Tuesday, November 18, 2014

katy

what katy did
katy
susan coolidge
gramedia, cetakan kedua : juli 1991
224 halaman


selasa 18/11 (9:18 am)

dipikir2.. jaman gua kecil dulu itu lumayan dimanjakan ama buku2 cerita anak karena jaman itu gramedia banyak menerbitkan buku untuk anak2 dari beragam pengarang, salah satunya "what katy did" karya susan coolidge yang diterjemahkan jadi "katy". 

katy adalah sulung dari 6 bersaudara, ia mempunyai 3 saudara perempuan dan 2 saudara laki2. ibunya meninggal ketika si bungsu masih kecil dan bibi izzie, kakak sang ayah, yang mengasuh mereka semua. bibi izzie tegas dan suka membuat banyak aturan hingga anak2 kadang suka sebel sama bibi mereka itu. padahal ya coba mereka menempatkan diri pada posisi mereka itu, masih singel udah harus mengurus enam orang anak yang aktif2 dan ngga bisa diam yang sering bangets sepulang bermain tuh pakaiannya udah terkoyak di sana sini hingga sang bibi harus menjahit bagian2 yang robek tersebut.

suatu hari katy yang lagi dalam suasana hati ingin membangkang tidak mengindahkan larangan bibinya tentang ayunan baru di halaman mereka. ia berayun tinggi2 dan terjadilah kecelakaan itu yang menyebabkan katy terjatuh dan tulang punggungnya cedera cukup parah yang mengharuskannya menghabiskan waktunya dengan berbaring.

untuk anak yang gemar bergerak seperti katy, harus berbaring sepanjang hari itu terasa amat menyiksa. tapi karena itu pula barulah katy menyadari betapa besar pengorbanan bibi izzie karena dengan setia dan telaten bibi izzie merawat katy dan menemaninya hampir setiap saat.

hari demi hari berlalu berganti bulan dan tahun namun katy masih tetap belum dapat berdiri. akankah terjadi mujizat hingga katy dapat kembali seperti semula? lalu bagaimana dengan adik2nya, apakah mereka menjadi semakin dekat dengan kakak sulung mereka atau justru menjauh karena awal2 sejak terjatuh dari ayunan, katy lebih sering uring2an dan mengusir pergi adik2 yang berusaha menghiburnya itu.

yang mau tahu, jangan lupa baca kisah yang satu ini :)) 

again and again.. gua merasa lebih cucok ama cerita2 anak jaman dulu. rasanya mengasyikkan membaca bagaimana mereka menghabiskan hari2 mereka. dalam banyak hal mereka itu lebih kreatif dari anak2 jaman sekarang yang lebih asyik dengan game2 online :p

4 bintang untuk "katy", besok2 gua mau lanjut baca buku kedua dan ketiga-nya aahh ^o^

selasa 18/11 (9:30 am)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~