Tuesday, April 22, 2014

the gates

the gates
gerbang neraka.. akan segera terbuka
john connolly
gramedia, desember 2011
320 halaman


selasa 22/4 (7:08 am)

walaupun udah punya beberapa bukunya john connolly, "the gates" merupakan awal perkenalan gua dengan pengarang yang satu ini. perkenalan yang bisa dibilang cukup mengesankan hingga gua berniat membaca karya2nya yang lain :))

"the gates" sendiri menceritakan mengenai terbukanya sebuah portal yang memungkinkan para setan melakukan lintas dunia dan memasuki dunia yang kita diami saat ini. sialnya bagi ba'al, tangan kanannya sang maha dengki, kehadiran mereka di dunia itu disaksikan oleh seorang bocah bernama samuel yang saat itu sedang mengintip ruang bawah tanah tetangganya dan menyaksikan betapa tubuh mrs. abernathy dan suaminya serta kedua temannya, diambil alih oleh makhluk yang tidak jelas berasal dari mana.

samuel berusaha menceritakan apa yang dilihatnya itu kepada ibunya, namun orang dewasa seringkali tidak percaya perkataan anak yang di luar nalar. jadi sementara samuel harus berjuang sendiri sampai kemudian tidak merasa puas dengan lambatnya proses pengambilalihan kendali dunia, ba'al yang mengambil tubuh mrs. abernathy menjadi tubuh sementaranya di dunia, mulai memanggil pasukan2 setan untuk menyiapkan jalan bagi sang maha dengki.

kota kecil biddlecombe pun geger ketika mayat2 orang mati yang jahat2 pada bangkit dari kuburnya, ditambah kehadiran makhluk2 dalam beragam bentuk dan rupa. walaupun kejadiannya itu pada malam halloween, tetap saja rasanya mustahil manusia biasa bisa berdandan seperti itu. 

samuel pun menghubungi kedua temannya, tom dan maria, untuk membantunya. ibu samuel pun akhirnya percaya setelah melihat sendiri. 

berhasilkah samuel menghentikan upaya penguasaan dunia oleh sang maha dengki? lalu siapa itu nurd? bukannya dia juga termasuk setan, tapi mengapa ia malah membantu samuel?

nah nah.. buat yang merasa penasaran, jangan lupa langsung baca aja bukunya :))

anywayy.. nih buku sebenernya ngga tebel2 amat ya, mana gaya bahasanya juga cukup otree.. cuman yang menjadi kendala utama yang menyebabkan gua beleeets bangets menyelesaikan membaca nih buku, lebih karena topik utamanya yang mengangkat tentang neraka dan setan2 yang rupanya itu mengingatkan akan monster2, haha.. well, neraka itu memang gambarannya tidak pernah menyenangkan, bukan? :p

tapi di samping itu, gua rasa suka ama gaya berceritanya john connolly di buku ini, sedikit banyak mengingatkan akan trilogi bartimaeus di mana tuh jin suka sekali menggunakan catatan kaki dan di buku yang satu ini juga bisa ditemui beragam catatan kaki, walau ngga sebanyak di barti.

hal lainnya yang membuat gua suka dengan buku ini adalah.. john connolly merasa perlu untuk memberikan judul untuk tiap bab yang ditulisnya, hal mana yang udah lumayan jarang ditemukan dalam buku2 terbitan sekarang ini. dan judul2 yang diberikan itu juga terasa menggelitik karena mengandung semacam kontroversi dengan menggabungkan dua hal yang bertentangan ke dalam satu kalimat.

berikut contohnya :

ketika samuel memutuskan berkonsultasi pada pakar setan dan neraka, tapi tidak mendapatkan apa-apa

ketika kita mengunjungi rumah pasangan abernathy, dan memutuskan kita tidak akan mau tinggal di sana

yaa.. semacam itulah judul2nya.. satu yang kurang itu, ngga ada daftar isi! haha, hal ini rada menyulitkan kalau misalkan mau balik membaca part2 tertentu :p

berbicara mengenai cover, menurut gua sih covernya keren! walaupun nih cover hanya memakai tiga warna aja, tapi detail-nya itu menarik! thumbs up untuk yang mendesain cover-nya.

3 bintang untuk "the gates".

selasa 22/4 (7:25 am)


No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~