Monday, January 11, 2016

the first & the last : dunia sophie & a Christmas carol

senin 11/1 (6:56 am)

dunia sophie menjadi buku pembuka sekaligus penutup bacaan gua di tahun 2015.

setelah melalui perjuangan panjaaaaaang, akhirnya gua kelar juga baca buku yang tebalnya nyaris 800 halaman itu, so hip hip hoorraayy to me XD

kalau ditanya apa isi bukunya? ga tau, hahahaha.. gua juga ga yakin inget teori2 yang 'dijejalkan' sepanjang membaca buku itu. and di tengah jalan gua mulai bingung karena tokoh 'utama' yang diperkenalkan sejak awal membaca ternyata hanyalah salah satu karakter dalam cerita *tuiiinng*

and seringkali sepanjang membaca, gua merasa 'obrolan' antara sophie ma alberto itu cuma sekedar 'tempelan' aja karena sophie kadang nyeletuk ga penting and alberto seringkali ga menanggapi apa yang sophie katakan ketika ia sedang sibuk menjelaskan suatu teori.

all in all, gua merasa lega berhasil menyelesaikan 'dunia sophie', does this book change me? secara sadar sih gua ngga merasa :p

will i read this book again some time in the future? probably.. not! hahahaha XD

mari kita masuk ke buku perdana yang menjadi bacaan gua di tahun 2016 ini, yaitu 'a Christmas carol' karya charles dickens.

sedikit banyak, walau mungkin belum pernah baca langsung bukunya tapi tahu lah ya cerita soal pria tua yang didatangi tiga 'hantu' Natal dari masa lalu, masa kini dan masa depan yang memperlihatkan Natal2 yang telah, sedang dan akan dilalui pria bernama ebenezer scrooge.

film ini juga udah dibikin versi animasinya yang mana scrooge-nya mengambil 'image' dan suaranya diisi oleh jim carrey, ga tau sih kalau udah ada apa belum versi lain sebelum dan sesudahnya.

walau temanya tentang Natal, tapi menarik kalau cerita ini juga dikaitkan dengan kehidupan pribadi setiap dari kita, mungkin dengan meng-skip bagian masa depannya karena itu khan masih merupakan misteri ya walau banyak juga yang bilang masa depan itu bergantung pada pilihan2 yang kita ambil di masa lalu dan masa kini.

apakah kita telah menjadi pribadi yang beda di masa lalu dan masa kini? apakah perubahan itu ke arah yang lebih baik atau justru lebih buruk? dan apa yang terjadi yang membuat kita berubah?

dalam hidup itu kita akan selalu menemui masalah. and cara orang menanggapi masalah yang datang di hadapannya itu berbeda2. ada yang menjadi getir karena masalah yang menimpanya, ada yang justru menjadi pribadi yang lebih baik, hanya saja mungkin yang ingin ditekankan adalah, orang itu ga berubah dalam sekejap mata, ada rangkaian peristiwa yang dialaminya yang mengiringi perubahan yang terjadi dalam diri orang tersebut.

pertanyaannya adalah, if we were visited by the same spirits that had visited scrooge long looong time ago, what would we like to change in the way we live today?

itu, pertanyaan yang perlu direnungkan and perlu dijawab ke diri sendiri :)

senin 11/1 (7:13 am)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~