Tuesday, November 11, 2014

my name is kim sam soon

my name is kim sam soon
ji su-hyun
penerbit haru, cetakan pertama : juni 2012
380 halaman


selasa 11/11 (12:39 pm)

buat penggemar drama korea, pasti ngga asing lagi dengan drama berjudul "my name is kim sam soon" (atau mungkin ada yang pakai judul "my lovely kim sam soon") yang sempet booming sekitar tahun 2005an. serial tersebut ternyata merupakan adaptasi dari buku berjudul sama yang dikarang oleh ji su-hyun. berhubung gua belum nonton serinya jadi ngga tau juga beda apa kaga sama versi buku, walau rasa2nya sih pasti ada yang diubah demi efek lebih dramatis :))

satu yang gua tanyain ke temen yang udah nonton sih di versi drama-nya, si direktur do young dibilang lebih muda dari sam soon sementara di versi buku sam soon berusia 29 tahun sedangkan do young 32 tahun, nahh.. emang lebih dramatis khan kalau cowok kaya, tampan, lebih muda pula ehh malah jatuh cintanya ama cewek yang lebih berumur, dari kalangan menengah ke bawah, udah githu secara fisik lebih 'berisi' dibanding rata2.

yoii.. menyadari usianya udah tinggal selangkah lagi berkepala 3 namun prospek untuk hidup berumahtangga sepertinya masih jauh asap dari api, sam soon pun rajin menyambangi acara perjodohan yang sayangnya selalu berakhir tidak sesuai harapan. sam soon bukannya belum pernah terlibat hubungan asmara sama sekali. kala dirinya sedang belajar menekuni bidang pastry di perancis, sam soon sempat menorehkan kisah asmara dengan rekan senegaranya. bahkan demi pria tersebut pun sam soon rela meninggalkan sekolahnya di tengah jalan demi mengikuti sang pujaan hati yang ingin kembali ke tanah air. 

menyesal kah sam soon dengan keputusannya itu? tentu tidak, karena baginya pria itu adalah hidupnya. walaupun tidak lama mereka harus berpisah jarak karena lelaki itu terbang ke amerika untuk meneruskan studi, sam soon tetap setia menanti. penantian yang sia2 karena tepat di hari natal setahun yang lalu, sang kekasih menelponnya hanya untuk memutuskan hubungan dengannya!

aarrgghh!! seakan itu belum cukup, tiba2 saja takdir kembali mempertemukan sam soon dengan hyun woo, sang mantan pacar yang rupanya tidak butuh waktu lama untuk menemukan pengganti sam soon. bahkan belakangan sam soon baru tahu bahwa karena kehadiran wanita lain itu pula lah ia dan hyun woo harus berpisah. ironisnya, tunangan baru hyun woo adalah teman sma-nya yang sejak dulu tidak pernah akur dengannya. kedua pasangan yang berbahagia ini memesan kue pertunangan di tempat sam soon bekerja, dan sebuah ide muncul dalam benak sam soon untuk membalas dendam pada pria yang telah menyakitinya itu.

acara balas dendam sam soon yang lumayan sukses jadi bahan perbincangan itu bukannya tidak membawa konsekuensi bagi kelangsungan karir-nya. tentu saja 'insiden' penambahan bubuk cabe dalam adonan kue pertunangan itu membuat sam soon dipecat dan untuk beberapa waktu kesulitan mendapatkan pekerjaan. seakan belum cukup dirudung malang, rumah masa kecilnya yang dijadikan jaminan oleh ayahnya untuk keperluan sang paman kini harus direlakan karena sang ayah kabur dan satu2nya cara untuk mempertahankan rumah tersebut adalah bila mereka bisa menebus rumah tersebut seharga 50 juta won!

gleekk.. dari mana uang sebanyak itu?! beruntung (atau malah sialnya) sam soon kemudian bertemu dengan do young yang bersedia memberikan pinjaman uang yang diperlukan sam soon, dengan syarat gadis itu mau menjadi pacar pura2nya selama satu tahun karena pria itu sudah lelah dengan beragam acara perjodohan yang dirancang oleh ibunya. demi mempertahankan rumah dengan kebun spesial yang dibuat khusus untuk dirinya, sam soon pun terlibat kontrak pacaran dengan do young yang awalnya terasa mudah karena siapa pula yang akan jatuh cinta dengan pria seperti monster tersebut!!

tapi seiring waktu yang mereka lalui bersama baik di tempat kerja maupun di luar itu, benih2 cinta mulai tumbuh di hati sam soon. akankah kisahnya kali ini berakhir dengan bahagia? ataukah sam soon harus kembali menelan pil pahit dan merelakan pria yang mengisi hatinya itu untuk kembali ke pelukan wanita lain?

kira2 kalau bisa milih, kalian akan milih ending yang seperti apa untuk sam soon? :))

well.. ini buku pengarang korea pertama yang gua baca and membacanya mau ngga mau jadi teringat akan drama korea, haha.. maksudnya dari baris demi baris ceritanya itu, sedikit banyak pasti bisa membayangkan adegannya andaikan ceritanya diangkat ke layar kaca :D

awalnya cukup menyenangkan membaca ini lalu menjadi sedikit membosankan untuk kemudian kembali menggairahkan menjelang akhir, dan tak lupa ada adegan menggendong yang sepertinya udah jadi pakem yang sipp di versi drama, haha..

kelar baca buku ini jadi pengen nonton seri drama-nya, haha.. apalagi settingannya khan di toko kue githu, duuhh.. kebayang dhe bakal mupeng nonton kue2 cantik yang menggugah selera untuk digigit dan diteruskan ke perut XD

3 bintang untuk "my name is kim sam soon".


nb. thanks to Via for this book ^o^

selasa 11/11 (1:05 pm)


 

lucky no14
12. Freebis Time

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~