Friday, June 27, 2014

the child thief

the child thief
pencuri anak
brom
gramedia, oktober 2012
920 halaman


minggu 22/6 (8:42 am)

kenal sama peter pan? tokoh rekaan yang satu ini sedemikian populer-nya sampai ada yang namanya peter pan syndrome :D buat yang belum kenal sama peter pan, kalau versi disney itu peter adalah sosok anak lelaki yang bisa terbang dan satu nih 'keistimewaannya', dia itu ngga bisa jadi tua ataupun dewasa, selamanya tubuh dan pikirannya itu terperangkap sebagai anak2. bayangkan bisa berbuat bebas sekehendak hati tanpa adanya orangtua yang selalu melarang ini itu dan bisa mengerjai kapten hook tanpa ada yang memberikan sanksi ataupun omelan, aahh.. hidup itu nikmat sekali!

well, kalau peter pan versi disney masih melekat sedemikian eratnya dalam benak kalian, coba buang jauh2 dulu sosok peter pan yang seperti itu sebelum kalian mulai membaca buku yang satu ini. karena menurut brom, sang pengarang, dia pun terkaget2 ketika pertama membaca versi asli peter pan yang ternyata beda bangets ama peter pan versi disney. well, disney memang udah merombak dan mempermanis cerita aslinya agar bisa lebih merangkul penonton anak2. berhubung gua belum pernah baca versi asli peter pan, gua ngga bisa mengaminkan ataupun menyangkal pernyataan si brom :))

anywayy.. karena peter pan asli 'menghantui' brom, maka ia memutuskan untuk membuat versi kelam lainnya dari peter pan dan lahirlah peterbird, sang pencuri anak, yang mana walau sama2 ngga bisa bertambah tua dan juga memiliki kelincahan peter pan ala disney.. tapi jangan harap membaca cerita dengan adegan mengawang2 dan terasa 'manis'.

prepare yourself to witness beragam kekejaman dan kesadisan dalam buku ini, dengan tebasan dan tusukan pedang serta darah muncrat ke mana2, hiii.. gua aja harus menahan2 diri untuk melanjutkan baca nih buku sampai selesai XD dan di tengah2 baca, saking ngga sanggupnya untuk terus tanpa jeda, gua pun menyelinginya dengan baca pasukan mau tahu : misteri pencuri siluman supaya bisa kembali mendapatkan semangat untuk meneruskan membaca "the child thief" ini sampai akhir.

pada akhirnya gua hanya bisa memberi 2 bintang untuk buku yang satu ini. gua ngga bisa bilang ini buku yang jelek karena rating di goodreads sepertinya cukup tinggi yang artinya banyak pembaca yang menyukai dan memberikan banyak bintang untuk buku yang satu ini. yang lebih pas untuk dikatakan adalah.. it's just not the kind of books that gets me hooked :)

minggu 22/6 (9:17 am)


3 comments:

  1. Arghhhh sudah lama mau buku ini >.<

    ReplyDelete
  2. aku nggak suka endingnyaaa...oiya sama beberapa terjemahannya di bagian umpatan agak2 janggal yaaa XD

    ReplyDelete
  3. dongeng-dongeng disniey banyak yang versi aslinya nggak manis. X.X

    ReplyDelete

~.thank you for coming.~