Thursday, April 10, 2014

lima sekawan : memperjuangkan harta finniston

five on finniston farm
lima sekawan : memperjuangkan harta finniston
enid blyton
gramedia, cetakan ke-13 : april 2012
190 halaman


kamis 10/4 (1:43 pm)

aaaahhh.. i have to say kalau gua kangeeeeeeen ngeblog di sini, ahahahahaha :p pertama2, hip hip hurraaayy karena akhirnya berhasil online lagee di kompie, halleluya puji Tuhan! sebelum gua kebanyakan ngoceh yang ngga berhubungan ama buku, mari kita langsung masuk aja ke ceritanya yaa :))

masih pada inget ama lima sekawan khan? mereka adalah george yang bernama asli georgina tapi anak perempuan yang lebih memilih berpakaian dan bertingkah laku layaknya anak lelaki ini, benci bangets ama namanya and lebih senang dipanggil george, awas aja kalau kalian berani memanggil georgina, minimal sih bakal dicemberutin seharian ama perempuan belasan tahun berambut ikal pendek ini, haha :p george mempunyai 3 orang seppupu kakak beradik, , mereka adalah julian, dick dan anne. lho, baru empat? lalu siapakah anggota kelima dari pasukan petualang ini? dia tak lain dan tak bukan adalah tim, atau yang kadang dipanggil timmy, si kaki empat ini amat setia ama george. haahh? kakinya ada empat? yoii.. soalnya timmy itu bukan manusia melainkan seekor anjing! uhuyy.. dengan format berlima seperti ini, dijamin dalam setiap liburan selaluu adaa aja petualangan yang dikarang enid untuk dialami oleh lima sekawan ini.

kali ini lima sekawan berlibur di finniston farm yang dikelola oleh pasangan suami istri philpot dengan dua anak kembar mereka, henry dan harriet yang sama2 memiliki panggilan harry. selain mereka berlima, di penginapan itu juga ada tamu dari amerika yang terdiri dari ayah dan anak. duo harry tidak menyukai junior, anak amerika itu karena perilakunya yang memperlakukan ibu mereka seperti pembantu. namun demikian mereka terpaksa menahan sikap karena tamu amerika itu berani membayar mahal dan uangnya amat dibutuhkan oleh orangtua kembar ini untuk bisa tetap mempertahankan pertanian mereka.

di kawasan yang berumur ratusan tahun itu tentunya mempunyai cerita. dahulu kala di dekat finniston farm terdapat sebuah puri yang berdiri megah. sekarang memang hanya tinggal reruntuhannya saja, namun dipercaya ada harta terpendam di dalamnya karena puri finniston dulunya tergolong makmur dan ketika puri itu habis terbakar, di bekas reruntuhannya tidak ditemukan sisa hartanya yang dipercaya sudah dipindahkan ke tempat lain.

empat sekawan (timmy mah mana mempedulikan harta, haha.. asal dikasih bongkahan tulang yang besar, dia pasti udah senang :p) tergelitik untuk mencari tahu keberadaan harta tersebut. lagipula, tidak ada ruginya andai mereka tidak berhasil menemukan apapun, setidaknya kegiatan menelusuri jejak harta karun ini dapat menjadi cerita tersendiri dalam liburan mereka.

tak disangka dari hanya sekedar iseng, mereka berhasil menemukan harta karun yang terpendam itu, huaaa! tapi sialnya, mereka terperangkap di bawah tanah karena lubang tempat mereka masuk itu tertimbun tanah yang longsor dan menutupi jalan keluar!

ooo.. situasi ini jelas tidak baik! bisakah mereka keluar dengan selamat? apakah tamu amerika itu yang terlebih dulu berhasil membujuk keluarga philbot dengan sejumlah uang untuk membiarkan mereka menggali dan menyimpan apapun yang mereka temukan?

jawabannya hanya ada dalam buku setebal 190 halaman ini :D

again and again.. walau dulu sempat dilanda kejenuhan, gua menikmati petualangan lima sekawan.. asyik ya jadi mereka itu, adaa aja petualangan yang mereka alami dari waktu ke waktu, hahahaha..

4 bintang untuk "lima sekawan : memperjuangkan harta finniston".

kamis 10/4 (2:15 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~