Friday, March 13, 2015

life at refrigerator door

jumat 13/3 (10:19 pm)

pernah baca buku yang format ceritanya melalui percakapan di email? surat? atau mungkin twitter?

nah di buku 'life at refrigerator door' ini format interaksi antara claire dan ibunya itu berlangsung di pesan balas berbalas yang ditempel di pintu kulkas!

melalui pesan2 itu juga kita jadi tahu bahwa kedua orangtua claire telah bercerai dan claire tinggal bersama sang ibu yang berprofesi sebagai dokter kandungan, punya kelinci peliharaan bernama peter dan gebetan bernama michael.

di samping itu claire punya kerja sambilan sebagai babysitter dan hobi banget menghabiskan waktu di rumah emma, sahabatnya.

suatu hari nyokapnya claire mengabarkan pada putri tunggalnya bahwa ia menderita kanker payudara. claire meyakinkan ibunya bahwa banyak wanita lain yang juga menderita sakit yang sama namun mampu bertahan dan sembuh dari sakitnya itu.

apakah ibunda claire akan bernasib sama dengan para survivor itu? ataukah nasib 'baik' tidak berpihak padanya hingga claire harus berpisah dengan ibu yang disayanginya itu?

biar lebih greget, silahkan baca sendiri bukunya dan berhenti baca sampai di sini karena pas pembahasan tentang kesan2 abis baca nih buku yang akan gua tuliskan di bawah, amat mungkin mengandung spoiler, baik disengaja maupun ngga XD

anywayy..

lucu juga sih membangun cerita dari pesan2 yang ditempelkan di pintu kulkas, unik khan?

tapi coba dhe mencatat manual pesan2 panjang yang ada di beberapa bagian buku ini biar ada gambaran githu kalau ditempel di pintu kulkas bakal sepanjang apa XD

what i don't like about this book adalah.. ya amplooopp.. segitu sibuknya kah nih emak dan anak sampai2 walau masih tinggal satu atap tapi minim banget ketemuan mukanya?

dan lagi.. buat ukuran anak 15 tahun yang udah tau ibunya terkena kanker.. gimana ya? kok bisa ya 'secuek' itu malah milih untuk menghabiskan waktu melakukan hal2 lain dibanding mendampingi ibunya?

tapi walau gua ga terlalu merasakan ikatan emosi antara ibu dan anak ini, i cried di halaman2 terakhir menjelang ending.

walau belum mengalaminya, gua bisa merasakan berada dalam posisi claire di akhir cerita ketika dia mengungkapkan apa yang dirasakannya terhadap ibunya.

3 bintang untuk buku ini.. mungkin ada baiknya dibikin dalam format cerita 'normal' aja karena potensinya besar banget untuk menjadi bacaan yang 'menyentuh'.

jumat 13/3 (10:35 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~