Sunday, March 2, 2014

sapta siaga : rahasia rumah kosong

three cheers, secret seven
sapta siaga : rahasia rumah kosong
enid blyton
gramedia, cetakan ketujuh : mei 2012
140 halaman


minggu 2/3 (6:29 pm)

"three cheers, secret seven" hanya memberikan gambaran yang tidak jelas mengenai isi dari buku enid blyton ini bukan? tapi ketika judulnya diterjemahkan menjadi "sapta siaga : rahasia rumah kosong", maka ngga perlu menjadi jenius untuk mengetahui bahwa cerita kali ini berhubungan dengan rumah kosong, haha..

masih ingat susie, adiknya jack? anak perempuan yang bandel ini mendapat kesempatan istimewa untuk bergabung bersama dengan sapta siaga. tapi, bukan dalam rapat membahas kasus mengenai keganjilan ataupun misteri yang harus dipecahkan, melainkan untuk menerbangkan pesawat mainan miliknya, hadiah dari sang paman yang murah hati, langsung diterbangkan dari amerika!

dan sapta siaga pun mengagumi pesawat milik susie karena memang bentuknya bagus sekali. mereka memutuskan menerbangkannya di lapangan dekat rumah jack setelah selesai menyantap makanan kecil yang dibawa para anggota sapta siaga. dan pesawat susie pun dapat terbang dengan mulus dan anggun. sayangnyaa.. pesawat itu tidak pernah kembali setelah melewati pagar rumah bartlett, tetangga jack.

rumah bartlett telah sekian lama kosong. yang sesekali suka terlihat hanyalah pak grim, sang tukang kebun yang bertugas mengurus taman rumah tersebut selama pemiliknya pergi. setelah minta dengan baik2 tapi tidak berhasil mendapatkan kembali pesawat terbang susie, akhirnya para anak lelaki memutuskan untuk menerobos masuk ke rumah tersebut saat pak grim telah pergi.

sambil mengendap2 dan mata melakukan pencarian di mana kira2 pesawat susie mendarat, akhirnya peter dan jack menemukan pesawat itu tergeletak di balkon atas sebuah kamar. kebetulan sekali ada pohon besar yang bisa dipanjat hingga mereka bisa melompat ke balkon untuk mengambil pesawat tersebut. peter sempat mengintip melalui tirai yang sedikit tersibak dan merasa heran melihat nyala api gas di dalam kamar tersebut!

lhoo.. bukankah pemilik rumah sedang pergi ke luar negeri? khan berbahaya kalau sampai ia ternyata lupa mematikan gas sebelum pergi, salah2 bisa terjadi kebakaran! ini tidak bisa dibiarkan, mereka harus melaporkan hal aneh tersebut. tapi sebelumnya, untuk memastikan bahwa peter tidak salah lihat, mereka pun kembali mendatangi rumah tersebut.

kali ini kedua anak lelaki tersebut kepergok oleh pak grim, si tukang kebun yang hobi marah2, dan satu lelaki lainnya yang adalah petugas bank yang diserahi kunci oleh pemilik rumah selama ia pergi. nah, kebetulan bangets nih, mereka bisa langsung mengecek ke kamar yang peter maksud untuk melihat apakah benar api gas-nya memang menyala!

mereka berempat masuk ke dalam kamar tersebut, dan peter pun tercengang. tidak ada yang aneh dengan ruangan tersebut, perapiannya tidak dalam keadaan menyala! mr. frampton, petugas bank tersebut marah karena merasa peter dan jack telah mempermainkannya, ia sama sekali tidak menggubris ketika peter hendak berbicara lebih lanjut. 

peter marah. karena ia yakin sekali apa yang dilihatnya tidak salah. di samping itu, ketika mereka masuk ke dalam kamar itu, ia sempat menemukan kejanggalan lainnya, sayang sekali mr. frampton tidak mau mendengarkannya! baiklah, kalau orang dewasa menganggap anak kecil seperti dirinya hanya mengada2, lihat saja nanti, ia dan anggota sapta siaga lainnya pasti akan berhasil memecahkan kasus ini!

peter yakin sekali ada orang yang tinggal dalam kamar tersebut, karena selain nyala api gas  yang dilihatnya kala itu, tadi dalam 'inspeksi' mendadak, ia melihat tanaman di pot yang tanahnya masih basah yang artinya ada orang yang menyirami tanaman tersebut. lalu, ada juga jam kuno yang perlu diputar seminggu sekali masih tetap berjalan padahal telah berbulan2 rumah tersebut dalam keadaan kosong. petunjuk terakhir, samar2 peter bisa mencium bau tembakau di dalam ruangan tersebut. naahh! sudah jelas khan ada yang tinggal di sana!

yang menjadi pertanyaan sekarang adalah.. siapa? bagaimana caranya masuk? dan apa yang dilakukan orang tersebut dalam kamar itu?

sudah menjadi tugas sapta siaga untuk menyelidiki hal ini sampai tuntas, karena kalau dibiarkan menggantung, ibarat bisul yang belum pecah, terasa sakit dan menjengkelkan, huahahahahaha :p

minggu 2/3 (6:49 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~