Monday, May 12, 2014

agatha christie : miss marple's final cases

miss marple's final cases
kasus2 terakhir miss marple
agatha christie
gramedia, cetakan kelima : januari 2014
172 halaman


senin 12/5 (2:35 pm)

dipikir2 buku2nya agatha christie yang gua baca itu kebanyakan detektifnya ada miss marple.. berhubung gua belum lama 'berkenalan' dengan karyanya agatha, ngga tau juga dhe ada berapa banyak sih detektif yang ditampilkan dalam cerita2nya itu. tapi yang paling terkenal emang si hercule poirot ya, bahkan jaman gua belum mulai membaca serial agatha ini pun, gua lumayan familiar ama nama hercule :))

anywayy.. setelah berasa datar membaca buku agatha yang tokohnya adalah miss marple di misteri karibia, baru di "miss marple's final cases" ini gua kembali berkenalan dengan sosok miss jane marple, kali ini dalam 8 cerita pendek.

dalam buku yang jumlah halamannya kurang dari 200 ini, silahkan pilih secara random apa mau terlebih dulu membaca perlindungan, lelucon yang aneh, pembunuhan dengan pita pengukur, kasus si penjaga rumah, kasus pelayan yang sempurna, miss marple bercerita, boneka sang penjahit, atau teka teki pantulan cermin.

membacanya secara acak tidak menjadi masalah karena cerita yang satu tidak berkaitan dengan cerita lainnya, satu2nya benang penghubung dari cerita2 tersebut adalah miss marple-nya sendiri, but anywayy.. gua rada bingung dengan cerita terakhir, "teka teki pantulan cermin" karena di cerita itu kok ngga ada miss marple-nya yaa :p

terbiasa membaca cerita agatha yang lumayan tebal dengan hanya menyuguhkan satu kasus untuk dipecahkan maka bisa dibilang membaca cerita versi pendek dari kasus2 pembunuhan yang ada di buku ini, walau diramu oleh tangan dan isi kepala dari orang yang sama, but somehow selesai membaca ada perasaan bahwa ada yang kurang dari cerita tersebut. bagusnya sih karena dengan halaman yang jauh lebih terbatas, kita masih disuguhi suatu kasus lengkap sampai ke penyelesaiannya, tapi karena terbiasa dengan yang 'rumit' dan kompleks.. membaca cerita2 ini jadi merasa kurang puas.

eh tunggu.. rasa2nya di cerita "boneka sang penjahit" juga ngga ada miss marple-nya dhe. berbicara mengenai "boneka sang penjahit", rupa2nya cerita yang satu inilah yang dijadikan cover dari buku ini. coba perhatikan baik2, gambarnya serem yaa *ngg* gua awalnya udah ngga mau beli nih buku, hahaha.. karena ya itu, udah cover serem, detektifnya si miss marple, tipis pulaa dengan harga yang ngga dibanting sampai murah bangets :p

tapi justru "boneka sang penjahit" inilah yang menurut gua jadi highlite dari kumcer di buku ini. apalagi kalau dibacanya di malam hari, sambil sesekali memandangi covernya, lalu meresapi isi ceritanya dan dibaca di ruangan yang hanya satu lampu meja aja yang dinyalakan. di tengah kesunyian malam, hiii.. gua sempet takut membacanya, haha XD untung aja ngga sampai kebawa mimpi :p padahal sebenernya ceritanya standar sih, tentang boneka yang bisa bergerak sendiri githu, gua juga pernah bikin cerita seperti itu, tapi tetap aja gua berasa takut pas baca cerita ini karena agatha pinter membangun nuansa tegang dan mencekam :))

all in all.. lumayan lah nih kumcer, walau miss marple masih belum bisa menggeser kedudukan hercule poirot :p and psstt.. tau ngga apa komen temen gua pas gua cerita ke dia kalau gua lagi baca nih buku?

"well.. miss marple itu orangnya kepo ya!"

huahahahahahaha.. gua sih no komen aja dhee :p what do you think? apa kalian setuju kalau miss marple itu kepo? :D

3 bintang untuk "miss marple's final cases".

senin 12/5 (2:53 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~