Thursday, April 24, 2014

agatha christie : the pale horse

the pale horse
misteri penginapan tua
agatha christie
gramedia, cetakan keempat : juni 2012
333 halaman


kamis 24/4 (3:47 pm)

pengakuan mrs. davis yang tengah berada di ujung ajalnya pada pastor gorman yang sengaja diminta datang karena ada hal yang ingin disampaikan wanita tua itu pada sang pastor, ternyata berbuntut panjang. dalam perjalanan pulang kembali ke kediamannya, pastor gorman mampir ke sebuah kafe kecil untuk mencatatkan nama2 yang diberitahu oleh mrs. davis sebelum ia meninggal. rupanya daftar nama itulah yang justru merenggut nyawa sang pastor karena saat keluar dari kafe, ada seorang pria yang membuntutinya lalu membunuhnya.

waahh.. ada apa sebenarnya, dan apa maksud dari daftar nama yang disembunyikan sang pastor di sepatunya itu? melalui hasil penyelidikan, ternyata hanya 2 nama di akhir daftar yang masih dalam keadaan hidup sementara nama2 di atasnya telah meninggal.

dalam buku ini, kita tidak akan menemukan hercule poirot ataupun miss marple namun demikian ngga mengurangi keasyikan mengikuti penyusutan mark easterbrook yang secara tidak sengaja terlibat dalam suatu hal yang diduga melibatkan praktek perdukunan, wah!

benarkah orang bisa membunuh orang lain yang tinggal di tempat terpisah jarak puluhan kilometer hanya dengan menjampi2 barang milik calon korban? lalu bagaimana dengan saksi mata yang mengaku melihat sang pastor dan orang yang membuntutinya, benarkah kesaksiannya itu?

satu per satu potongan puzzle mulai menempati bagian yang pas hingga fakta2 yang ditemukan pun mendukung sebuah teori, hanya saja mengingat tidak ada yang mau membuka mulut sehubungan dengan pale horse, mark dan rekannya, ginger, merasa perlu untuk terjun langsung dan meminta bantuan pale horse dalam upaya berpura2 menyingkirkan seseorang.

berhasilkah upaya mark itu? bagaimana jika kemudian walau mereka sudah mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk, namun ternyata sihir yang telah dikirimkan itu mulai menancapkan taringnya dan membuat keadaan memburuk?

ya ya yaa.. untuk mengetahui keseluruhan kisahnya, amat sangat disarankan untuk meluangkan waktu membaca buku yang satu ini, hahahaha :))

as always, gua salah donkss menebak pelaku pembunuhannya XD emang hebat bener dhe si agatha dalam meramu cerita dan menggiring pembaca untuk menetapkan tersangka lalu memutarbalikkannya di akhir dan mengungkapkan siapa pembunuh yang sesungguhnya, hahaha :p

4 bintang untuk "the pale horse" and can't wait to read another agatha's novels ^o^

kamis 24/4 (4:01 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~