Saturday, July 27, 2013

lima sekawan : nyaris terjebak

five get into trouble
lima sekawan : nyaris terjebak
enid blyton
gramedia, cetakan ke-15, september 2008
233 halaman


jumat 26/7 (10:41 pm)

hahaha.. seharusnya ya hari ini tuh gua menyelesaikan membaca 'kelas masak lilian' tapi walau tuh buku ga tebal2 amat, entah kenapa progress-nya beleeeets bangets sehingga gua tergoda untuk kembali berpaling ke enid yang dipinjemin ma keponakan gua di perpus sekolahnya.

buku ini adalah seri kedelapan dari petualangan lima sekawan yang pada liburan paskah kembali ke pondok kirrin tempat kediaman orangtua george namun ternyata paman quentin harus pergi menghadiri konferensi dan bibi fanny akan menemaninya. anak2 tidak masalah ditinggalkan sendirian karena mereka berniat melaksanakan rencana yang awalnya akan mereka lakukan di liburan musim panas, yaitu melancong dengan sepeda.

dikarenakan julian dianggap bisa bertanggung jawab atas kedua adiknya, dick dan anne, sementara tim tentu saja akan mengikuti ke mana pun george pergi, bibi fanny akhirnya mengijinkan keempat anak itu bersepeda dan berkemah selama liburan. mereka dibekali uang untuk makan dan tempat menginap andai cuaca tidak mendukung untuk bermalam di luar dalam kantong tidur maupun di dalam tenda.


penuh semangat keempatnya menggenjot sepeda mereka diiringi tim yang berlari2 riang menyamakan langkah. suatu pagi setelah tidur di twpi danau, mereka kedatangan seorang anak lelaki seumuran anne yang bilang bahwa danau itu adalah danau milik ayahnya namun ia tidak berkeberatan mereka ada di sana. richard namanya dan ia menceritakan tentang dirinya yang memiliki pengawal pribadi dan salah satu di antara mereka sepertinya menaruh dendam karena ia sering mengadukan pada ayahnya yang membuatnya dipecat dan kabar terakhir yang didengarnya, mantan pengawalnya yang bernama rooky itu mendekam di penjara. julian dan dick tidak sepenuhnya mempercayai cerita richard yang menurut mereka dilebih2kan namun baik anne maupun george tampaknya terpesona.

richard kemudian mengutarakan keinginannya untuk ikut dengan mereka setelah mendengar tempat selanjutnya yang dituju lima sekawan ini berada dekat dengan rumah bibinya. setelah mengantongi ijin dari ibunya, richard pun turut mengayuh sepeda bersama keempat anak lainnya. setelah makan, mereka pun berpisah jalan, richard menuju kediaman bibinya sementara yang lain meneruskan perjalanan.

karena ban dick kempis tertusuk paku, ia ditinggalkan bersama anne sedang julian, george dan tim pergi ke pertanian terdekat untuk membeli bekal makan malam dan juga persediaan untuk sarapan keesokan harinya. sedang mengurusi ban sepedanya, tiba2 saja richard muncul kembali sambil berlari, wajahnya memancarkan ketakutan. ia mencari julian dan tim yang diharapkan dapat menolongnya lolos dari kejaran dua orang pria yang memburunya.

tanpa memberi keterangan memadai, richard berlari ke arah pertanian yang ditunjukkan kedua kakak beradik itu. anne memanjat pohon agar bisa melihat lebih jelas saat julian dan george kembali sementara dock meneruskan mengurus ban sepedanya. tak lama ada dua orang pria yang muncul di hadapan dick. mendengar keributan di bawah, anne mematung sambil berpegangan erat di dahan agar tidak terjatuh. kedua pria itu membawa dick pergi karena mengiranya sebagai richard yang memang sedang mereka cari.

anne baru turun ketika julian kembali bersama george dan tim serta richard. ia menceritakan apa yang diketahuinya lalu mereka berempat mencoba mencari  di mana letak owl's dene yang sempat terucap oleh salah seorang pria yang menculik dick namun di peta mereka hanya menemukan owl's hills dan ke sanalah mereka menuju. mereka pikir owl's dene mungkin nama sebuah rumah yang terletak di kawasan itu.

saat sedang beristirahat untuk memakan bekal yang dibeli di pertanian, ada kejadian janggal di mana sebuah mobil bentley hitam bernomor polisi kmf 102 yang berhenti di jalan raya dan menjemput seseorang di pondok reyot dekat tempat mereka makan. orang yang dijemput itu menukar pakaian terlebih dulu lalu melempar baju lamanya ke dalam sumur, masuk ke dalam mobil hitam lalu pergi.

anak2 kembali bersepeda dan bertemu dengan mobil hitam itu lagi yang sedang memasuki gerbang sebuah rumah, ternyata rumah itu bernama owl's dene! mereka tidak menyia2kan kesempatan dan ikut menyusup masuk sebelum pintu gerbang menutup. mereka berusaha mencari tau apa dick ada di dalam rumah tersebut. julian melemparkan batu kecil ke arah jendela di loteng karena ia yakin dick disekap di atas sana. tidak ada jawaban. namun salah satu jendela ternyata terbuka hingga mereka memutuskan masuk, ternyata itu jebakan dari tuan rumah yang lalu menyuruh mereka menginap di salah satu kamar dan keesokan harinya mereka bisa pergi dari rumah tersebut.

julian berfirasat bahwa pak perton pasti akan mengunci kamar tempat mereka tidur agar mereka tidak berkeliaran di malam hari. karenanya ia bersembunyi dalam lemari dan meminta anne menumpuk selimut hingga kala pak perton memeriksa kamar sebelum menguncinya, ia tidak akan mengira salah satu anak tersebut tidak sedang berbaring untuk tidur.

setelah memastikan pak perton telah tidur, julian keluar dari lemari dan berjingkat mencari keberadaan dick. ternyata tak hanya menemukan dick, julian juga mengetahui beberapa rahasia lain yang tersembunyi di owl's dene.

keesokan paginya ketika rooky, mantan pengawal richard, datang dan marah2 karena mereka menangkap anak yang salah! nyaris saja keempat anak dan richard yang telah menghitamkan rambut pirangnya dengan abu dari perapian agar rooky tidak mengenalinya dan siasat itu berhasil untuk sementara waktu sampai mereka hampir mencapai gerbang yang ditutup tiba2 karena rooky menyadari ia pernah melihat richard sebelumnya.

anak2 dibiarkan berkeliaran di luar rumah karena mereka tidak mungkin kabur, pekarangannya bertembok tinggi hingga mereka tidak bisa memanjat keluar dan pintu gerbang hanya ada satu aja yang dibuka tutup secara otomatis dari dalam rumah. ada urusan lebih mendesak lainnya yang perlu para penjahat itu bereskan terlebih dulu sebelum rooky mengurus richard dan me.balaskan dendamnya.

saat sedang berkeliaran, julian mendapat akal agar dirinya menyuaup keluar dengan masuk ke dalam bagasi mobil bentley hitam lalu nanti pas mobil itu berhenti, ia akan keluar dan melapor ke kantor polisi agar mereka bisa menyelamatkan yang lainnya. tapi bagasi itu sempit sekali hingga yang mungkin bersembunyi di dalamnya hanyalah anne atay richard. anak lelaki itu menawarkan diri lalu disusunlah rencana apa yang harus dilakukannya.

richard berhasil keluar namun karena beraembunyi terlalu lama dalam posisi badan yang tidaj terlalu enak, butuh waktu baginya untuk bisa berlari normal, nyaris saja ia tertangkap pak perton yang melihatnya kabur. tapi saat richard berlari masuk ke dalam kantor polisi, tentu saja pak perton tidak mau mengikutinya dan memacu kendaraannya kembali ke owl's dene untuk memperingatkan teman2nya.

setelah inspektur polisi mendapat keterangan jelas dari richard, ia beserta anak buahnya pergi ke owl's dene sementara richard dipulangkan ke rumah orangtuanya yabg cemas dan telah melaporkan berita kehilangannya ke kepolisian.

pak perton, rooky serta kedua anak buahnya kalang kabut berusaha menyembunyikan permata curian mereka lalu memastikan sudah menyingkirkan segala bukti yang bisa memberatkan mereka andai ditemukan polisi.

julian mengusulkan kedua adiknya, george serta tim agar bersembunyi di ruang rahasia di balik buku2. polisi datang dan berkat keterangan julian mereka berhasil menemukan buronan yang melarikan diri dari penjara dan juga permata curian.

again, all is well, hahaha.. walau yaahh.. dipikir2 apa ada ya penjahat yang membiarkan 'tawanannya' bebas berkeliaran tanpa diapa2in? oke lahh mereka ga ada urusan dengan dick bersaudara tapi khan rooky mau balas dendam ama richard, kenapa richard ga langsung dipisahkan dan dikurung sendirian? laluu.. banyak sekali rahasia2 yang ditemukan julian dalam semalam ketika ia mengendap2 untuk mencari dick, ditambah lagii kok sempet2nya ya bercerita lengkap tentang pengalaman mereka padahal tau setiap saat bisa saja pak perton ataupun si bongkok tuh memergoki julian di depan pintu kamar dick.

walau demikian, tetap mengasyikkan membaca petualangan mereka dan gua sih masih mau2 aja baca seri2 lainnya :))

sabtu 27/7 (8:02 am)

2 comments:

  1. cerita-cerita karangan enid blyton itu jaminan mutu. gak ngebosenin baca ceritanya. walaupun kadang agak gak nyambung di serial2nya
    misal lima sekawan. kalo udah baca keseluruhan serinya pasti bakaln ngerasa ada beberapa fakta yang kontradiksi.
    tapi walaupun begitu tetap aja karya-karya enid blyton sangat seru untuk dibaca :)

    ReplyDelete
  2. setujuuuu.. emang baca buku2nya enid itu mengasyikkan :))

    ReplyDelete

~.thank you for coming.~