Friday, May 9, 2014

the moffats

the moffats
eleanor estes
odyssey classics
2001
211 halaman


jumat 9/5 (9:23 am)

meet the moffats, waitt.. ini bukan boyband kakak beradik yang sempet beken sekian tahun silam lhoo.. itu lhoo, kembar tiga dengan sang kakak yang semuanya laki2 and menyanyikan lagu mendayu2 yang sekarang pas gua coba inget2, ngga ada satupun lagunya yang masih nyantol, hahahaha :p

anywayy.. kalau moffatts yang boyband itu khan dobel f dan dobel t sementara moffats yang mau gua ceritakan ini hanya f-nya aja yang dobel, terdiri dari sang ibu dan 4 orang anak, mulai dari yang terbesar : sylvie, joe, jane dan rufus. dalam buku ini lebih banyak bercerita tentang jane, walau penyampaiannya bukan dalam bentuk "aku" (ya ya yaa, gua emang blebep kok soal istilah sudut pandang kesatu, kedua, ketiga, dan keempat kalau ada, hahaha :p).

kehebohan terjadi di the yellow house, rumah yang sudah ditinggali the moffats sejak rufus masih kecil, ketika seorang pria memasang papan bertuliskan "for sale" di halaman rumah mereka. apa boleh buat, the moffats memang hanya menyewa rumah tersebut dan kini di tengah situasi ekonomi yang sulit, pemiliknya berniat untuk menjual rumah tersebut demi mendapatkan uang tunai. 

hari demi hari berlalu dalam kecemasan, bagaimana bila ada yang berminat terhadap yellow house? ke mana mereka akan pindah dari rumah yang sudah amat terasa seperti rumah, bukan sekedar tempat untuk tidur? walau sedih memikirkan kemungkinan harus meninggalkan yellow house, waktu terus berlalu tanpa kompromi dengan diwarnai beragam kejadian, semisal hari pertama rufus pergi bersekolah di mana ia malah kabur bersama salah seorang teman barunya dan tersasar dalam kereta menuju kota lain! atau joe yang lumayan alergi sama yang namanya menari dan di tengah kelegaan karena "hanya" perlu bertugas sebagai pembalik halaman not balok, tiba2 saja diharuskan menari karena rekannya menghilang di hari pertunjukan, yaikss.. belum lagi jane yang ketakutan sama polisi malah ngumpet di box penyimpanan roti dan sempat membuat orang serumah panik karena tak kunjung pulang sehabis tugas berbelanja. lalu benarkah ada hantu di loteng keluarga moffats?

semua kisah di atas dan beberapa kisah lainnya, semuanya terangkum dalam buku bercover cantik dengan tebal halaman sebanyak 211 yang sesekali membuat pembaca tersenyum simpul membaca keseharian yang dialami anak2 the moffats.

4 bintang untuk "the moffats" yang merupakan buku pertama dari serial keluarga the moffats, hmm hmm.. semoga di lain kesempatan bisa berjumpa kembali dengan serial ini :D

jumat 9/5 (9:36 am)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~