Wednesday, May 29, 2013

insiden anjing di tengah malam yang bikin penasaran

insiden anjing di tengah malam yang bikin penasaran
mark haddon
kepustakaan populer gramedia
desember 2004


rabu 29/5 (7:26 am)

ini bukan kali pertama buku ini dibaca tapi ketika dibaca ulang sekalipun, buku ini tetap mempesona dengan caranya sendiri.

berkisah mengenai anak lelaki bernama christopher boone, usianya lima belas tahun yang menyandang sindrom asperger, sejenis autisme, yang membuatnya tidak tahan apabila disentuh seseorang.

petualangan christopher sebagai detektif dadakan dimulai ketika ia menemukan anjing tetangganya mati terbunuh. walau sempat menjadi tertuduh, christopher akhirnya dibebaskan dan memutuskan menyelidiki siapa orang yang telah membunuh anjing tersebut dan mencatatkan hasilnua dalam buku.

christophet mahir komputer dan jago dalam memecahkan soal2 matematika namun kikuk dalam berhubungan dengan orang lain. christopher menyukai keteraturan namun membenci warna kuning dan coklat.

dalam upaya penyelidikannya itu, christopher justru menemukan rahasia mengenai ibunya yang selama ini disimpan rapat oleh ayahnya. christopher mengira ibunya telah meninggal, seperti yang dikatakan ayahnya. secara tidak sengaja christopher mengetahui bahwa ibunya berselingkuh dengan suami tetangganya dan keduanya memutuskan untuk memulai hidup baru di lain kota, berdua.




selain mengungkap rahasia keberadaan ibunya, christopher juga berhasil menyingkap misteri pembunuh anjing tetangganya itu yang tak lain dan tak bukan adalah ayahnya sendiri!

sejak itu, christopher menjadi takut tinggal bersama ayahnya. bagaimana jika di suatu malam kala dirinya terlelap, ayahnya mengambil pisau lalu membunuhnya!

tidak, tidaakk.. christopher merasa ia harus neninggalkan rumahnya dan satu2nya tempat yang bisa dituju adalah rumah ibunya di london.

baiklah, london, nantikan kedatangan christopher, tapi bagaimana caranya remaja ini bisa sampai ke sana sementara selama ini ia belum pernah bepergian seorang diri lebih jauh dari ujung jalan rumahnya.

namun berbekal atm ayahnya dan alamat surat ibunya yang telah dihapalnya, christopher pun bergegas menjauh dari ayahnya.

mengenai akhir kisahnya, kayanya lebih asyik dibaca sendiri dhe :))

again, walau bukan pertama kali membaca buku ini, namun kisahnya tetap memikat dan berhasil memecah kebuntuan dalam membaca.

pastinya di masa mendatang, buku ini akan kembali dibaca dan kembali menyelami sekilas dunia christopher yang dipaparkan dengan apik oleh mark haddon yang membuatnya dianugerahi berbagai penghargaan sastra, di antaranya whitbread nocel award 2003, sebuah penghargaan sastra bergengsi di inggris.

minat baca? mungkin agak susah mencarinya ya karena ini buku terbitan lama, coba tengok toko buku bekas dan rajin2 menyambangi bookfair, siapa tau bisa nemu ;) happy hunting..

rabu 29/5 (9:04 am)

2 comments:

  1. aku udah baca buku ini dan aku juga seneng sama ceritanya, tapi sayang... aku lupa detailnya... mungkin suatu waktu mesti baca ulang lagi... :-)

    ReplyDelete
  2. Iya, baca ulang lagi aja, tetap menyenangkan kok ;)

    ReplyDelete

~.thank you for coming.~