 14/3 (9:36 pm)

grisham button

5 comments:

  1. Ahaha...ini salah satu buku obralan itu ya.. Kayaknya menarik, ntar gw beliin buat 2J deh.

    ReplyDelete
  2. mungkin karena tokoh utamanya 'baru' 13 tahun.. somehow buat gua pribadi ceritanya kurang greget sih, haha.. mungkin juga karena terbiasa nonton law and order jadi berasa nih buku rada 'kurang'.

    ReplyDelete
  3. theo boone ini termasuk ringan buat ukuran john grisham sih XD kalo mau yg mirip2 law n order bisa coba a time to kill, the firm atau pelican brief ndah. lumayan seru tuh :D

    ReplyDelete
  4. baca ini juga, tapi yg versi inggris. emang sengaja baca ini dulu karena termasuk ringan, buat tau karakter karya-karyanya pak grisham. soalnya bidangnya hukum sih, takut nggak kuat memproses di otak ntar.. wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.. itu juga salah satu pertimbangan gua baca nih buku, karena 'ringan' eh tapi udah kelar baca malah berasa kurang puas, hahahaha XD

      Delete

~.thank you for coming.~