Monday, January 6, 2014

my top 5 books in 2013

picture is taken from here


senin 6/1 (8:03 am)

telat bangets ya baru bahas ini sekarang, ahahahaha.. saat yang lainnya udah move on ke postingan lain and berkutat di reading challenge yang akan mereka ikuti di tahun 2014 XD tapi gimana yaa.. gua emang suka merasa susah mengikuti ritme orang lain, ahahaha.. jadi walaupun telat, gua tetap mau melakukan ini :D

pemilihan buku2 berikut ini sebagai my "top 5 books in 2013" punya alasannya sendiri2, ngga melulu harus buku dengan cerita terbaik yang pernah gua baca sih :))

and here they are in random order ^o^

perkenalkaaaann..


bertahun dari sekarang, gua mungkin udah ngga inget lagi "the espressologist" itu ceritanya tentang apaan sih, ahahaha.. tapi sekarang mumpung gua inget, gua kudu musti harus (ya ya yaa.. contoh penggunaan kalimat yang amat sangaaaat tidak efektif :p) menaruh buku ini dalam daftar buku 'terbaik' versi gua di tahun 2013, why? simply becausee.. buku ini menjadi awal pembuka kembalinya gairah membaca gua yang sempat drop dead gorgeous beberapa tahun terakhir :)) and karena buku ini pula gua jadi berniat membuat blog buku dan mereview buku2 yang gua baca supaya gua punya rekam jejak akan asupan bacaan yang gua telan sepanjang tahun yang sedikit banyak pastinya mempengaruhi cara berpikir gua dan hopefully sih bisa memberi perubahan ke arah yang lebih baik :D

~.*.~


gua sukaa ama "the best a man can get", and berasa rada ironis karena buku sebagus ini kok bisa2nya nangkring di obralan! ehh, tapi bagus juga sih karena harga murah akan menarik orang untuk membacanya, ahahahaha :p gua suka baca buku yang ditulis penulis pria dan menceritakan tokoh utama dari sudut pandang pria karena apa yaa, gua pikir menarik sih mengetahui apa sih yang ada di otak pria :)) khan gua ngga pernah jadi pria jadi gua khan ngga tau apaan aja sih yang suka sliweran di otak mereka and bagaimana sih cara mereka memandang sesuatu, haha.. and buku ini menurut gua menjadi semacam panduan yang lumayan penting dalam berumah tangga, betapa biduk pernikahan itu harusnya emang diarungi bersama, jangan seenaknya aja menjadikan istri sebagai 'pabrik anak' lalu ngga mau membantu ngurusin tuh anak dari sejak lahir sampai besar, dan menganggap tugas seorang suami and ayah itu hanyalah memenuhi kebutuhan materi semata!

~.*.~


walaupun speed baca nih buku lamaaaaa bangetss.. malah udah sempat ditinggalkan pula selama sekian bulan sebelum lanjut dibaca sampai akhir, but somehow "kelas memasak lilian" itu mempunyai arti penting buat gua, karena dari buku ini gua belajar bahwa ngga semua buku bisa diperlakukan dengan cara yang sama. ada buku yang fine2 aja dibaca cepat lalu langsung ditulis review-nya untuk kemudian move on ke buku2 selanjutnya. tapi "kelas memasak lilian" itu beda.. somehow dalam membaca buku ini tuh ibarat minum kopi panas, haha.. ya ngga mungkin khan elo nenggak langsung tuh kopi seakan itu air putih dingin? yang bisa elo lakukan adalah menyesap kopi itu sedikit demi sedikit dan menikmati aromanya seraya menelan masuk cairan itu ke dalam tenggorokan. naahh.. "kelas masak lilian" itu bisa dibilang satu2nya buku di tahun 2013 yang membuat gua sekan nyaris bisa mencium aroma masakan yang diceritakan dalam buku :)) it's a wonderful feeling.. karena seakan elo ngga hanya sekedar membaca, but diajak untuk terjun dan hadir di dapurnya lilian ketika ia mengajarkan murid2nya masak beragam masakan.


~.*.~


butuh waktu lamaa bagi gua untuk merasa tertarik membaca buku ini.. padahal nih buku gua rasa udah ngendon lamaa bangets dhe di lemari sebelum akhirnya pas mata gua menelusuri deretan buku terus tertumbuk di sini and tau2 berasa ada keinginan untuk membacanya. and i love this book! ada semacam kehangatan ketika membacanya. mungkin memang bisa dibilang kalau gua bukanlah penggemar genre fantasi kali ya, hahaha.. makanya gua cocok ama cerita2 model "surat untuk raja" ini :D

~.*.~


daaann.. gua pun menobatkan "the Christmas shoes" as my best reading in 2013! how can i not love it, what do i tell my heart? ahahahaa.. jadi nyanyii :p seperti yang gua bilang di review, sebenernya sih ceritanya "the Christmas shoes" itu biasa2 ajaa.. nothing special.. tapi ga tau kenapa, dari yang biasa2 itu justru berhasil mengikat gua secara emosional sehingga gua banjir airmata pas baca nih buku, ahahahaha :))

~.*.~

nahh.. kalau yang satu inii.. buku yang 'nyaris' masuk ke dalam top 5 tapi akhirnya harus ketendang ama buku2 lainnya XD it's..


"the worry website" bisa dibilang awal kecintaan gua ama jacqueline wilson, i soo love this book! karena buku ini pula gua jadi giat mencari buku2 jacqueline lainnya di obralan (tetep yaa.. nyarinya di obralan, ahahahaha :p well.. prinsip gua, kalau bisa dapat lebih murah, kenapa harus bayar lebih mahal?! :p) i guess in a way i kinda hope kalau jacqueline ini bisa jadi the next enid blyton for me karena jacqueline khan masih hidup jadi masih bisa berkarya, sementara one day i will run out of enid's stories, huehehehehe.. tapi yaahh.. ternyata jacqueline tetap ga bisa menggeser posisi enid di hati gua :)) somehow gua ngerasa gaya tulisan jacqueline itu kadang 'berat', walau emang sih topik yang diusung juga bukan bahan ringan, but dipikir2.. ada juga kok cerita enid yang berputar di soal yang 'berat' and ga happy go lucky fun2 aja macam seri lima sekawan or pasukan mau tahu, tapi tetap pembawaan gaya cerita enid tuh ringan dan riang.. itu yang ngga gua temukan di jacqueline dan membuat buku ini pun dengan berat hati harus tersingkir dari top 5.

~.*.~

"the magicians of caprona" by diana wynne jones
picture is taken from here

buku "penyihir2 caprona" ini bisa dibilang buku pertama di tahun 2013 yang gua kasih lima bintang tapi ngga tau kenapaa.. gua justru susaaaaah bangets untuk membuat review-nya, ahahahaha.. mungkin karena saking bagusnya nih buku menurut gua, ada rasa kuatir bahwa review gua itu akan 'mencederai' keapikan nih buku XD jadilah sekian bulan berlalu dan ceritanya pun udah samar2 aja gua ingat, tapi review-nya belum juga dibikin, huahahahahahahahaha :))


okee dokee.. demikian 5 pilihan buku gua di tahun 2013 ^o^ bagaimana dengan kalian? :D

senin 6/1 (8:50 am)

4 comments:

  1. Waah, ada Kelas Memasak Lilian. *tepuk tangan*
    awal-awal baca ini aku bisa menikmati Mbak... Tapi lama-lama rasanya kok makin lambat. Bener kata Mbak Indah, buku ini emang gak bisa diperlakukan dengan cepat. Tapi sayangnya aku termasuk yang belum sanggup menyelesaikan *angkat bendera putih*

    ReplyDelete
    Replies
    1. naah! ternyata ada yang merasakan hal yang sama, ahahaha :D kalau lagi senggang and mood-nya lagi ada, coba diselesaikan baca dhe, Lu, soalnya nih buku sebenernya menarik.. apalagi ada cerita yang sama dilihat dari dua sisi githu ^o^

      Delete
  2. Surat Untuk Raja itu favorit banget >.< *jadi pengen baca ulang*

    ReplyDelete
  3. saya penasaran sm the best a man can get :)

    ReplyDelete

~.thank you for coming.~