Tuesday, January 14, 2014

pasukan mau tahu : misteri bungkusan aneh

the mystery of the strange bundle
pasukan mau tahu : misteri bungkusan aneh
enid blyton
gramedia, cetakan keempat : oktober 2012
296 halaman


selasa 14/1 (12:13 pm)

fatty mempelajari keahlian baru! di masa sekolah semester lalu, ia belajar bagaimana memindahkan suara. bets yang menemaninya yang sedang sakit terkejut ketika mendengar suara ayam dan sapi di kamar fatty, belum lagi ada suara orang tua dari dinding kamar yang meminta sebungkus rokok! hii.. apa iya ada hantu di rumah fatty?! rupanya bukan hantu, melainkan suara fatty. keahlian memindahkan suara ini dikenal dengan nama ventriloquisme. pernah liat pertunjukan dengan menggunakan boneka besar dan seolah2 boneka tersebut yang berbicara? kalau di sini, contohnya itu ria enes dan susan. nah, seperti itulah kemampuan yang sedang diasah fatty.

hobi baru fatty ini membawanya mengerjai pak goon yang sedang menyelidiki rumah pak fellows yang adalah tetangga larry. dari tukang susu langganannya, larry mengetahui bahwa rumah tersebut diobrak abrik pencuri. sayangnya pak fellows juga turut menghilang hingga tidak bisa dimintai keterangan tentang barang apakah yang hilang.

bukan fatty namanya kalau kemudian tidak ikut terjun menyelidiki. berdasar hasil penyelidikan teman2 anggota pasukan mau tahu-nya, fatty berkesimpulan bahwa pak fellows sedang berada di rumah ketika pencuri itu datang. rupanya ia kemudian berlari keluar rumah tanpa sempat bertukar pakaian sambil membawa sesuatu yang diinginkan pencuri yang kemudian mencari ke seluruh penjuru ruangan demi mendapatkan benda yang dibawa pergi pak fellows.

hmm.. seseorang lari2 hanya menggenakan pakaian tidur dan mantel kamar menjelang subuh, tentu akan menarik perhatian. kira2 siapa yang bisa dimintai keterangan ya? dan bagaimana cara mengorek keterangan dari orang yang mungkin melihat pak fellows berkeliaran di pagi hari itu? fatty pun melakukan penyamaran. sialnya pak goon rupanya berhasil menarik kesimpulan yang sama dan berniat menanyai para pekerja perbaikan jalan dan kebetulan pak goon melihat fatty yang sedang menyamar. wah wah, mencurigakan sekali! fatty pun timbul niatan isengnya untuk mempermainkan polisi desa yang ia tahu amat membenci dirinya dan kawan2nya yang selalu selangkah lebih maju dalam memecahkan berbagai peristiwa di daerah tempat tinggal mereka itu.

fatty menemukan karung dan mengisinya dengan batu kemudian berjalan tertatih2 untuk menarik perhatian pak goon yang terpancing dan mengikutinya. fatty lalu membuang karung tersebut ke tepi sungai lalu lari menghindari kejaran pak goon. wah, asyiknya, sudah kebayang nanti kalau matahari sudah meninggi, pastilah pak goon akan kembali lagi ke tempat itu untuk menyewa perahu dan menarik keluar karung yang dibuang fatty, kebayang ga sih bagaimana tampangnya ketika menemukan karung berisi batu?!

kelima anggota pasukan mau tahu ini pun berkumpul untuk menyaksikan peristiwa berharga itu. rupanya hari itu bukan hanya pak goon yang berniat mengaduk isi sungai demi mendapatkan petunjuk, ada orang lainnya yang juga menyewa pengait walau dengan dalih ingin menyelidiki tumbuhan air, hmm.. mencurigakan! tapi tidak ada yang sempat memikirkan hal itu lebih lanjut karena pak goon berhasil mengait sebuah bungkusan keluar dari sungai dan mukanya semakin memerah hingga keunguan ketika ia mengeluarkan lembar demi lembar pakaian beserta perlengkapan macam sepatu dan sarung tangan dari dalam bungkusan itu.

ini pasti ulah anak gendut itu!! pak goon marah sekali dan langsung menuju tempat persembunyian fatty dan memasukkan semua pakaian mungil yang cocok untuk anak lelaki ke dalam baju fatty. fatty berusaha melepaskan diri tapi kalah tenaga karena pak goon yang sedang marah besar memiliki tenaga ekstra. setelah puas, pak goon pun pergi dan anak2 bergegas menolong fatty kembali ke rumahnya untuk berganti pakaian karena pakaiannya basah kuyup dijejali pakaian basah dari sungai.

setelah keadaan tenang dan para anggota pasukan mau tahu kembali berkumpul, mereka menemukan bahwa pakaian yang dengan sukarela diberikan oleh pak goon kepada fatty itu rupanya satu setel dengan sarung tangan merah mungil yang pernah ditemukan fatty ketika ia menyelidiki rumah pak fellows. berkat kejelian bets, mereka mendapatkan sebuah nama, eurikles. apa maksudnya?

tapi petunjuk berharga itu lenyap semua tanpa bekas karena pencuri yang membobol rumah pak fellows rupanya beraksi juga ke rumah fatty dan mengambil semua pakaian yang merupakan petunjuk penting! huaa.. bagaimana bisa mereka ceroboh seperti itu, sekarang apa yang bisa mereka lakukan? ditambah lagi, inspektur jenks, yang merupakan atasan pak goon, berniat menemui fatty sehubungan dengan laporan berlebihan pak goon mengenai suara2 aneh yang didengarnya ketika menyelidiki rumah pak fellows. tapi ketika fatty menyebut nama eurikles, sikap inspektur jenks berubah, ia meminta fatty menjaga kerahasiaan dan tidak memberitahu siapa2 serta menunggunya di rumah karena ia akan datang berkunjung bersama seorang temannya.

hmm.. ada apa sih dengan eurikles? dan siapa sebenarnya pak fellows? mengapa ia terlihat berang ketika fatty menemuinya untuk mengembalikan anak kucing yang ditemuinya di rumah pak fellows serta memberitahunya bahwa polisi ingin tahu barang apa yang telah dicuri dari rumah itu? dan siapakah teman inspektur yang ikut datang berkunjung ke rumah fatty? berhasilkah misteri ini terpecahkan?

tentu saja donks aww, hahahaha.. hanya saja dengan cara bagaimana, gua akan membiarkan kalian mengetahui keasyikannya sendiri :p

again, sejauh ini cerita pasukan mau tahu belum membuat gua kecewa karena seru aja rasanya mengikuti petualangan fatty dan kawan2, ditambah lagi keisengan mereka mengerjai pak goon :)) masih ada beberapa seri pasukan mau tahu lainnya yang belum dibaca, mudah2an masih asyik juga :D

4 bintang untuk pasukan mau tahu : misteri bungkusan aneh.

selasa 14/1 (12:38 pm)


misteri1

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~