Wednesday, May 21, 2014

agatha christie : the mysterious affair at styles

the mysterious affair at styles
misteri di styles
agatha christie
gramedia, cetakan kedelapan : november 2013
266 halaman


rabu 21/5 (2:56 pm)

gua lupa pernah denger di mana, kayanya sih di serial "law and order" dhe.. yang mana salah satu detektifnya tuh bilang ketika seorang suami or istri ditemukan dalam keadaan meninggal yang bukan karena sebab wajar, it's always the wife or the husband who murdered that person!

nahh.. tidaklah mengherankan ketika mrs. emily cavendish (oh, sekarang namanya telah berganti menjadi mrs. inglethorp) menghembuskan napas terakhirnya, tidaklah mengherankan ketika banyak telunjuk yang menuding albert inglethorp sebagai pembunuhnya. 

mari kita liat fakta2 yang mendukung teori ini. emily itu wanita tua kaya raya dan albert itu usianya jauuuhh di bawahnya! kekayaan emily berasal dari peninggalan suaminya terdahulu. tentu saja kedua anak tiri emily, john dan lawrence tidak setuju ketika emily ingin menikah kembali dengan albert, terlebih sejak kehadiran albert, bisa dibilang aliran keuangan mereka mulai tersendat. walau demikian, albert tetaplah mempunyai keuntungan dengan kematian istrinya tersebut karena biasanya harta itu jatuh ke tangan pasangan baru ke anak, kecuali dalam surat wasiat disebutkan lain.

sayang sekali bukti yang memberatkan albert tidak ditemukan. pertama, albert tidak berada di rumah pada waktu emily meninggal, sejak malam sebelumnya ia keluar rumah dan tidak kembali lagi sampai keesokan harinya karena lupa membawa kunci rumah. pembunuhan yang tampak terencana dengan baik ini dicurigai dilakukan oleh orang dalam. siapakah kira2 yang membunuh emily? berhasilkah poirot mengungkap misteri ini dalam penampilan perdananya di novel agatha christie? dan *eheemm* berhasilkah kalian menebak dengan benar siapa pelakunya? karena.. gua lagi2 salah menebak, huahahahaha XD

dari hasil2 baca goodreads, gua baru tahu ini adalah buku perdananya agatha christie. will i still make her as my new-found fave author andai buku pertama yang gua baca adalah buku ini, dan bukan pembunuhan atas roger ackroyd? i guess so!

karena berdasar rekam jejak di blog ini, "the mysterious affair at styles" adalah buku kedua belas agatha yang gua baca, and i still love her and her stories, hahaha.. emang sih gua masih belum merasakan asyiknya membaca misteri dengan miss marple sebagai detektif utamanya, ataupun menikmati cerita2 pendeknya, tapi setiap membaca bukunya agatha itu ada rasa.. hmm.. apa yaa.. menyenangkan githu dhe, seperti tahu gua akan disuguhi cerita dengan ending tak terduga tapi ya ngga mengada2 juga :p

4 bintang untuk buku yang satu ini, can't wait to read more of her stories ;)

rabu 21/5 (3:18 pm)

No comments:

Post a Comment

~.thank you for coming.~