Saturday, February 22, 2014

just patty

just patty
persahabatan gadis2 muda di sekolah asrama
jean webster
orange books, cetakan pertama, april 2010
261 halaman


sabtu 22/2 (8:55 am)

suka cerita sekolah berasrama? familiar dengan malory towers dan st. clare? kalau iya, mungkin kalian juga ingin 'mencicipi' kehidupan para gadis remaja yang bersekolah di sma st. ursula di mana trio patty, connie dan priscilla mengadakan 'demo' ketika para guru memutuskan adalah baik bagi ketiganya apabila mereka ditempatkan terpisah dan mempunyai teman sekamar yang baru yang akan saling membantu untuk mempengaruhi satu sama lain dalam hal yang positif.

tapi bukan patty namanya kalau ia diam saja menerima perubahan yang tidak pernah dimintanya itu. ia memang mematuhi apa yang dikatakan kepala sekolahnya tapi ia mengartikannya secara berbeda hingga menimbulkan 'kerusuhan' dan menganggu ketentraman para penghuni asrama lainnya hingga akhirnya para guru pun 'menyerah' dan membiarkan trio ini kembali menempati kamar lama mereka.

ada 12 cerita yang bisa dinikmati dari buku yang satu ini, tapi favorit gua adalah "bulan madu kakek-nenek flannigan", rasanya soo sweet bangets membaca kisah mereka dan apa yang patty serta teman2nya lakukan untuk mewujudkan impian kakek nenek tersebut.

membaca lembar2 awal "just patty" bisa dibilang gua dilingkupi perasaan yang sama seperti ketika membaca "the golden road"-nya l.m. montgomery, karena baru mulai baca tau2 udah berasa 'diserbu' oleh ocehan sekian banyak tokoh yang sama sekali belum gua kenal. gua tadinya udah mau menutup buku ini dan meninggalkannya XD tapi lalu Mute bilang kalau dia suka buku yang satu ini. jadi gua memutuskan untuk menahan diri dan melanjutkan membacanya.

awalnya sih bisa dibilang lumayan 'tersiksa' ya, hahahaha.. karena gua bener2 'kewalahan' membaca lembar2 awal yang terasa kelewat 'bawel' karena berisi percakapan mulu tanpa jeda, but.. gua senang karena gua berusaha bertahan, karena it did get better setelah berhasil melewati belasan lembar awal :p

apakah gua akan membaca ulang buku yang satu ini? hmm.. ngga yakin juga sih, hahahaha :D

tapi memang ada baiknya kalau memang sempat, coba luangkan waktu dulu untuk mencari tahu tentang isi dari buku yang mau gua baca, jangan sekedar mengasumsikannya sendiri. seperti yang gua alami dengan "just patty" ini karena gua mikir buku ini buku yang terbit sebelum "when patty went to college", tapi ternyata gua salah! dari segi urutan cerita sih memang benar, kehidupan di "just patty" itu menceritakan masa2 sma, tapi ternyata buku pertama yang lebih terbit duluan justru yang "when patty when to college"! jadi mungkin itu sebabnya gua mengalami hal yang sama seperti ketika gua membaca "the golden road" yang sama2 buku 'kedua'.

buat kalian yang juga merasa ngga betah ketika membaca lembar2 awal buku ini, saran gua sih.. cobalah bertahan selama mungkin dhe, hahahaha.. karena makin ke belakang, makin bisa 'masuk' ke dalam ceritanya kok.. atau kalau memang mau random, baca aja yang "bulan madu kakek-nenek flannigan" :))

sabtu 22/2 (9:15 am)


 
classic1

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~