Monday, May 26, 2014

a tree grows in brooklyn

a tree grows in brooklyn
sebatang pohon tumbuh di brooklyn
betty smith
gramedia, januari 2011
648 halaman


senin 26/5 (8:55 am)

bagaimana merangkum kisah setebal 648 halaman menjadi serangkaian kalimat untuk menggambarkan isi di dalamnya? hmm.. susah ya, hahahaha.. dengan buku setebal ini, janganlah mengharapkan alur yang cepat karena sesuai perkiraan, memang alurnya termasuk lambat, tipe bacaan yang perlu dikunyah pelan2 dan dinikmati setiap citarasa yang mengiringi kunyahan untuk kemudian ditelan diiringi kepuasan.

buku ini berkisah mengenai kehidupan keluarga nolan yang terdiri dari pasangan suami istri johnny nolan yang menikahi katie rommely kalau usia keduanya masih terbilang belia, belum lagi memasuki usia 20 tahun. tapi cinta yang membara di antara keduanya membuat mereka mantap memasuki gerbang pernikahan dan melalui masa2 sulit dalam ekonomi, keduanya dikaruniai 2 orang anak, francie dan neely yang usianya hanya terpaut satu tahun. 

johnny tipe pria perlente yang gemar berpakaian rapi dan terlihat wangi serta tanpa perlu susah payah menebar pesona, orang2 di sekitarnya dengan sendirinya telah terjerat masuk ke dalam pesonanya. sayangnya johnny mempunyai kebiasaan mabuk2an. usia yang masih muda dengan beban tanggung jawab yang lumayan besar untuk menghidupi istri dan kedua anaknya membuatnya melarikan diri ke minum2an, walau untungnya kemabukan johnny tidak berlanjut ke kekerasaan fisik terhadap istri dan anak2nya.

katie bukanlah tipe istri yang hanya duduk diam berpangku tangan di rumah mengurus anak. ia giat bekerja membersihkan rumah untuk memastikan agar selalu ada atap di atas kepala mereka dan makanan di meja makan mereka. penghematan luar biasa dilakukan demi kelangsungan hidup keluarga nolan.

beruntung bagi francie dan neely, mereka lahir di amerika, negara yang menjanjikan masa depan yang lebih baik dibanding tanah kelahiran kedua orangtua johnny yang berasal dari irlandia maupun orangtua katie yang berasal dari austria. francie dan neely bisa mengenyam pendidikan secara gratis sampai mereka cukup umur untuk mendapatkan sertifikat kerja lalu mulai membanting tulang untuk membantu menopang perekonomian keluarga.

francie senang bersekolah, ia bahkan meminta pada orangtuanya untuk disekolahkan di tempat yang lebih jauh walau itu artinya ia harus bangun lebih pagi, berjalan kaki pulang dan pergi lebih lama dibanding sekolah lamanya, karena francie melihat sekolah barunya itu lebih bagus, ia ingin menjadi bagian dari sekolah tersebut. francie yang gemar membaca dan bertekad membaca seluruh buku yang ada di perpustakaan dekat tempat tinggalnya.

neely, sang adik, permata hati kesayangan sang ibu dengan rupa mirips dengan sang ayah. neely yang lebih memilih untuk terus bekerja dibanding melanjutkan pendidikannya namun tak urung senang juga ketika kembali berkumpul dengan teman2 semasa pendidikan dasarnya dulu. 

"a tree grows in brooklyn" berkisah di seputar kehidupan francie dan orang2 di sekitarnya. mengangkat beragam hal mulai dari kemiskinan, pelecehan, kehilangan, pengorbanan, cinta dan kasih sayang serta harapan. life goes on.. dan dalam keadaan terberat sekalipun, kala tidak bisa melihat secercah cahaya di depan sana, dengan bertahan dan terus melanjutkan hidup sambil melakukan yang terbaik yang bisa dilakukan, masa2 suram itu pun suatu saat hanya akan menjadi kenangan.

ya, memang kehidupan francie jauh dari kemewahan, tapi membaca kisahnya kita bisa merasakan kehangatan. bahkan johnny yang pemabuk itu, setelah ia meninggal pun, bagian dari dirinya tetap hidup dalam diri orang2 yang pernah mengenalnya, yang dalam suatu waktu justru menolong katie dan keluarga kecilnya untuk bertahan hidup, terlebih saat katie ditinggal johnny ketika dirinya dalam keadaan hamil.

i didn't do this book a justice in trying to describe of how good this book really is, hahaha.. jadi pleaseee.. kalian baca sendiri dhe and you'll know what i mean ketika gua bilang bahwa buku ini adalah buku yang bagus and really worth your time in reading it :)

berikut salah satu cuplikan yang gua suka dari buku ini, cuplikan2 lainnya akan masuk dalam scene on three :p


part di atas bikin gua jadi mikir.. lucu juga ya kalau dipikir2, betapa orang yang mirips dengan diri kita kok malah lebih banyak clash-nya dengan kita dibanding dengan mereka yang justru berbeda dari kita, mengapa demikian? haha.. kalimat2 di atas itu perlu direnungkan lebih lanjut untuk mendapatkan pemahaman yang lebih menyeluruh, eh?

4 bintang untuk "a tree grows in brooklyn".

senin 26/5 (9:31 am)


classic 2


lucky no14
7. Once Upon A Time

2 comments:

  1. hmmmm, lambat di awal yah, gue takutnya ngebosenin aja ndah. Tau sendiri gue ini cepet bosanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rada setipe ma 'the yearling' :)) kalau elo bisa menikmati petualangan jodi maka elo juga bakal suka buku ini, Lin ;)

      Delete

~.thank you for coming.~