Friday, May 9, 2014

agatha christie : murder in mesopotamia

murder in mesopotamia
pembunuhan di mesopotamia
agatha christie
gramedia, cetakan keenam : maret 2011
336 halaman


jumat 9/5 (9:50 am)

nama suster amy leatheran memang tidaklah setenar detektif belgia berkepala telur yang terkenal dengan sel2 kelabunya yang bisa merangkai fakta2 menjadi penjelasan yang logis dalam menentukan siapa tersangka pembunuhan yang tepat. tapi dalam buku yang satu ini, melalui suster leatheran lah kita akan disuguhi cerita yang mengambil tempat di daerah timur tengah, walau 'otak' di balik pemecahan misterinya tetaplah hercule poirot :D

suster leatheran direkomendasikan oleh dokter reilly untuk "menemani" istri dari arkeolog terkemuka, eric leidner, yang diduga kuat mengalami halusinasi tingkat tinggi dan kehadirannya sebagai istri eric terlebih setahun belakangan ini disinyalir menjadi penyebab utama suasana tegang yang melanda kumpulan kecil kelompok ekspedisi yang dikepalai oleh mr. leidner. sampai suatu siang, kegelisahaan dan kecemasan mrs. leidner mencapai puncaknya dan merenggut nyawanya.

wahh.. ternyata surat2 ancaman yang diterimanya itu bukan sekedar isapan jempol semata! apakah benar hantu dari masa lalunya yang telah membunuh wanita yang dalam usia menjelang senjanya masih tetap memikat lawan jenis? masakan suami pertamanya yang telah dinyatakan meninggal bisa bangkit dari kuburnya untuk membalaskan dendam pada istri yang melaporkannya sebagai mata2?! tapi, kalau bukan dia, siapa lagi yang dengan teganya mengirimkan surat2 yang membuat urat saraf mrs. leidner menjadi tegang? apakah adik dari suami pertamanya? atau, salah anggota ekspedisi yang menaruh dendam padanya hingga tega menghabisi nyawanya?

di sinilah lagi2 agatha christie memamerkan keahliannya menyusun cerita yang membuat pembaca menebak2 siapakah pelaku pembunuhan yang sesungguhnya. di tengah cerita, gua udah yakiiiiin bangets siapa pembunuh dalam cerita kali ini, dan udah bersiap2 merayakan kebenaran tebakan gua yang akan menggenapkan rekor gua menjadi 2 tapi lagi2 menjelang akhir cerita gua pun hanya bisa gigit jari karena salah nebak lagi donkss! huahahahahahaha XD

salah nebak ini walau di satu sisi menjengkelkan, tapi di sisi lain bikin gua penasaran untuk membaca buku2 agatha lainnya sambil setengah berharap bahwa di lain kesempatan, pada akhirnya gua akan kembali bisa menebak dengan benar, haha :))

4 bintang untuk "pembunuhan di mesopotamia" :)

jumat 9/5 (10:05 am)

2 comments:

  1. ooh, ini detektifnya bukan salah satu andalannya mami Agatha ya? waah, kayaknya keren ini... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini tetap menampilkan hercule poirot kok :D tapi yang nulis ceritanya si suster itu ^o^

      Delete

~.thank you for coming.~