Sunday, January 19, 2014

agatha christie : misteri sittaford

the sittaford mytery
misteri sittaford
agatha christie
gramedia, cetakan ketiga : april 2012
350 halaman


minggu 19/1 (11:19 am)

pemainan 'meja bergoyang' yang dilakukan di sittaford milik kapten trevelyan yang sedang disewakan kepada mrs. willet dan anak perempuannya, mungkin sejenis dengan jelangkung ya.. di mana dilakukan 'pemanggilan arwah' lalu ditanyakan sesuatu dan nanti akan dijawab oleh arwah tersebut.

enam orang berkumpul duduk mengelilingi meja dan melakukan 'permainan' meja bergoyang itu, tidak disangka, 'arwah' yang datang memberikan 'berita' bahwa kapten trevelyan mati dibunuh! apaaa?! yang benar sajaaa.. ini hanya becanda khan? ngga beneran terjadi?!

keenam peserta permainan itu tampak terguncang, terlebih mayor burnaby yang adalah kawan akrab sang kapten selama puluhan tahun. walau saat itu salju turun cukup lebat, sang mayor bersikeras menengok kapten di tempat tinggalnya yang sementara, untuk memastikan kondisi sahabatnya dalam keadaan baik2 saja.

tapi yang didapati justru sang kapten telah meninggal akibat luka tikaman.

astagaa!! jadi yang dikatakan roh itu benar?! tapi tapii.. bagaimana mungkin hal ini bisa terjadi? dan yang terpenting, siapakah pelakunya?

tersangka pun mulai disusun daftarnya, tentunya mereka haruslah yang mempunyai motif untuk membunuh sang kapten dan biasanya yang juga akan mendapatkan keuntungan dari kematiannya karena kapten yang pelit ini tapi disinyalir memiliki banyak harta.

dari berbagai keterangan yang berhasil dihimpun, diketahui bahwa salah seorang kemenakan kapten kedapatan menginap di pondokan setempat dan pergi dengan kereta paling pagi keesokan harinya, waahh.. mencurigakan sekali! kalau memang dia ngga bersalah, kenapa juga ia harus buru2 pergi khan?

polisi pun segera menciduk jim pearson walau anak muda ini bersikeras bahwa dirinya tidak bersalah tapi polisi tetap melakukan penahanan untuk penyelidikan lebih lanjut. tunangan jim, emily, yakin sekali bahwa jim tidak bersalah. jim memang lemah tapi dia pasti ngga akan tega melakukan pembunuhan, tidak.. tidak! pasti bukan jim pelakunya! dan kalau polisi tetap keukeuh mencari bukti yang menghubungkan jim dengan pembunuhan sang kapten, maka emily pun memulai penyelidikannya sendiri untuk membuktikan bahwa tunangan yang dicintainya itu sama sekali tidak bersalah!

bagaimanakah hasil penyelidikan emily? berhasilkan ia menemukan bukti yang akan membebaskan jim dari segala tuduhan? jika bukan jim pelakunya, lalu siapa? dan apa yang didapatkan orang itu dengan membunuh paman dari tunangannya?

hmm hmm.. silahkan menebak2, hahaha.. pastinya sekali lagi, ini adalah salah satu cerita agatha christie yang mengasyikkan! can't wait to read her other novels ;)

minggu 19/1 (11:42 am)


misteri2

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~