Tuesday, November 18, 2014

the long winter

the long winter
laura ingalls wilder
avon, 2003
352 halaman


selasa 18/11 (9:36 am)

aahh.. udah lama bangets kelar baca nih buku tapi belum juga menuliskan review-nya XD "the long winter" adalah perkenalan pertama gua dengan laura ingalls wilder. duluu bangets sebenernya gua pernah punya "anak tani", terjemahan dari "farmers boy" yang juga merupakan bagian dari serial little house, tapi sayangnya sebelum tuh buku sempat gua baca, udah diloakin ama bokap, huahahahahahaha *apess* :p

and sekarang ini udah susah bangets ya nyari serial ini di gramedia karena khan udah terbitan lama and bukan terbitan gramedia pula jadi makin susah lah mencarinya. pernah nemu tapi yang serial anak perempuan or nyokapnya laura sementara little house ini khan menceritakan kehidupan laura-nya. toko2 buku bekas online kadang suka ada sih nih buku tapi untuk buku 2nd gua lebih milih melihat langsung kondisinya sih karena kalau udah kotor bangets duh bisa gatel2 ngebacanya.

buku "the long winter" sendiri gua dapatkan udah lamaaa bangets tapi ngga tau kenapa selama ini males banget ngebacanya. sampai kemaren ini akhirnya mood buat membacanya itu datang dan gua pun terpesona ama apa yang diceritakan laura di buku ini dan jadi pengen mengumpulkan lengkap serialnya. beruntung kemaren ini menang giveaway ww-nya astrid dan di bookfair awal november lalu dapat 1 lagi buku little house jadi total udah punya 3, horee.. mudah2an besok2 kembali berjodoh dengan buku2 lain di seri ini, amiinn..

okee.. kepanjangan pembukaannya, hahaha XD mari bercerita tentang "the long winter" yang adalah buku ke-6 dari total 9 buku di serial little house. gua sih ngga masalah ya langsung baca buku ke-6 tapi buat yang harus baca bukunya secara berurutan, seri pertamanya itu berjudul "little house in the big woods".

dalam "the long winter", seperti judulnya, laura dan segenap penduduk kota kecil tempat mereka tinggal kali ini harus menghadapi musim dingin yang panjaaaang dan 'kejam'. berhubung jalur kereta tertutup salju, maka kereta yang biasa datang secara reguler membawa persediaan makanan kini mau tidak mau terpaksa tidak melintasi kota mereka karena terlalu membahayakan untuk tetap beroperasi dalam cuaca seburuk ini.

wah, ini berita buruk! memang sih mereka udah mulai menimbun persediaan makanan untuk menghadapi musim dingin, tapi yang sama sekali tidak mereka perkirakan adalah kali ini musim dinginnya lebih lama dibanding biasanya. persediaan makanan di tempat yang menjual bahan pangan dengan cepat menyusut dan akhirnya habis. punya uang sekalipun tidak ada gunanya bila tidak ada barang yang bisa dibeli. kesempatan mendapatkan daging buruan segar pun lenyap karena kecerobohan salah seorang pemburu yang terlalu cepat menembakkan senapannya hingga hewan buruan mereka langsung kabur dan lenyap dari pandangan. 

yang membuat penduduk kota marah ketika beberapa orang pemuda menempuh bahaya berkuda ke kota tetangga demi mendapatkan gandum tapi kemudian oleh pemilik toko gandum tersebut dijual dengan harga tinggi demi meraup keuntungan besar padahal pemuda2 tersebut tidak mengambil keuntungan sama sekali. ada ya orang yang tega githu di tengah2 kesusahan.

bagaimana laura dan keluarganya menghadapi musim dingin ini? mampukah mereka bertahan? (pastinya sih iya, ini khan baru buku keenam sementara total ada 9, hahaha :p).

buat yang tinggal di negara 4 musim, mungkin mereka lebih bisa relate ama apa yang diceritakan laura dalam buku ini. sementara gua yang tinggal di indonesia yang hanya punya 2 musim dan biasanya kalau nonton film pas musim dingin itu berkaitan ama natal jadi dalam benak gua itu winter lebih berhubungan ama yang fun2 ajaa.. sementara dingin itu kadang bisa demikian menggigit dan bikin tangan ma kaki jadi beku dan kaku ya hingga jadi numb githu, rasanya mungkin mirips ma kesemutan kali ya? 

untuk menghangatkan tubuh aja ribets, musti pakai baju berlapis2 dan memastikan perapian selalu menyala agar ruangan menjadi hangat. coba bayangkan kalau masih harus ditambah dengan memikirkan kemungkinan ngga bisa makan! huaaa.. sengsaranya bisa dobel tuh XD

tapi bagusnya nih buku.. di tengah keadaan sekitar yang diliputi salju yang dingin, somehow you can still sense the warmth dari interaksi yang ada dalam keluarga laura. kehangatan yang seakan mengusir hawa dingin.

i love these kind of books.. walau untuk jangka panjang gua mungkin udah ngga inget lagi ceritanya, but kesannya itu akan selalu melekat dalam ingatan ^o^

terima kasih, laura, telah menuangkan kisah hidupmu dalam jalinan kisah yang membuat gua jadi 'mengenal' keluargamu. sampai berjumpa di buku2mu yang lainnya ;)

selasa 18/11 (10:08 am)

lucky no14
2. cover lust
 

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~