Tuesday, August 13, 2013

scene on three 3 : (masih dari) kelas memasak lilian

kelas memasak lilian

senin 12/8 (2:42 pm)

yess.. besok udah tanggal yang mengandung unsur 3 lagii yang artinyaa, it's time for "scene on three" yang di-host oleh  bacaan b.zee, babee :))

setelah menimang2, akhirnya gua kembali memilih adegan dari 'kelas memasak lilian' yang walaupun tuh buku masih belum juga berhasil diselesaikan bacanya, tapii.. pas baca bagian ini, gua ngerasa kata2nya itu berkesan bangets boo.. and *ehemm* perlu dipikirkan lebih lanjut, hahaha..

berikut adegannya..

~.*.~

"aku tahu banyak orang yang menggunakan air mendidih, tetapi aku melakukannya dengan cara lain," jelas lilian. "ini sedikit sulit bagi kalian, tetapi lebih mudah bagi kepiting dan rasa dagingnya lebih enak jika dibersihkan dulu sebelum dimasak."

...

"kalau kalian mau menggunakan cara ini, akan lebih baik bagi kalian dan kepitingnya jika kalian merasa yakin." dia meletakkan dua jarinya di atas punggung kepiting sejenak, lalu mencengkramkan jemarinya yang panjang dan ramping di bawah ujung cangkang bagian atas dan menariknya dengan cepat, seperti tukang kayu menyobek papan kayu dari sebuah atap. cangkang pelindung terlepas di tangannya dan si kepiting tergeletak terbuka di atas talenan, bagian dalam tubuhnya adalah campuran warna kelabu dan kuning tua.

...

"aku tahu," kata lilian, "ini sulit dilakukan. namun yang kita lakukan ini sifatnya jujur - kalian tidak sekedar membuka kaleng dan berpura2 daging kepitingnya tidak berasal dari mana2. lalu, kalau kalian jujur dengan apa yang kalian kerjakan, kurasa perhatian dan rasa hormat akan mudah kalian dapatkan."

~.*.~

adegan di atas adalah adegan memasak kepiting. lilian mengajarkan cara 'membunuh' kepiting agar rasanya lebih enak dan bumbunya meresap sampai ke daging kepitingnya. bagi yang udah membaca buku 'kelas memasak lilian' ini tentunya tahu bahwa cerita di dalamnya itu hanya sepotong2, ada 9 cerita yang mana masing2 tokohnya itu adalah peserta dari kelas masak lilian, gua baru baca sekitar 3 sampai 4 cerita aja sih and bagian di atas itu adalah cerita kedua mengenai claire yang diambil dari halaman 44-45.

kenapa gua terkesan ama adegan ini? mungkin karena semalam gua menonton tayangan di afc (asian food channel) yang berjudul 'fish fight' yang dibawakan oleh salah satu koki fave gua, hugh fearnley-whittingstall, dan kalimat ini nih dalam tuh buku yang kurang lebih sama seperti apa yang diperjuangkan oleh hugh, "kalian tidak sekedar membuka kaleng dan berpura2 daging kepitingnya tidak berasal dari mana2".

tahukah kalian kalau untuk tiap 1 kilogram salmon itu diperlukan 3 kilogram ikan2 kecil macam teri (gua lupa dhe yang lainnya apaan :p) yang dibikin jadi pelet makanan ikan? and ini salmon ternakan lho yaa.. and nernakinnya itu gila2an jumlahnya yang artinyaa.. ikan2 kecil di laut itu juga otomatis diambil dalam jumlah yang besar pula! ironisnya itu.. karena ikan2 yang 'diumpanin' buat jadi makanan salmon itu sebenernya yaa bisa kita makan langsung juga :))

lhoo, terus apa hubungannya antara tayangan si hugh itu dengan adegan di 'kelas memasak lilian', terutama kata2 yang gua bold dan italic di atas itu? menurut gua, kalimatnya itu menariik bangets..

"kalian tidak sekedar membuka kaleng dan berpura2 daging kepitingnya tidak berasal dari mana2".

pernah ngga sih pas lagi ngeliat pemotongan ayam atau sapi githu jadi ngerasa kasian ama ayam2nya yang harus meregang nyawa demi kenyamanan perut kita.. belum lagi kalau sapi itu khan ngga bisa sekali tebas langsung putus kepalanya jadinya air mata itu menggenang di kedua mata si sapi sebelum akhirnya ajal datang menjemput.. duhh.. ngenes bangets yaa kalau ngeliat pas nih sapi mau dipotong, tapii.. coba kalau tuh sapi udah dalam bentuk potongan steak yang tersaji di piring di sebuah restoran yang didampingi oleh kentang goreng dan wortel serta buncis, melihatnya saja mungkin udah menerbitkan air liur dan kaga kepikir sama sekali dhe soal sapi yang harus melalui proses 'menyakitkan'.

seringkali disadari atau tidak, kita mungkin seperti yang dikatakan lilian di atas, 'berpura2' sesuatu itu memang sudah sedemikian adanya, tanpa mau memusingkan bagaimana hingga hal itu bisa sampai ke titik ini. padahal ya dipikir2, ngga ada sesuatu yang terjadi secara tiba2. orang ngga bangun di pagi hari lalu tiba2 memutuskan untuk bercerai dengan pasangannya, pastii ada hal2 lain yang terjadi sebelumnya yang membuat nih pasangan merasa ngga tahan dan akhirnya memutuskan untuk berpisah saja. si pihak yang 'dituntut' cerai, bisa jadi udah menangkap sinyal2 ketidakpuasan pasangannya tapi ya itu, 'berpura2' segalanya itu baik2 saja, entah untuk sekedar meyakinkan dirinya sendiri, atau karena ngga mau berurusan dengan 'membetulkan' apa yang 'salah'.

naahh.. that's my 'scene on 3" untuk tanggal 13 di bulan agustus ini.. what's yours? ;)

ikutan 'scene on three' yukk.. gini nih caranyaa..

Cara berbagi lewat Scene on Three :
  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).
sampai jumpaa di angka 3 berikutnyaa ;)

senin 12/8 (4:38 pm)

6 comments:

  1. aku suka banget buku ini, meski ga bisa/suka masak tapi nonton/baca adegan masak selalu menyenangkan. nyamnyam jadi pingin makan kepiting hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. gua juga suka nonton/baca adegan masak, kadang suka bikin ngiler, ahahahaha :))

      Delete
  2. jujur aku risih kalau suruh motongin daging ayam atau bersihin daging ikan yg masih berbentuk potongan2 daging utuh, aku terbiasa yg udah instant macam sosis, kornet, bakso, nugget, hmm jadi laper

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang instan banyak juga yang enaak sih :q keponakan gua lagi suka bangets ama kornet :)) ngomongin makanan emang selalu bikin laper ya, hahaha :q

      Delete
  3. ah iya, memang sudah sepantasnya kita menghormati hewan yg akan memberikan nutrisi dan memuaskan selera makan kita.. makanya kalau nyembelih juga harus langsung mati, jangan sampai hewan2 itu merasa tersiksa :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. katanya kalau hewannya stress sebelum meninggal, energinya itu kebawa pas kita makan dagingnya, yaikss..

      Delete

~.thank you for coming.~