Monday, January 12, 2015

what katy did at school

what katy did at school 
susan coolidge
puffin classics, 1994
216 halaman


senin 12/1 (12:14 pm)

kunjungan cousin olivia ke kediaman keluarga carr akan segera membawa perubahan. menurut olivia yang adalah saudara dari pihak ibu, katy itu tingkah lakunya jauh melebihi usianya yang hanya terpaut sekian bulan dengan anak gadisnya. masih menurut cousin olivia, tidaklah sehat bila gadis muda seperti katy dibiarkan 'mengemban' tugas mengurus rumah tangga tanpa pernah merasakan dikelilingi oleh teman2 sebaya.

atas pertimbangan itu, papa carr akhirnya menyetujui usulan cousin olivia untuk mengirim katy serta clover, adiknya, untuk bersekolah asrama selama setahun di hillsover, tempat yang sama di mana lilly page, anak cousin olivia bersekolah. 

kedua gadis muda ini awalnya merasa berat meninggalkan rumah namun di sisi lain mereka juga merasa gembira menyambut gembira hari2 yang akan mereka jalani selama setahun. untunglah mereka berdua mendiami kamar yang sama, dan perlahan namun pasti, katy dan clover mulai menjalin pertemanan dengan gadis2 muda lainnya tempat mereka menimba ilmu bersama setahun ke depan.

rose red dengan tingkah polahnya yang lucu and jahil segera menjadi teman dekat kedua gadis carr. dengan setia ia membela katy ketika diperlakukan tidak adil karena kepala sekolah mereka menemukan sepucuk surat yang dialamatkan pada pria muda, perbuatan yang dianggap tidak pantas dan patut diganjar hukuman. bulan demi bulan berlalu kehebohan surat itu pun menyusut dan banyak di antara teman2 mereka yang tidak mempercayai katy melakukan hal yang sangat tidak 'ladylike' seperti itu. namun tetap saja ada yang mengganjal karena siapa sebenarnya yang menulis surat tersebut dengan mencantumkan namanya?

lalu 'keseruan' macam apa saja yang dialami katy dan clover selama bersekolah? ayo cepat cari bukunya dan mulai membaca buku ini untuk mengetahui kisah selengkapnya.

'what katy did at school' adalah buku kedua lanjutan dari 'what katy did'. kesan setelah membaca buku ini?

hmm.. kalau membandingkan dengan kisah2 kehidupan berasrama lain seperti malory towers dan st.clare-nya enid, jelas kalah seru dan kalah mengasyikkan XD 'what katy did at school' lebih seperti kisah yang hanya perlu dinikmati selewat saja untuk kemudian lanjut ke buku2 lainnya untuk dibaca.

dibandingkan dengan prekuelnya sendiri juga bisa dibilang 'what katy did at school' kurang memberikan efek memorable seperti 'what katy did'. mungkin karena 'struggle'-nya kurang atau gimana ya.. ada rasa yang 'hilang' ketika membaca buku ini.

kisah kehidupan katy carr masih akan lanjut ke buku ketiga, 'what katy did next' tapi rasanya gua perlu menyegarkan diri dulu untuk memberi 'jeda' dan ruang untuk kisah2 lainnya sebellum kembali 'bersentuhan' dengan katy.

maaf ya, katy dan clover, hanya 3 bintang yang gua berikan untuk kisah kehidupan kalian di sekolah berasrama :D

senin 12/1 (12:31 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~